Diskusi Tugas: ROTASI & REVOLUSI BUMI

Bumi bulat atau datar ?

Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -
Number of replies: 73

Ada sebagian orang berpendapat bahwa bumi datar dengan berbagai alasan dikemukakan.  Bagaimana  dengan pendapat kalian, apakah bumi datar atau bulat ?

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Yofna Daniel Theodorus Mordekai -

Bumi yang kita diamin dan tinggali meemiliki bentuk yang bulat, dapat kita lihat sendiri bentuknya bila mana ada dipuncak gunung ketika melihat jauh sekitar akan terlihat seperti lengkungan dan disudut yang paling jauh akan terlihat seperti menyata antara dataran dan langit.

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Arkhania Fiza Astari -

Menurut saya bentuk bumi adalah bulat. Tidak ada bentuk bumi datar. Beberapa astronot yang pernah melalukakan perjalanan ke luar angkasa pun membuktikan bahwa bentuk bumi adalah bulat dengan mata mereka sendiri. Hal ini juga sudah dijelaskan oleh Allah melalui ayat ayatnya. Seperti pada QS. Az-Zumar [39]:5 dan QS. Al-Anbiyaa' [21]:33 bahwa Allah menciptakan bumi sesuai dengan tujuan-Nya, adanya siang dan malam, matahari dan bulan, serta diantaranya beredar pada garis orbitnya masing masing. 

Kalau bumi tidak bulat pasti fenomena-fenomena tersebut tidak akan terjadi dan bukti paling sederhana adalah pergantian malam dan siang. Informasi ilmiah ini telah diisyaratkan Alquran lebih dari 14 abad lalu, pada saat manusia masih beranggapan bumi datar, sekalipun sebagian ulama zaman dulu sudah berpikiran maju.

Jika bumi datar atau tidak bulat dan tidak berputar serta beredar mengorbit matahari, maka tidak ada terjadinya pergantian siang dan malam.

Mohon koreksinya pak.

Terima kasih.

In reply to Arkhania Fiza Astari

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -

Jadi kalau dikaitkan dg revolusi bumi mengitari matahari, maka tidak mungkin bahwa buminya datar bisa terjadi siang dan malam.

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Faiz Hilal -
Saya Faiz Fiki Udhianul Hilal - F0117056, izin menanggapi


Menurut saya, teori bumi datar (flat earth) hanya sebuah konspirasi belaka. Nyatanya, Teori bumi datar sampai sekarang sulit untuk di buktikan. Akan ada banyak sekali kemungkinan yang terjadi jika bumi itu datar, seperti tidak ada lagi pergantian musim, bintang yang terlihat sama, dan tidak adanya zona waktu.             

Jika pun ada yg masih percaya dengan bumi datar, cobalah lihat channel TV National Geographic. Ilmu pengetahuan terus berkembang begitu juga dengan manusianya. Jika kita ingin menyimpulkan bumi itu datar, haruslah dengan fakta yang sesuai dengan observasi yang ada.                            

Terimakasih 🙏

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Muhammad Yusrun Najah -

saat kita sedang di pinggir pantai dan menatap cakrawala. ada peristiwa menarik yaitu apabila ada kapal dari lautan  yang sedang berlayar menuju ke pantai. kapal seolah keluar dari bawah laut, memperlihatkan tiangnya terlebih dahulu, lalu badan tengahnya, dan akhirnya keseluruhan tubuh kapal. Alasan kapal muncul seolah-olah "keluar dari balik ombak" adalah karena dunia ini tidak datar, tapi bulat hampir menyerupai bola

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Shindi Oktavia -

Saya Shindi Oktavia, izin menjawab menurut saya bumi itu bulat, dibuktikan dengan pada masa penjelahan terdapat perjanjian yang mengharuskan spanyol berjalan ke arah selatan dan portugis ke arah utara dan akhirnya spanyol portugis bertemu di maluku. Selain itu, ketika melihat kapal menjauh dari pelabuhan seolah-olah kapal tersebut masuk ke dalam laut.

Terimakasih

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Muhammad Hafidz Rahman Hafidz -
Saya Muhammad Hafidz R F0117076, menurut saya bumi itu bulat pak. Karena:
1. jika bumi itu datar maka mebua grafitasi menjadi fiksi,benda menjadi melayang-layang lalu atmosfer tidak lagi menyelimuti bumi kemudian langit menjadi gelap, tidak ada penangkal sinar matahari, tidak ada cuaca dan tidak ada oksigen sehingga tidak akan ada kehidupan.

