Diskusi Tugas: Otak Manusia

Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by Asri Kusuma Dewi -
Number of replies: 16
Apabila ada pertanyaan silahkan ditanyakan, kami membuka 5 pertanyaan saja. Terimaksih 
In reply to Asri Kusuma Dewi

Re: Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by widhi jati prakoso -

Penyakit otak seperti autisme itu bisa terjadi kapan saja atau memang bawaan sejak lahir? Lalu bagaimana cara mengatasi penyakit ini agar tidak terjadi sejak dini? Terimakasih

In reply to widhi jati prakoso

Re: Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by Sinta Dewi Laksmi Santosa -

izin membantu menjawab dan bisa di sempurnakan oleh teman teman presenter, autisme juga disebabkanoleh beberapa asupan yg tidak terpenuhi selama kehamilan, cara menanggulangi nya bisa dengan menambahkan nutrisi yang kurang pada ibu hamil tersebut, kebanyakan masalah ini disebabkan oleh asam folat pada ibu ha,mil yang kurang terpenuhi serta kurangnya vitamin D yang menyebabkan bayi lahir dengan kondisi cacat. kekurangan pada folat sendiri dapat menyebabkan anak terlahir dengan keadaan autis atau pun tempurung otaknya terbentuk secara tidak sempurna. cara mengatasinya dianjurkan untul meminum vitamin folat minimal 1000 mg per hari ditambah pemenuhan mineral minimal 500 mg perhari, dan menghindari makanan makanan ikan yg mengandung merkuri contohnya tuna

In reply to widhi jati prakoso

Re: Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by Rizal Ramudya -

Saya Rizal - F0117098, mencoba menjawab pertanyaan dari saudara Widhi. Sebelumnya terimakasih atas pertanyaannya.

Untuk penyakit autisme umumnya terjadi sejak anak-anak, jadi penyakit ini memang bawaan sejak lahir. Apabila ada orang dewasa yang merasa adanya gejala autisme, itu mungkin karena keterlambatan deteksi autisme. Namun perlu diperhatikan, mungkin saja dengan kurangnya hubungan sosial dan susah berbicara pada orang dewasa belum berarti autisme, karena untuk mendeteksi autisme pada orang dewasa sulit dilakukan karena kepribadian yang sudah terbentuk dan bisa hidup mandiri.

Untuk menghindari autisme sendiri masih diperdebatkan karena penyebab autisme juga belum diketahui secara pasti, namun dengan lebih perhatian terhadap pertumbuhan anak akan membantu si anak untuk memiliki kemampuan-kemampuan bersosial dan beraktivitas. Saran dari Saudari Sinta juga bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan, apabila jawaban ini dirasa kurang saya mohon maaf, terimakasih

In reply to Asri Kusuma Dewi

Re: Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by Faiz Hilal -

Selamat siang, saya Faiz Fiki Udhainul Hilal – F0117046, izin bertanya

              Di slide ppt kan dijelaskan mengenai definisi, penyebab, dan penanganan medis terhadap hydrosefalus khususnya. Kemudian yang saya tanyakan adalah apakah ada faktor resiko yang mempengaruhi tingkat keparahan hydrosefalus ? 

Terimakasih


In reply to Faiz Hilal

Re: Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by Avita Indah Pangestika -

Siang Hilal. Baik, terima kasih pertanyaannya.

Izin menjawab saya dari kelompok presenter (Avita / F0117029). Dalam jurnal yang telah kami baca, mengatakan bahwa hidrosefalus merupakan kondisi patologi otak yang menyebabkan penumpukan cairan serebrospinal. Derajat keparahan hidrosefalus ditentukan oleh onset usia, etiologi dan lama hidrosefalus. Onset hidrosefalus bisa bermula pada semua umur, saat janin, perinatal dan neonatal. sedangkan etiologi hidrosefalus terdiri dari bawaan/congenital yang sering terjadi pada neonatus dan diperoleh/acquired yang disebabkan oleh pendarahan di kepala, infeksi (meningitis), tumor, komplikasi operasi atau trauma hebat di kepala.

In reply to Asri Kusuma Dewi

Re: Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by Dian Kurnia -

Saya Dian Kurnia Warastri Wening (F0117038), ingin bertanya. Pada penyakit cerebral palsy disebutkan bahwa penanganannya dapat dilakukan dengan operasi apabila terjadi kontraktur. Sedangkan arti kata dari kontraktur adalah pemendekan permanen. Bagian apa yang terjadi kontaktur yang sehingga memerlukan operasi?  Lalu kondisi yang seperti apa seorang penderita memerlukan operasi? Terimakasih.

In reply to Dian Kurnia

Re: Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by Asri Kusuma Dewi -

Saya Asri Kusuma D- F0117027, izin menjawab pertanyaan Dian.

