3.3. Ruang Diskusi Mahasiswa

Nova Aprilya

Nova Aprilya

by Nova Aprilya -
Number of replies: 0

1. Tantangan pancasila sebagai ideologi negara adalah banyaknya ideologi alternatif melalui media informasi yang mudah dijangkau oleh seluruh anak bangsa seperti radikalisme, ekstremisme, konsumerisme. Hal tersebut juga membuat masyarakat mengalami penurunan intensitas pembelajaran Pancasila dan juga kurangnya efektivitas serta daya tarik pembelajaran Pancasila. Kemudian tantangan selanjutnya adalah eksklusivisme sosial yang terkait derasnya arus globalisasi yang mengarah kepada menguatnya kecenderungan politisasi identitas, gejala polarisasi dan fragmentasi sosial yang berbasis SARA. Bonus demografi yang akan segera dinikmati Bangsa Indonesia juga menjadi tantangan tersendiri untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda di tengah arus globalisasi.Unsur-unsur yang memengaruhi tantangan terhadap Pancasila sebagai  ideologi negara  meliputi  faktor  eksternal dan  internal. Adapun faktor eksternal meliputi hal-hal berikut :

  • Pertarungan ideologis antara negara-negara super powerantara Amerika Serikat dan Uni Soviet antara 1945 sampai 1990 yang berakhir dengan bubarnya negara Soviet sehingga Amerika menjadi satu-satunya negara super power.
  • Menguatnya  isu  kebudayaan  global  yang  ditandai  dengan  masuknya berbagai ideologiasing dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena keterbukaan informasi.
  • Meningkatnya kebutuhan dunia sebagai akibat pertambahan penduduk dan  kemajuan  teknologi  sehingga  terjadi  eksploitasi  terhadap  sumber daya alam secara masif

Adapun faktor internal sebagai berikut:

  •  Pergantian  rezim  yang  berkuasa  melahirkan  kebijakan  politik  yang berorientasi pada kepentingan kelompok atau partai sehingga ideologi Pancasilasering terabaikan.
  •  Penyalahgunaan  kekuasaan  (korupsi)  mengakibatkan  rendahnya kepercayaan  masyarakat  terhadap  rezim  yang  berkuasa  sehingga kepercayaan  terhadap  ideologi  menurun  drastis. 

 

2. Akibat melemah nya ideologi pancasila menimbulkan banyak kasus yang terjadi. Seperti kasus yang baru saja terjadi yaitu siswa SD berumur 11 tahun di Banyuwangi gantung diri, diduga sering di bully tidak punya bapak. Sudah tidak asing dengan kasus bullying ini, semakin hari semakin marak kasus bullying terjadi di sekitar kita. Bullying merupakan suatu tindakan yang dapat mengganggu kesehatan mental. Tidak hanya itu kasus bullyingin ini dianggap sebagai pelanggaran sila ke 2 karena hak dan martabat seseorang tidak dihargai, dimana seorang individu diperlakukan tidak setara karena individu lain menganggap dirinya lebih baik dalam segi tertentu.