2. jika bumi datar tidak akan ada zona waktu dan bintang dilangit akan terlihat sama. tidak ada pergantian musim, dll
In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Sinta Dewi Laksmi Santosa -

Saya Sinta Dewi (F0117108) ijin menjawab

Menurut saya pribadi bumi itu Bulat, dari asal pembentukan bumi yang sudah dibahas pada materi pertemuan sebelumnya dijelaskan bahwa bumi itu bentuknya bulat pepat. Dan banyak para penjelajah dunia contohnya Copernicus yang membuktikan bahwa bumi itu bulat dan mematahkan teori gereja bahwa bumi itu datar. Dijelaskan juga pada beberapa ayat pada Al Qur'an yang menytakan bahwa bumi itu bulat yakni pada An Naml (88) , Ar-Ra'ad (41) , dan Zumar (5). 


Terimakasih

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Nurul Febriana -

Menurut saya bumi memiliki bentuk bulat, Pak.

Contoh sederhana pembuktiannya adalah saat kita melihat kedatangan kapal di pelabuhan, yang terlihat terlebih dahulu adalah cerobong asapnya, lalu semakin mendekat akan semakin besar yang terlihat. Apabila bumi datar, seharusnya ukuran kapal stabil di jarak berapapun saat kita melihat.

Selain itu, saat kita memanjat pohon, semakin kita berada di atas maka objek pandang kita akan semakin lebar atau luas. Apabila bumi berbentuk datar seharusnya di ketinggian berapa pun objek pandang tidak berbeda-beda.

Sedikit pendapat dari saya, Pak.

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Syahrial Iqbal -

bulat, namun tidak sepenuhnya bulat seperti bola, melainkan agak rata di bagian kutubnya. bentuknya geo-spherical atau seperti burung unta.

Dalam surat Luqman ayat 29 Allah berfirman "...bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam..." artinya malam berubah secara perlahan-lahan menjadi siang dan siang berubah secara perlahan-lahan menjadi malam.. Fenomena ini hanya dapat terjadi bila bumi berbentuk bulat(geo-spherical) apabila bumi berbentuk datar, maka perubahannya akan secara mendadak / tidak secara perlahan-lahan.

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Asri Kusuma Dewi -

Saya Asri Kusuma D-F0117027 izin menjawab.

Menurut saya bentuk bumi adalah bulat. Dimana sudah dijelaskan di dalam materi bahwa bumi mengalami rotasi yang artinya bumi berputar pada porosnya dan revolusi yaitu perputaran bumi mengelilingi matahari. Hal itu membuktikan bahwa perputaran bumi disebabkan karena bumi itu bulat. Selain itu, apabila mengamati gerhana Bulan total, biasanya keseluruhan Bulan akan terlihat seperti memiliki warna merah keoranyean. Hal itu terjadi karena Bumi berada di antara Matahari dan Bulan, menyebabkan bayangan Bumi jatuh sepenuhnya ke Bulan. Apabila Bumi itu datar maka Bulan tidak akan sepenuhnya memiliki warna merah keoranyean. Selain itu hal sering kita jumpai adalah apabila kita mengamati kapal yang berlayar mendektai kita lama kelamaan akan terlihat semakin besar, hal tersebut disebabkan karena bumi tidak datar melainkan bulat.


Terimakasih


In reply to Asri Kusuma Dewi

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -

Memang kenyataannya berbentuk bulat, jk datar tdk akan terjadi perubahan siang dan malam yg ditimbulkan peristiwa revolusi bumi - pasti akan siang/malam sj.

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Anastasia Devi -

Saya Anas - F0117017 ijin menjawab

Menurut saya bumi berbentuk bulat, ada beberapa bukti antara lain :

1. Ketika kapal berlayar menuju cakrawala, kapal itu  terlihat semakin kecil dan akhirnya tidak terlihat lagi menghilang dari lambung kapal lalu tiang kapal, dan seterusnya.

Ketika kapal kembali dari laut menuju pelabuhan, urutannya terbalik. Pertama, tiang kapal yang muncul terlebih dahulu, lalu lambung kapal, dan seterusnya. Itu artinya, Bumi tidak datar.

