Tugas

Kenampakan, Kesegaran dan Cara Handling Daging Ayam di Pasar Ngadirojo

Kenampakan, Kesegaran dan Cara Handling Daging Ayam di Pasar Ngadirojo

by Aditya Dwi Prasojo -
Number of replies: 0

foto 1

foto 2

  • Kenampakan dan Kesegaran Daging Ayam

Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan pada daging ayam yang dimiliki oleh salah satu pedagang di Pasar Ngadirojo, daging tersebut berwana kuning cerah dan terlihat segar. Selain itu, daging tersebut tidak menimbulkan bau yang menyengat. Berdasarkan teori, daging ayam yang layak untuk dikonsumsi memiliki warna daging putih hingga kuning cerah dan tidak menimbulkan bau yang menyengat. Sedangkan, daging yang sudah tidak layak konsumsi memiliki warna daging kebiruan dan kenampakan daging yang terlihat pucat. Selain itu, daging yang tidak layak konsumsi juga memiliki bau yang menyengat. Ciri-ciri daging yang ada di Pasar Ngadirojo sesuai dengan teori kenampakan dan kesegaran daging yang layak konsumsi.


  • Cara Handling

Cara handling atau penanganan daging ayam, pedagang meletakan daging ayam tersebut diatas meja kayu yang dialasi dengan plastik. Ketika ada pembeli, pedagang mengambil daging ayam tersebut kemudian memotong sesuai dengan keinginan pelanggan menggunakan pisau dan alas yang terbuat dari kayu. Pedagang memberikan daging ayam kepada pembeli dengan menggunakan wadah kantong plastic.

  • Saran

Saran saya untuk pedagang ayam tersebut yaitu untuk mengganti plastic yang menjadi alas secara berkala atau ketika sudah kelihatan kotor dan tidak bisa dibersihkan lagi. Pedagang sebaiknya menggunakan penutup pada daging ayam tersebut agar tidak dihinggapi oleh lalat. Hal tersebut karena pada saat saya mengunjungi pedagang tersebut, alas plastik sudah terlihat kotor serta daging ayam dihinggapi oleh lalat.


  • Sumber

Wibowo, C. H., Wahjuningsih, S. B., & Sari, A. R. (2021). PENYULUHAN KRITERIA DAGING AYAM YANG SEHAT DAN BERKUALITAS PADA KELOMPOK IBU-IBU PKK RT 02 RW 08 KELURAHAN TLOGOSARI KULON, SEMARANG. Jurnal Tematik, Vol. 3(1), 91-98.