Tugas

Kenampakan, Kesegaran, dan Cara Handling Ikan Nila di Pasar Purwantoro

Kenampakan, Kesegaran, dan Cara Handling Ikan Nila di Pasar Purwantoro

by Devynda Rizka Juniar -
Number of replies: 0

Ikan nila di aquarium cara handling ikan nila

  • Kenampakan dan Kesegaran

Berdasarkan hasil pengamatan yang saya lakukan pada kenampakan dan kesegaran ikan nila di Pasar Purwantoro memiliki ciri-ciri mata jernih, kornea bening, pupil hitam, mata cembung, insang merah segar, memiliki aroma khas ikan segar, dan daging berwarna cerah. Ciri-ciri yang dimiliki ikan tersebut sudah sesuai dengan teori menurut Suprayitno (2020) yang menyatakan bahwa ikan segar memiliki ciri-ciri mata jernih, kornea bening, pupil hitam, mata cembung, insang merah segar, dan memiliki aroma khas ikan segar, serta daging elastis dan berwarna cerah.

  • Cara Handling 

Cara handling yang dilakukan oleh penjual ikan nila di Pasar Purwantoro yaitu penjual mengambil langsung atau menangkap ikan nila yang masih hidup didalam aquarium menggunakan saringan ketika ada pembeli yang akan membeli ikan tersebut sehingga ikan terlihat sangat segar. Kemudian ikan nila disembelih menggunakan pisau lalu kotoran dan sisik ikan dibersihkan. Setelah itu, ikan nila dikemas dengan menggunakan plastik.

  • Saran

Saran untuk penjual ikan nila di Pasar Purwantoro yaitu sebaiknya air yang ada didalam aquarium diganti secara berkala. Selain itu, aquarium tempat menampung ikan, lingkungan disekitar tempat jualan, dan alat-alat yang digunakan dibersihkan secara rutin agar terjaga kebersihan atau kehigenisannya dan agar tidak mengontaminasi ikan. Penjual sebaiknya juga menggunakan sarung tangan dan masker saat membersihkan ikan agar tidak mengontaminasi secara langsung.

  • Referensi

Suprayitno, Eddy. 2020. Kajian Kesegaran Ikan di Pasar Tradisional dan Modern Kota Malang. JMFR (Journal of Fisheries and Marine Research). vol. 4 (2): 289-295.