2. Ketinggian bintang yang bervariasi di berbagai tempat di Bumi.

3. Memanjat pohon dan melihat lingkungan sekitar secara jauh. Kelengkungan bumi akan terlihat pada jarak pandangan sejauh lima kilometer ke depan. Bila bumi datar, seharusnya jarak pandang yang bisa dilihat akan tetap sama berapapun ketinggiannya.

Terimakasih, mohon dikoreksi apabila kurang tepat Pak

In reply to Anastasia Devi

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Sally Ishaya -

Menurut saya bumi berbentuk bulat, karena jika bumi berbentuk datar maka kita akan menemukan ujung dari bumi. Sedangkan selama ini jika kita diibaratkan berjalan lurus terus mengelilingi bumi maka kita akan mencapai tempat yang sama lagi dan tidak menemukan ujung bumi. Terimakasih

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Abigail Charisma Putri -

Bumi itu bulat pak. Sudah dibuktikan oleh foto yang diunggah oleh NASA (https://www.nasa.gov/content/satellite-view-of-the-americas-on-earth-day). 

bukti bumi itu bulat


Kalau argumentasi saya sendiri, bisa dibuktikan dengan ketika kita pergi ke pelabuhan, maka semakin lama kapal itu tidak hanya terlihat semakin kecil namun juga terlihat seperti masuk tenggelam ke dalam laut. Kalau bumi itu datar maka kapal hanya akan nampak semakin kecil, lama kelamaan seperti titik (.)

In reply to Abigail Charisma Putri

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -

Bgm jika dikaitkan dg revolusi bumi mengelilingi matahari ?

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Abigail Charisma Putri -
Jika bumi itu datar maka seharusnya tidak ada pergantian hari hingga pergantian tahun. Hal ini dikarenakan bumi sudah dibuktikan sebagai heliosentris (bumi mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya), dibuktikan oleh Nicolaus Copernicus dalam karyanya Commentariolus (1543) 
In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Dian Kurnia -

Saya Dian Kurnia Warastri Wening (F0117038). Saya ijin berpendapat. Menurut saya, bumi itu berbentuk bulat yang hal ini dibuktikan dengan :

1. Saat kita berada di pelabuhan dan melihat kapal yang sedang berlayar, maka kapal itu nantinya akan terlihat seolah-olah menghilang.

2. Saat kita berada di tepi pantai, di ujung mata memandang kita akan melihat laut seakan-akan bertemu dengan langit.

3. Saat terdapat bintang jatuh, tidak semua belahan bumi dapat melihatnya namun hanya wilayah tertentu saja. Hal ini menunjukkan bahwa bumi tidak berbentuk hamparan yang datar.

4. Saat kita mencari gambar bumi di internet maupun di sumber manapun gambar yang akan muncul bumi berbentuk bulat. Hal ini menunjukkan bahwa bumi berbentuk bulat sudah terdapat penelitian dan kajian yang mendalam.

5. Adanya rotasi bumi yang mengakibatkan terjadinya siang dan malam seperti yang sudah terdapat di dalam Al-Quran juga merupakan bukti bahwa bumi berbentuk bulat.

Terima Kasih

In reply to Dian Kurnia

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -

Bentuknya bulat mampat di tengah artinya tidak bulat seperti bola. Kenapa koq tidak bulat seperti bola ?

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Dian Kurnia -

Menurut sumber yang telah saya baca, bentuk bumi tidak bulat sempurna seperti bola karena akibat adanya rotasi. Menurut Geo Hunter ilmuwan inggris yang dipimpin oleh Isaac Newton berteori bahwa gaya sentrifugal dari rotasi bumi akan 'memaksa' planet kita ini untuk 'menyebar'. Artinya, bentuk tersebut telah berubah dari timur ke barat karena berputar pada porosnya. Selain itu oleh ilmuwan Prancis yang menemukan bukti kuat tentang perubahan bentuk bumi dari bulat ke elips. Pada tahun 1753, ekspedisi yang dilakukan ilmuwan Prancis mengambil pengukuran pada daerah khatulistiwa di Peru dan di lingkaran Arktik di Lapland. Dari situ hasilnya bumi memang mengembung di bagian khatulistiwa sehingga semakin menguatkan teori bahwa bumi saat ini berbentuk elips.