Berdasarkan beberapa sumber yang sudah saya cari,  Pemicu yang paling umum dari kontraktur adalah ketika otot terasa kaku secara berkepanjangan di bagian tubuh, biasanya karena penyakit lain seperti lumpuh otak. Penyakit ini rentan menyebabkan kekakuan otot terutama di tungkai. Apabila dibiarkan dalam waktu lama, kontraktur akan terjadi di bagian tubuh yang lain. Kekakuan tersebut bisa terjadi pada satu hingga empat anggota gerak; bisa terjadi hanya pada satu sisi tubuh maupun kedua sisi. Maka penderita Cerebral Palsy harus melakukan operasi untuk menghindari kekauan yang berlebih tersebut.

Terimakasih

In reply to Asri Kusuma Dewi

Re: Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by Kuni Fiatus -

Kuni Fiatus S A- F0117066

Izin bertanya. Salah satu sitem limbik ada hippocampus. Jika hippocampus terganggu akankah itu yg menyebabkan amnesia? Dan jika iya, bagaimana penanganan pada pasien amnesia?

Terimaksih.

In reply to Kuni Fiatus

Re: Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by Asri Kusuma Dewi -
Saya Asri izin menjawab. Kerusakan hippocampus juga merupakan salah satu penyebab amnesia dengan sebutan penyakitnya adalah Transient global amnesia atau hilang ingatan yang terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung sementara. Cara pengobatan amnesia dapat dilakukan dengan terapi okupasi yang mengajarkan pasien untuk mengenalkan informasi baru dengan ingatan yang masih ada., teori kognitif yang bertujuan untuk memperkuat daya ingat pasien dengan cara bantuan teknologi, seperti telepon, tablet, agenda elektronik, atau tablet, pemberian vitamin dan suplemen untuk mencegah kerusakan otak yang lebih parah dan perubahan gaya hidup. Salah satunya dengan menghindari minuman beralkohol.
In reply to Asri Kusuma Dewi

Re: Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by Arkhania Fiza Astari -

Arkhania Fiza Astari_F0117026. Izin bertanya, dalam materi sudah dijelaskan apa itu otak, bagaian bagian otak, dan penyakit yang bisa saja dialami oleh otak manusia. Maka dari itu manusia arus menjaga dan merawatnya dengan baik. Lalu, bagaimana cara kita sebagai manusia untuk menjaga otak dan supaya otak berkembang dengan baik dan maksimal itu bagaimana? Terima kasih.

In reply to Arkhania Fiza Astari

Re: Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by Avita Indah Pangestika -

Hallo Fiza, terima kasih pertanyaannya.

Saya Avita / F0117029 dari kelompok presenter izin menjawab. Menurut literatur yang telah kami baca, cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga fungsi otak agar tetap sehat dan maksimal yaitu mencukupi kebutuhan nutrisi otak dengan makan makanan yang mengandung antioksidan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan. Selain itu juga cukupi kebutuhan asam lemak omega 3 yang bisa didapat dari ikan salmon dan sarden untuk menurunkan kadar kolesterol, meminimalkan peradangan pada otak, serta menjaga optimalisasi otak. Hindari juga merokok karena merokok membuat korteks dalam otak yang berkaitan dengan kemampuan berpikir, mengingat, bahasa, dan persepsi rentan mengalami penipisan. Kemudian, perhatikan juga tingkat kolesterol, tekanan darah, dan gula darah, serta olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

In reply to Asri Kusuma Dewi

Re: Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by Fatika Yusuf -

Saya Fatika Afiani Yusuf - F0117049, izin bertanya

Di PPT disebutkan bahwa Cerebral Palsey adalah gangguan fungsi otak dan syaraf yang sedang tumbuh, dari kalimat "fungsi otak dan syaraf yang sedang tumbuh" ini apakah berarti hanya terjadi pada anak-anak atau dapat terjadi pada orang dewasa? Dan dalam PPT juga disebutkan bahwa penyakit ini dapat menyebabkan gangguan keseimbangan dan gangguan gerakan. Bisa tolong dijelaskna gangguan keseimbangan dan gangguan gerakan yang dimaksud itu seperti apa? 

In reply to Fatika Yusuf

Re: Diskusi Kelompok 10 : Otak Manusia

by Rizal Ramudya -

Saya Rizal - F0117098, mencoba menjawab pertanyaan Saudari Fatika, sebelumnya terimakasih atas pertanyaannya.

Dari beberapa artikel yang saya baca, para ahli mengukapkan bahwa penyebab utama penyakit ini adalah kerusakan neurologus yang menimpa janin atau bayi sebelum lahir, selama proses kelahiran, atau dalam 5 tahun pertama setelah kelahiran. Namun, dalam banyak kasus pemicu yang tepat dari kelainan ini tidak diketahui. Sehingga penyakit Cerebral Palsy hanya terjadi pada anak-anak dimana dalam masa pertumbuhan syaraf dan fungsi otak.

Yang dimaksud dengan gangguan keseimbangan dan gangguan gerakan adalah penderita Cerebral Palsy mengalami kelumpuhan fungsi otak, sedangkan otak merupakan pengatur keseimbangan dan gerakan, sehingga penderita akan mengalami kelumpuhan secara fisik dan kekurangan fungsi dengan indera-inderanya.

Apabila jawaban ini dirasa kurang, saya mohon maaf. Terimakasih