Tugas

Kenampakan, Kesegaran, dan Cara Handling Daging Ayam di Indogrosir Solo

Kenampakan, Kesegaran, dan Cara Handling Daging Ayam di Indogrosir Solo

by Rudi Susanto -
Number of replies: 0

Gambar Daging

Gambar 1.1 Handling Daging Ayam di Indogrosir Solo

Daging Ayam

Gambar 1.2 Penyimpanan Daging Ayam di Indogrosir Solo

Hasil Analisa:

- Analisa Kenampakan dan Kesegaran

Berdasarkan hasil pengamatan yang saya lakukan, kenampakan kesegaran dari daging ayam yang ada di Indogrosir Solo tergolong kedalam daging poultry segar. dilihat dari warna dagingnya yang putih pucat dan sedikit berwarna kekuningan. sedangkan untuk aromanya sangat normal yaitu memiliki bau khas daging segar dan amis yang tidak terlalu menyengat, serta tidak memiliki bau busuk yang berasal dari daging, bekas sembelihan di leher ayam terlihat terbuka sangat lebar, serat daging halus dan lubang pori bekas cabutan bulu juga tertutup, sendi ayam elastis saat ditekuk terutama saat dimasukkan kedalam wadah penyimpanan, selain itu tekstur dari daging ayam yang ada disana juga sangat empuk atau kenyal.

- Analisa Cara Handling oleh Penjual

Cara handling yang dilakukan oleh penjual daging ayam di Indogrosir Solo sebelum ayam dimasukkan kedalam kemasan yaitu dengan dicuci terlebih dahulu menggunakan air mengalir sampai kotoran maupun darah menjadi hilang dan bersih, kemudian dimasukkan kedalam sterofoam dan dibalut plastik wrap. Pada saat pelayanan atau melakukan handling, penjual tidak menggunakan APD secara lengkap seperti memakai sarung tangan maupun celemek, akan tetapi penjual menggunakan penutup kepala berupa jilbab dan masker. Daging ayam yang sudah selesai dikemas dimasukkan atau disimpan kedalam lemari pendingin dengan wadah tertutup dan bersih dengan suhu stabil untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri. Langkah handling yang dilakukan oleh penjual sudah sedikit sesuai, tetapi masih terdapat beberapa ketidaksesuaian dalam proses handling daging ayam tersebut.

- Saran 

Dalam proses handling daging ayam, sebaiknya daging ayam yang sudah dicuci dikeringkan terlebih dahulu menggunakan tisu atau kertas yang bersih untuk menghindari kontaminasi bakteri. Selain itu, untuk penjual daging ayam sebaiknya menggunakan APD yang lengkap seperti masker, penutup rambut, sarung tangan, celemek untuk menghindari terjadinya kontaminasi bakteri dan menjaga kualitas daging ayam agar tetap aman dan bersih.

Referensi:

Prima, Widyawati., Oyas, Wahyu., dan Indah, Soesanti. 2013. Identifikasi Tingkat Kesegaran Daging Ayam Broiler Berdasar Ciri Tekstur dan Warna Daging. Jurnal Studi Islam dan Sosial. Vol. 6 (1) : 186 - 195