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Agnes Greatassa -
Agnes Greatassa - F0117007

menurut saya pribadi, bentuk bumi sampai kapan pun akan berbentuk bulat, karena dapat diingat dari pelajaran sains bahwa semua planet memiliki rotasi yang artinya planet2 tersebut berputar. sangat tidak dimungkinkan kalau planet berbentuk datar, bagaimana cara untuk berputar. dan jika kita berada di pantai, terdapat sebuah kapal yang berlayar lurus maka dapat kita lihat kapal tersebut akan menghilang karna bumi bulat, bukan datar

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Nisa Amalia -

Izin menjawab Pak, menurut saya bumi itu bulat bisa dibuktikan secara sederhana ketika naik kapal dan ketika sampai di tengah-tengah laut akan terlihat bahwa bumi ini berbentuk bulat. Dan dari beberapa surat di Al-quran juga menjelaskan bahwa ada fenomena bergantian siang dan malam, dan hal ini bisa terjadi ketika bumi itu berbentuk bulat. Terima kasih.

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Ryan Septyan -

Menurut literature dan penglihatan nasa melalui luar angkasa menggambarkan bahwa bumi itu bulat. Sehingga saya mengakui bahwa bumi itu bulat pak . jika tidak bulat tidak mungkin ada pergantian siang dan malam 🙏🏼

In reply to Ryan Septyan

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -

Bgm jk penjelasannya dikaitkan dg fenomena rotasi dan revolusi bumi ?

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Ryan Septyan -

Bumi yang berotasi menyebabkan terjadinya siang dan malam. Gerak Bumi sebenarnya bukan hanya rotasi saja, tetapi ada satu gerak lagi yang disebut revolusi (gerak mengelilingi Matahari). Dalam mengelilingi Matahari, Bumi tidaklah berotasi dengan tegak melainkan sedikit miring (sekitar 23,5 derajat). Kemiringan tersebut menyebabkan tidak seluruh permukaan Bumi mendapatkan panjang siang dan malam yang sama dalam waktu satu tahun.

Pada satu saat, wilayah yang terletak jauh dari ekuator Bumi akan mengalami siang yang lebih panjang dari malamnya. Kemudian hal yang sebaliknya terjadi 6 bulan kemudian.

Hal - hal ini yang memperkuat bahwa bumi itu bulat. jika datar maka hanya akan terjadi siang/malam saja.

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Rika Riantisya -

Rika Riantisya - F0117096


Menurut saya, bumi berbentuk bulat. hal ini dibuktikan dg bbrp pernyataan, ketika kita pergi ke pelabuhan dg membawa teropong. dg penglihatan yg lebih jelas, kapal akan terlihat semakin kecil dan menghilang dibawah kurva bumi. ketika kita memanjat pohon lalu melihat seketar secara jauh. kelengkunhan bumi akan terlihat pd jarak pandangan sejauh lima kilometer ke depan. bila bumi datar, seharusnya jarak pandang yg bisa dilihat akan tetap sama berapapun ketinggiannya.


terimakasih

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Avita Indah Pangestika -

Saya Avita Indah Pangestika / F0117029 izin menjawab Pak. Menurut pendapat saya, bumi itu bulat, didukung oleh fakta bahwa terdapat perbedaan zona waktu yang terjadi sebagai akibat dari cahaya matahari yang menyinari bagian bumi. Karena bumi bentuknya bulat, maka matahari tidak bisa menyinari semua permukaan bumi secara bersamaan, dengan kata lain pasti bergantian. Oleh sebab itu, ada pergantian siang dan malam. Hal ini hanya dapat dijelaskan jika bumi berbentuk bulat. Namun, jika bumi itu datar maka pasti kita masih dapat melihat matahari meskipun jaraknya jauh. Padahal tidak seperti itu, jika di Indonesia pagi, di Eropa bisa siang atau bahkan malam.

In reply to Avita Indah Pangestika

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -

Jadi bentuknya bulat tp tidak seperti bola melainkan mampat di tengah, mengapa demikian ?

