3.3. Ruang Diskusi Mahasiswa

Ruang Diskusi Mahasiswa

Ruang Diskusi Mahasiswa

by Muhammad Raihan -
Number of replies: 0

  1. SIlahkan analisis tantangan apa saja yang dihadapi oleh Idelogi Pancasila baik dari dalam maupun luar bangsa Indonesia?

Tantangannya yaitu berkembangnya berbagai paham yang kurang sesuai dengan nilai-nilai ideologi Pancasila. Kondisi seperti itu menghasilkan adanya dialektik dan terjadinya tarik-menarik nilai di dalam diri warga negara serta

mempertahankan berbagai sistem ekonomi global dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. memadukan berbagai kebijakan yang telah disepakati dunia internasional. mempertahankan eksistensi jati diri bangsa.

2. Sebutkan minimal satu contoh kasus akibatlemahnya ideologi Pancasila?

~Kasus penistaan agama Roy Suryo

Polda Metro Jaya resmi menahan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo selaku tersangka dalam kasus penistaan agama. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyebut, penahanan terhadap Roy Suryo diawali pada Jumat, 5 Agustus 2022 sampai 20 hari ke depan untuk keperluan penyidikan. 

Polisi menetapkan Roy Suryo sebagai tersangka menurut hasil penyidikan dua laporan. Pertama, laporan yang diajukan Kurniawan Santoso pada 20 Juni 2022. Lalu, laporan ke Bareskrim Polri oleh Kevin Wu di hari yang sama. Kuasa hukum Kurniawan menyebut, bahwa meme yang diunggah ulang oleh Roy Suryo adalah editan gambar Patung Siddhartha Gautama atau Sang Buddha. Dalam unggahan tersebut, Roy Suryo melecehkan dan mengolok-olok Patung Sang Buddha lantaran mengunggah ulang gambar tersebut yang disertai dengan kata ‘lucu’ dan ‘ambyar’.