Forum Diskusi

Kerangka konseptual Pnacasila

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Luthfia Khairunnisaal -
Number of replies: 0
1. Substansi pendidikan pancasila merupakan dasar atau kajian dalam pendidikan pancasila, substansi ini meliputi :
❖Pancasila sebagai filsafat
❖Pancasilasebagai etika politik
❖Pancasilasebagai ideologi nasional
❖Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia
❖Pancasila dalam konteks ketatanegaraanRI
❖Pancasila sebagai paradigma kehidupan
❖Pancasilasebagai identitasdan karakter bangsa
❖Pancasila dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia
❖Pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI
❖Pancasila dalam konteks negara kesatuan RI
2. Aspek aspek pancasila
a. Aspek Ontologi
Ontologi menurut Aristoteles adalah ilmu yang meyelidiki hakikat sesuatu atau tentang ada, keberadaan atau eksistensi. Secara ontologis, penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila. Dasar ontologis Pancasila pada hakikatnya adalah manusia, yang memiliki hakikat mutlak yaitu monopluralis, atau monodualis, karena itu juga disebut sebagai dasar antropologis. Subyek pendukung Hal tersebut dapat dijelaskan bahwa yang Berketuhan Yang Maha Esa, yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, yang berpersatuan, yang berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan serta yang berkeadilan sosial pada hakikatnya adalah manusia.

b. Aspek Epistemologi
Epistemologi adalah cabang filsafat yang menyelidiki asal, syarat, susunan, metode, dan validitas ilmu pengetahuan. Secara epistemologis kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.
Pancasila sebagai sistem filsafat pada hakikatnya juga merupakan sistem pengetahuan. Oleh karena itu Pancasila harus memiliki unsur rasionalitas terutama dalam kedudukannya sebagai sistem pengetahuan. Dasar epistemologis Pancasila pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dengan dasar ontologisnya. Maka, dasar epistemologis Pancasila sangat berkaitan erat dengan konsep dasarnya tentang hakikat manusia.

c. Aspek Aksiologis
Sila-sila Pancasila sebagai suatu sistem filsafat memiliki satu kesatuan dasar aksiologis, yaitu nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Aksiologi Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila. Istilah aksiologi berasal dari kata Yunani axios yang artinya nilai,manfaat,dan logos yang artinya pikiran,ilmu atauteori. Dalam filsafat Pancasila,disebutkan ada tiga tingkatan nilai,yaitu nilai dasar,nilai instrumental, dan nilai praktis. Nila-nilai dalam Pancasila termasuk nilai etik atau nilai moral merupakan nilai dasar yang mendasari nilai intrumental dan selanjutnya mendasari semua aktivitas kehidupan masyarakat, berbansa, dan bernegara.
3. Implementasi pendidikan pancasila bagi mahasiswa :
a. takwa kepada tuhan yang maha esa, dan saling menghargai antar agama
b. menjunung tinggi sikap tenggang rasa, dan berani membela kebenaran dengan langkah yang tepat
c. saling menghormati hak orang lain
d. menyelesaikan masalah dengan berpikir kritis dan bermusyawarah