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Avita Indah Pangestika -

Jadi, dari artikel yang saya baca, menurut Geo Hunter ilmuwan Inggris yang dipimpin oleh Isaac Newton berteori bahwa gaya sentrifugal dari rotasi bumi akan 'memaksa'  bumi untuk 'menyebar'. Artinya, bentuk tersebut telah berubah dari timur ke barat karena berputar pada porosnya.  Selain itu, pada tahun 1753, ilmuwan Prancis melakukan ekspedisi dengan mengambil pengukuran pada daerah khatulistiwa di Peru dan di lingkaran Arktik di Lapland, kemudian menghasilkan bahwa bumi memang mengembung di bagian khatulistiwa. Tidak hanya itu, penelitian dari satelit Gravity Recover and Climate Expertiment (GRACE) milik NASA dan German Space Agency juga menyebutkan bahwa mengembangnya daerah khatulistiwa disebabkan oleh mencairnya lapisan es di Greendland dan Antartika. Sejak awal, keadaan planet bumi memang tidak bulat sempurna akibat rotasi sehingga air di permukaan bumi lebih banyak berkumpul di kawasan khatulistiwa dibanding di daerah kutub. Pada pertengahan tahun 1990-an, bumi dinyatakan bertambah gemuk di bagian tengah, artinya bumi semakin elips seperti bola yang ditekan dari atas ke bawah, jadi gepeng.

Terima kasih

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Luvi Khasanah -

Saya Luvi Khasanah - F0117068

Ijin menjawab pak, menurut saya bumi itu bulat. Dari pengakuan seorang Astronot asal Arab bernama Hazza Al Mansouri, beliau membuktikan dan melihatnya sendiri bahwa bumi itu bulat dan tidak ada bumi datar. Selain Hazza, Astronot asal Malaysia, Datuk Dr Sheikh Muszaphar Shukor Sheikh Mustapha, juga bersumpah atas nama Allah bahwa bumi datar. Selain itu, dalam surat Al - Anbiyaa' ayat 33 juga sudah dijelaskan oleh Allah bahwa terjadinya siang dan malam terjadi karena bumi berputar sesuai dengan porosnya, apabila bumi datar maka bumi tidak mengelilingi matahari yang menyebabkan tidak ada pergantian siang dan malam. Walaupun tidak secara jelas di sebutkan bahwa bumi itu bulat di dalam Al-Qur'an, namun dengan tanda-tanda dari Allah, sebagai manusia yang beriman sudah pasti kita percaya pada apa yang difirmankan Allah.

Sekian, terimakasih. Mohon koreksinya pak.

In reply to Luvi Khasanah

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -

Memang bentuknya bulat tp tidak seperti bola, melainkan mampat di tengah - mengapa demikian ?

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Wulan Wahyuningtyas -

saya izin menjawab pak,

Menurut saya bumi itu bulat. Hal ini bisa dibuktikan dengan beberapa fenomena, salah satunya fenomena pergantian siang dan malam. Fenomena ini hanya bisa terjadi jika bumi bulat, karena jika bumi datar atau tidak bulat dan tidak berputar serta beredar mengorbit matahari, maka tidak ada terjadinya pergantian siang dan malam. Fenomena yang lebih sederhana dapat dibuktikan dengan cara kita memanjat pohon, karena dengan memanjat pohon kita dapat melihat lingkungan sekitar kita lebih luas dan jauh dibandingkan dengan kita saat dibawah, hal ini dapat terjadi karena bumi berbentuk bulat. apabila dihubungkan dengan rotasi dan revolusi maka akan lebih jelas bahwa bumi berbentuk bulat, karena jika datar maka tidak akan bisa melakukan revolusi dan rotasi.

Terimakasih...


In reply to Wulan Wahyuningtyas

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -

Bentuknya bulat tp tidak seperti bola melaikan mampat di bagian tengah, mengapa begitu ?

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Wulan Wahyuningtyas -

Sejak awal keadaan planet bumi memang tidak bulat sempurna, Hal ini diakibatkan oleh adanya rotasi. Sehingga hal itu membuat air di permukaan bumi lebih banyak berkumpul di kawasan khatulistiwa dibanding di daerah kutub. Sekitar tahun 1990, bumi dinyatakan bertambah gemuk di bangian tengah. Itu artinya bumi semakin elips seperti bola yang ditekan dari atas ke bawah (gepeng). Lingkang pinggangnya makin mmebesar dan para ilmuwan belum bisa memastikan penyebabnya, namun seperti yang telah dijelaskan diatas hal ini terjadi kemungkinan karena adanya rotasi bumi.


