Diskusi hasil pengamatan vidio

Tanggapan Pengamatan Video

Tanggapan Pengamatan Video

by Fitri Tri Mahmudah -
Number of replies: 0

Nama : Fitri Tri Mahmudah

NIM     : K5419028

Kelas   : B


Pada dasarnya manusia mempunyai kebutuhan yang tidak terbatas dan beragam. Menurut intensitasnya kebutuhan manusia dibagi menjadi 3 jenis yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

1. Kebutuhan primer atau kebutuhan dasar yaitu kebutuhan utama yang harus dipenuhi manusia agar hidup layak. Yang termasuk kebutuhan primer yaitu makanan dan minuman, rumah, pakaian, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Apabila kebutuhan primer tidak terpenuhi maka manusia akan sulit dalam menjalani keberlangsungan hidupnya.

2. Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan yang baru boleh terpenuhi setelah kebutuhan primer untuk meningkatkan kenyamanan hidup manusia. Contoh kebutuhan sekunder adalah radio, televisi, buku, alat tulis dan lainnya. Kebutuhan sekunder tidak begitu penting untuk diwujudkan karena tanpa pemenuhan kebutuhan inipun manusia dapat tetap hidup.

3. Kebutuhan tersier atau kebutuhan luks/mewah yaitu kebutuhan yang hanya dapat dipenuhi oleh sebagian kecil masyarakat yang memiliki ekonomi biaya tinggi/berpenghasilan tinggi. Contoh kebutuhan tersier yaitu mobil jaguar, berlian, dan berwisata ke Hawai. 

Batas antara kebutuhan primer, sekunder dan tersier setiap orang tidaklah sama. Tergantung kedudukan dan strata ekonomi orang dalam masyarakat.