3.3. Ruang Diskusi Mahasiswa

DISKUSI IDEOLOGI PANCASILA

DISKUSI IDEOLOGI PANCASILA

by amanda rifda -
Number of replies: 0

1.Pancasila pada masa Reformasi juga dapat dilihat tidak jauh berbeda dengan masa Orde Lama dan Orde Baru. Tantangan tersebut adalah Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) yang masih terus terjadi di negara Indonesia.

Tantangan penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Masuknya budaya asing yang mengikis budaya asli Indonesia. Masuknya kebiasaan dan informasi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Tantangan pancasila sebagai dasar negara dalam bidang pemerintah, salah satunya dengan tidak mengimplementasikan sebagai mana mestinya kekuasaan dan wewenang nilai-nilai pancasila. Seperti dalam kasus korupsi, banyak pemerintah yang melakukan korupsi, dapat dilihat dari banyaknya kasus korupsi akhir ini

2.  Penistaan atau penodaan agama merupakan salah satu bentuk pelanggaran sila pertama Pancasila.

 Kasus penistaan agama yang pernah menghebohkan publik satu di antaranya dilakukan oleh Lia Eden. Dia dinyatakan bersalah atas kegiatan menyebarkan agama yang tidak benar. Lia Eden merupakan pemimpin sekte Tahta Suci Kerajaan Tuhan yang telah dinyatakan sesat. Kepada anggota sektenya, Lia memperkenalkan agama baru yang ia sebut Salamullah.

Salah satu contoh pelanggaran dari sila kedua adalah kekerasan seksual.

kasus seorang wanita muda di Jambi berinisial NT yang diduga melakukan pelecehan 17 anak dengan iming-iming bermain Playstation (PS) di tempat usaha rental PS miliknya.

Polisi mengungkap sejumlah tindakan gila yang dilakukan wanita Jambi berusia 25 tahun itu seperti memperlihatkan film porno pada anak yang menjadi targetnya.