In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Diah Kusuma -
Diah Kusuma Wardani - F0117037 Izin menjawab, menurut saya bentuk bumi adalah bulat dengan pembuktian : 1. Adanya zona waktu yang terjadi sebagai akibat dari cahaya matahari yang menyinari bagian bumi. Karena bumi berbentuk bulat, maka matahari tidak bisa menyinari semua permukaan bumi secara bersamaan, mesti bergantian. Akibatnya tiap daerah punya waktu yang berbeda-beda di saat yang bersamaan. 2. Perjalanan Ferdinan Magellhans untik mengelilingi bumi dari Spanyol ke arah Barat hingga akhirnya tiba di Spanyol kembali. 3. Hilangnya bagian bawah kapal jika dilihat dari kejauhan. Hal ini dikarenakan bentuk bumi yang bulat sehingga bagian bawah kapal apabila dilihat dari kejauhan akan terlihat seperti hilang. Terima kasih
In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by ADYA RARAS HERNOWO -

menurut saya bumi itu bulat,karena salah satu buktinya adalah beberapa kelompok ilmuan melakukan penelitian dengan memfoto ke arah selatan bumi selama satu malam,dan hasilnya bahwa pergerakan bintang di bagian selatan sama seperti bagian utara yaitu berputar dri bawah keatas dan dri atas ke bawah(tenggelam),itu berti jika bumi datar bagian selatan pergerakan bintang tidak akan kearah bawah (tenggelam),karena artinya bgian selatan bumi juga memilik poros seperti bagian utara bumi.

In reply to ADYA RARAS HERNOWO

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -

Bgm jk penjelasannya dikaitkan dg peristiwa rotasi dan revolusi bumi ?

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by ADYA RARAS HERNOWO -

artinya dengan adanya rotasi dan revolusi bumi menandakan bahwa bumi itu bulat karena artinya bumi yang mengelilingi matahari, bukan matahari yang mengelilingi bumi seperti yg di katakan para penganut flat earth

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Listiana Nuri Fajarwati -
Listiana Nuri Fajarwati - F0117067 ijin menjawab pak,

Menurut saya bumi itu bulat. Karena sejauh ini beberapa ilmuwan telah membuktikan bahwa bumi itu bulat. Di bidang keilmuan, seperti yang telah kita pelajari terdapat rotasi dan revolusi yaitu bumi berputar pada poros dan berputar mengelilingi matahari. Revolusi mengakibatkan adanya pergantian tahun, pergantian siang dan malam hal itu menandakan bahwa bumi itu bulat. Selain itu dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat fenomena yang membuat kita menyimpulkan bahwa bumi itu bulat. Misalnya ketika melihat kapal berlayar, seolah-olah kapal itu menghilang atau muncul dibalik cakrawala. Selain itu misal kita sedang berada di pantai, kita dapat bahwa langit nampak melengkung dan berimpit dengan garis laut. Itu bisa menjadi salah satu bukti sederhana bahwa bumi itu bulat. Terimakasih
In reply to Listiana Nuri Fajarwati

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -

Bentuknya bulat tp tidak seperti bola melaikan mampat pd bag tengahnya, kenapa ?

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Listiana Nuri Fajarwati -
Bumi tidak bulat sempurna seperti bola melainkan berbentuk elips. Keadaan planet bumi tidak bulat sempurna akibat rotasi. Hal tersebut membuat air di permukaan bumi lebih banyak berkumpul di kawasan khatulistiwa dibanding daerah kutub. Sehingga bumi bertambah gemuk di bagian tengah. Ibaratnya seperti bola yang ditekan dari atas ke bawah, maka akan gepeng. Beberapa ilmuwan juga menguatkan hal tersebut. Sehingga terbukti bahwa bumi saat ini semakin elips. Terimakasih
In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Fatika Yusuf -

Saya Fatika Afiani Yusuf F0117049 izin menjawab pak.


Menurut saya bumi itu berbentuk bulat, hal itu dapat dibuktikan dari kejadian dikeseharian kita, seperti saat melihat sebuah kapal yang datang atau pergi di pelabuhan. Ketika kapan pergi lama-kelamaan kapal akan terlihat kecil dan seperti tenggelam. Dan ketika kapal datang, maka yang akan terlihat dulu adalah bagian tiang kapal, lalu semakin dekat baru terlihat bentuk utuh kapal. Dan terbukti juga, jika ada sebuah kapal yang bergerak dari titik A dan bergerak lurus terus, maka kapal tersebut juga akan kembali ke titik A semula. 

