Ruang Diskusi Mahasiswa

Hak Asasi Manusia (HAM)

Hak Asasi Manusia (HAM)

by Andien Ekasanti Fajar Putri -
Number of replies: 0

Selamat sore bu, perkenalkan saya Andien Ekasanti Fajar Putri dengan NIM G0022024 izin menjawab pertanyaan diskusi yang diberikan.

1.     Menurut anda apa itu HAM dan uraikan ciri - ciri pokok dari HAM?

  • Menurut saya Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang melekat pada harkat dan keberadaan manusia sebagai anugerah dari Tuhan YME yang harus dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintahan serta setiap orang demi  menghormati dan melindungi harkat dan martabat manusia itu sendiri.
  • Ciri - ciri pokok HAM :

- HAM bersifat kodrati

Memiliki arti bahwa HAM tidak bisa dibeli maupun diwarisi karena HAM secara alami merupakan anugerah atau kodrat dari Tuhan YME kepada setiap manusia.

- HAM bersifat universal

Memiliki arti bahwa dimanapun manusia berada maka HAM itu berlaku dan tidak memandang warna kulit, agama, jenis kelamin, maupun kebangsaan.

- HAM bersifat langgeng

Memiliki arti bahwa manusia memiliki HAM sejak dalam kandungan sampai manusia itu sendiri meninggal dunia.

- HAM tidak bisa dilanggar

Memiliki arti bahwa tidak seorang pun memiliki hak untuk membatasi atau melanggar hak orang lain, tidak terkecuali pada hukum suatu negara yang tidak mendukung adanya HAM itu sendiri.

2.     Kenapa manusia harus memiliki HAM?

Menurut pendapat saya karena HAM berperan penting untuk mengatur hak kehidupan kita dari yang paling dasar dan utama yakni hak untuk hidup, hak beragama, hak berpikir dan berpendapat dan hak - hak lainnya. Kemudian, HAM juga mengatur supaya setiap orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan kehidupan yang layak, serta HAM inilah kita juga mendapatkan perlindungan dari segala tindak kekerasan serta memiliki kebebasan berfikir, beragama, berekspresi dan lainya. Selain itu, melalui HAM inilah kita juga mendapatkan perlindungan dari segala tindak kekerasan serta memiliki kebebasan berfikir, beragama, berekspresi dan lainya. Jadi, secara keseluruhan melalui HAM kita mampu menjadi diri kita sendiri tanpa adanya tekanan dari pihak lain, menjadi pribadi yang bebas dan memiliki kehidupan yang baik. Semuanya tidak terlepas dari peranan HAM.