Hidrokarbon tak jenuh

alkohol

alkohol

by Annisa Salsabila Ghina Muthi I0519017 -
Number of replies: 8

assalamualaikum bu, saya annisa salsabila NIM I0519017 izin bertanya terakit alkohol. di beberapa literatur yang saya baca, alkohol merupakan turunan dari alkana, namun setelah dilakukan dehidrasi alkohol, dia akan menjadi alkena. hal tersebut disebabkan oleh apa ya bu? terimakasih

In reply to Annisa Salsabila Ghina Muthi I0519017

Re: alkohol

by Afif Alauddin Falah I0519005 -
izin menjawab, karena dehidrasi alkohol pada hasil akhirnya akan membentuk senyawa H2O, sehingga saat proses dehidrasi alkohol terjadi, akan ada 1 atom H yang diambil dari hidrokarbon dan berikatan dengan OH sehingga terbentuk H2O, dan hidrokarbon yang telah diambil 1 atom H nya tadi, akan membentuk sebuah ikatan rangkap sehingga menjadi alkena . . maaf kalo berbelit-belit bahasanya dan mungkin kurang tepat, agak bingung juga jelasinnya
In reply to Annisa Salsabila Ghina Muthi I0519017

Re: alkohol

by Akif Mahrus Ali I0519011 -

Saya Akif Mahrus Ali izin menjawab, alkohol memang turunan dari alkana, yaitu alkana yang ketambahan gugus fungsi -OH, untuk dehidrasi alkohol adalah pengambilan H2O dari senyawa alkohol tersebut dengan mengambil satu atom H dan gugus OH, sehingga elektron pada atom C yang tersisa akan membentuk ikatang rangkap antar atom C sehinggan menjadi alkena. Kurang lebih seperti itu, maaf jika masih ada kesalahan

In reply to Annisa Salsabila Ghina Muthi I0519017

Re: alkohol

by Dwi Ardiana Setyawardhani -

Wa'alaikumussalam,


Sependek pengetahuan saya, alkana merupakan senyawa yang relatif inert (tidak mudah bereaksi). Reaksi yang LAZIM terjadi pada alkana adalah reaksi pembakaran menghasilkan CO2 dan H2O, atau reaksi halogenasi menghasilkan alkil halida. Tidak ada reaksi alkana menjadi alkohol. Mungkinkah anda, atau mhs yang lain ada yang bisa menunjukkan referensi alkana menjadi alkohol (turunannya)?


Di sisi lain, salah satu reaksi yang lazim terjadi pada alkena adalah reaksi adisi, yaitu adisi halogen untuk menghasilkan alkil halida, atau adisi air (hidrasi) menghasilkan alkohol. Reaksi ini umumnya adalah reaksi kesetimbangan, dimana reaksi bisa mengarah ke kiri menghasilkan reaktan kembali.

Dari reaksi yang kedua iniĀ  mudah terlihat bahwa alkohol yang mengalami dehidrasi akan berubah menjadi ALKENA, dan bukan ALKANA. Secara mekanisme, mungkin teman-teman di atas sudah cukup menjelaskan.

Selain itu silakan baca buku Hart - Craine - Hart pada bab ttg alkana dan alkena/alkuna ya.

In reply to Dwi Ardiana Setyawardhani

Re: alkohol

by Afif Alauddin Falah I0519005 -
bu, izin bertanya.. bukankah alkohol itu merupakan turunan dari alkana? apabila alkana susah untuk bereaksi atau bahkan tidak bisa menjadi alkohol, lalu yang dimaksud dari turunan alkana tersebut apa bu? apakah dinamakan turunan alkana tetapi menggunakan reaksi yang melibatkan hidrasi dengan alkena bu?
In reply to Afif Alauddin Falah I0519005

Re: alkohol

by Dwi Ardiana Setyawardhani -

Justru itu saya bertanya, bisakah ditunjukkan ke saya referensi tentang alkohol adalah turunan dari alkana?

Apakah istilah "turunan" itu diartikan sebagai "hasil reaksi dari" ataukah hanya sekedar melihat bahwa 1 atom H dari alkil ujung disubstitusi oleh OH?