Dan dapat dilihat juga dari peristiwa matahari terbenam, saat kita melihat matahari terbenam di tempat yang rendah maka matahari akan lebih cepat menghilang, padahal jika dilihat dari tempat yang lebih tinggi matahari akan masih terlihat. Jadi semakin tinggi tempat kita melihat, maka objek yang terlihat akan semakin luas, itulah bukti bahwa bumi itu bulat. Karena jika bumi itu datar maka objek yang kita lihat akan sama luasnya tidak peduli tinggi atau rendahnya posisi kita saat melihat.


Sekian pak, terima kasih

In reply to Fatika Yusuf

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -

Bgm jk penjelasannya dikaitkan dg fenomena rotasi dan revolusi bumi ?

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Fatika Yusuf -

Jika dikaitkan dengan rotasi dan revolusi bumi. Bukti bahwa bumi itu bulat adalah adanya pergantian siang dan malam. Serta adanya pergantian musim

Jika bumi itu datar, maka permukaan bumi akan mengalami siang atau malam secara bersamaan, bukan bergantian. Dan semua bagian bumi akan mengalami musim yang sama.

Tetapi kenyataannya bumi mengalami siang dan malam secara bergantian dan terjadi perubahan musim. Dengan hal itu adalah sebagai bukti bahwa bumi itu bulat.

Sekian terima kasih pak

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Dinda Tirta Rahayu -

Saya Dinda Tirta Rahayu (F0117039), izin menanggapi.
Menurut saya, Bumi itu bulat.

1. Bukti yang cukup logis itu ietika kita pergi ke pelabuhan, lalu melihat perahu yang dari jauh lama kelamaan mendekat. Dari jauh perahu yang terlihat tiang nya terlebih dahulu, harusnya kalau bumi datar seluruh badan perahu terlihat meskipun ukuran nya kecil.

2. Lalu adanya perbedaan zona waktu, itu cukup membuktikan bahwa sinar matahari tidak dapat merata ke Bumi dikarenakan bumi itu bulat.

3. Kemudian, adanya gerhana matahari kita dapat melihat bayangan bumi yang seperti kelereng, bulat.

Mungkin menurut penganut Flat earth berpikir banyak sekali hal hal yang dapat disembunyikan atau dimanipulasi oleh NASA. Sehingga menentang pernyataan bumi itu bulat. Saya setuju pasti ada beberapa pernyataan yg di sembunyikan atau dimanipulasi tanpa kita ketahui karna bisa jadi NASA merupakan Pengamat Luar Angkasa yang di percaya saat ini. Namun untuk pernyataan bumi itu datar, saya rasa kurang nya penelitian yg menciptakan bukti secara nyata. Terimakasih

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Rizal Ramudya -

Saya Rizal Ramudya - F0117098, izin menanggapi pak. Menurut saya bumi berbentuk bulat. Bumi berbentuk bulat karena adanya gaya gravitasi yang memanipulasi bentuk bumi agar jarak antara permukaan bumi dengan pusat gravitasi sama-sama panjang (atau dengan kata lain membentuk jari-jari sama panjang). Meskipun permukaan bumi ada yang rata, menjulang tinggi, atau menjorok ke dalam laut; yang berupa gunung, lembah, palung, dll.

Selain itu bumi berbentuk bulat juga dijelaskan dengan adanya revolusi bumi, dimana terdapat perbedaan lama siang dan malam di bumi. Apabila bumi datar tentu fenomena tersebut tidak bisa terjadi karena semua permukaan bumi akan memiliki lama siang dan malam yang sama. Terimakasih

In reply to Rizal Ramudya

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -

Bentuknya bulat tp tidak seperti bola melainkan mampat di bagian tengah, kenapa ?

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Rizal Ramudya -

Karena gerak rotasi bumi pak. Pada saat awal pembentukannya, bumi waktu masih panas, kelambaman/inersia oleh rotasi menyebabkan bagian tengah bola bumi cenderung menggelembung dan pepat di bagian khatulistiwa

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Ahmad Saiful -

Saya Ahmad Saiful F0117008, Izin menjawab, 

Menurut saya pribadi, dan pendapat beberapa ilmuan diantaranya bumi yaitu berbentuk bulat. Bukti bawasannya bumi berbentuk bulat dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya :

Pengamatan mengenai ketinggian bintang yang bervariasi di berbagai tempat di Bumi, Pengamatan bagaimana kapal lenyap di cakrawala saat kapal itu pergi dari pelabuhan, Bagaimana bayangan Bumi terlihat di bulan saat gerhana matahari, Pengamatan bedanya bayangan benda di berbagai lokasi.


In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Yayang Afta Pratama -

izin menjawab pak untuk saat ini saya masih percaya bahwa bentuk bumi bulat karena dikihat dari argumentasi dan pembuktiannya dalam hal ini bumi berbentuk bulat masih sangat kuat hal ini didasari dengan adanya horison ketika kapal semakin jauh maka kapal seolah seolah tenggelam yang mengartikan bahw lautan memiliki sisi lengkung, serta adanya Gerhana matahari dan gerhana bulan sudah membuktikan bahwa bumi itu bulat karena dalam fenomena gerhana matahari dan bulan bentuk gerhana tidak sama rata di setiap belahan bumi ada yang bebentuk gerhana total, cincin dan sebagian. dengan adanya revolusi dan rotasi bumi sudah menandakan bahwa bentuk bumi bulat adanya. tapi tidak menutup kemungkinan bahwa pendapat bumi itu datar benar, jika bisa di buktikan secara ilmiah untk saat ini masih sangat meragukan jika dikatakan bentuk bumi itu selain bulat

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Kuni Fiatus -

Kuni Fiatus S - F0117066

Izin menanggapi. 

Menurut saya bumi itu bulat, bisa kita membuktikannya dgn cara yg sederhana. 

Contohnya saja bayangan, jika bumi itu datar maka tdk akan ada beda panjang bayangan, karena posisi matahari setara. Tapi, yg ada pada kenyataan, setiap benda dgn sudut tertentu akan memiliki panjang bayangan yg berbeda. 


Begitu juga dikaitkan dgn adanya revolusi bumi. Revolusi bumi mengakibatkan adanya siang dan malam dan terjadinya pergantian musim. Jika bumi itu datar, maka posisi matahari akan selalu sama. Jadi, tdk mungkin adanya perbedaan waktu siang dan malam dan adanya pergantian musim. 

Terimakasih.

In reply to Kuni Fiatus

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Salim Widono -

Bentuknya bulat tp tidak seperti bola melainkan mampat di bagian tengah, kenapa begitu ?

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Kuni Fiatus -
Bentuk bumi yang pepat di kedua kutub nya dan menggembung di daerah khatulistiwa merupakan akibat dari gaya-gaya yang dihasilkan dari rotasi bumi dan juga perbedaan kecepatan rotasi di bumi yang berbeda-beda. Semakin dalam suatu tempat maka semakin kecil percepatan rotasinya. Oleh karena itu gravitasi di kutub bumi semakin kecil.
In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Putri Irfiani Mustarifah -

izin pak, menurut pendapat saya bumi itu bulat dengan bukti jika kita melihat kapal yang berlayar, kapal tersebut semakin jauh semakin terlihat kecil

ditambah juga adanya perbedaan waktu di negara-negara karena rotasi dan revolusi bumi. jika datar maka waktu antara negara satu dengan yang lain pasti sama

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Andhini Permata -

Izzin menjawab pak, 

Menurut saya bumi itu bulat pak, namun tidak bulat sempurna.. menurut beberapa sumber yang saya baca hal tersebut dibuktikan oleh rotasi bumi yang membuat bagian tengah bumi agak menggelembung di bagian kutub. Jika tidak bulat dan tidak berputar serta beredar mengorbit matahari, maka tidak ada terjadinya pergantiang siang dan malam.

In reply to Salim Widono

Re: Bumi bulat atau datar ?

by Faris Alfiansyah -
Izin menjawab, menurut saya bumi itu bulat, dibuktikan dengan ketika kita melihat kapal yang menjauh dari pelabuhan, kapal itu akan menghilang, hal ini membuktikan bahwa bumi ini berbentuk bulat. Selain itu dibuktikan dengan adanya pergantian siang-malam akibat rotasi bumi, jika bumi datar, tidak akan ada pergantian siang-malam, yang ada hanya siang / malam saja.