Forum Diskusi

Kerangka konseptual Pnacasila

Kerangka konseptual Pnacasila

by Muhammad Hendri Nuryadi -
Number of replies: 35

Setelah mengikuti perkuliahan melalui zoom meeting, silahkan :
1.Jelaskan substansi Pendidikan Pancasila!
2. Bagaimana Pancasila jika di tinjau dari aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi?
3. Sebagai mahasiswa hal apa yang dapat anda lakukan sebagai wujud implementasi Pendidikan Pancasila?


In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by muhammad rizal musyaffa -
1. Subtansi pendidikan pancasila adalah nilai-nilai yang terdapat di pancasila menjadi sebuah dasar pedoman hidup bagi masyarakat indonesia.
2. Pancasila dari ospek ontologi pada hakikatnya adalah manusia yang memiliki hakikat mutlak berupa monopluralis. Pancasila dari aspek estimologis pada hakikatnya merupakan sistem pengetahuan dan telah menjadi suatu sistem kepercayaan dan ideologi. Pancasila menurut aspek aksiologi yaitu nilai-nilai yang terkandung juga merupakan suatu kesatuan
3. Wujud implementasi Pendidikan Pancasila bagi mahasiswa yang penting untuk dilaksanakan menurutsaya adalah penekanan bahwa mata kuliah ini bertujuan untuk memahami, menganalisa dan menjawab berbagai masalah sesuai dengan konteks dalam nilai-nilai pancasila. Sehingga mata kuliah ini dapat dijadikan dasar untuk menerapkan mata kuliah lain. Dalam menghadapi suatu permasalahan atau persoalan apapun terkait diri sendiri bahkan persoalan umum kita harus selalu menanamkan setiap sila-sila dalam Pancasila tersebut untuk menjawab persoalan dengan analisis yang benar dan konsisten sehingga dapat terjadi perkembangan yang baik untuk diri sendiri dan masyarakat secara maksimal.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Leanency Anastacia -
1. Substansi pendidikan pancasila merupakan dasar atau isi kajian dalam mata kuliah pendidikan pancasila. Substansi ini diantaranya adalah pancasila sebagai filsafat; pancasila sebagai etika politik; pancasila sebagai ideologi nasional; pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia; pancasila sebagai konteks ketatanegaraan RI; pancasila sebagai paradigma kehidupan; pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa; pancasila dalam sistem politik dan demokrasi; pancasila dalam konteks HAM, rule of law dan hak kewajiban WNI; pancasila dalam konteks negara kesatuan RI

2. -Pancasila ditinjau dari aspek ontologi pada dasarnya adalah hakikat atas eksistensi dari pancasila. Aspek ontologi dari pancasila adalah manusia
-Pancasila ditinjau dari aspek epistemologi adalah suatu sistem yang dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari
hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan
-Pancasila ditinjau dari aspek aksiologi adalah suatu nilai, dimana ada tiga tingkatan nilai yaitu nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praksis

3. Hal yang dapat saya lakukan sebagai wujud implementasi dari Pendidikan Pancasila adalah menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh
diri saya sendiri dan masyarakat sekitar sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, serta melandasi tingkah laku saya dengan menghayati falsafah dan tata nilai Pancasila
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Keyko Pratama Rontos -
1. Substansi kajian pendidikan kewarganegaraan terdiri dari Pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI, Pancasila sebagai paradigma kehidupan, Pancasila sebagai ideologi nasional

2. - Ontologis : Dasar ontologis Pancasila pada hakikatnya adalah manusia, yang memiliki hakikat mutlak yaitu monopluralis, atau monodualis, karena itu juga disebut sebagai dasar antropologis. Subyek pendukung
- Epistemologi : Secara epistemologis kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan
- Aksiologi : Sila-sila Pancasila sebagai suatu sistem filsafat memiliki satu kesatuan dasar aksiologis, yaitu nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan

3. - memiliki jiwa Nasionalisme yang ditujukan untuk menciptakan rasa mencintai tanah air, bangsa, dan negara
- mengedepankan sikap suka bermusyawarah ketika ingin mengambil keputusan bersama
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Mei Maulidia Rahmawati -
1. Pendidikan Pancasila memiliki beberapa substansi salah satunya adalah Pancasila sebagai filsafat. Dalam sistem filsafat, Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh. Sila-sila dalam Pancasila saling menjiwai dan dijiwai satu sama lain.

2. Pancasila dari aspek ontologis adalah upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila. Pancasila dari aspek epistemologi adalah upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan yang menjadi belief system dan ideologi. Pancasila ditinjau dari aspek aksiologi berarti Pancasila memiliki nilai-nilai yang terkandung di dalamnya yang merupakan satu kesatuan. Nilai-nilai tersebut yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis.

3. Sebagai mahasiswa, saya dapat mengimplementasikan Pendidikan Pancasila dengan mendukung dan menerima nilai-nilai Pancasila serta menjadikannya sebagai dasar pemikiran, sikap, dan tingkah laku di kehidupan sehari-hari.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Linda Ariyani Pratiwi -
1. DASAR SUBSTANSI PENDIDIKAN PANCASILA

❖ Pancasila sebagai filsafat
❖ Pancasila sebagai etika politik
❖ Pancasila sebagai ideologi nasional
❖ Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia
❖ Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI
❖ Pancasila sebagai paradigma kehidupan
❖ Pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa
❖ Pancasila dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia
❖ Pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI
❖ Pancasila dalam konteks negara kesatuan RI

2. Bagaimana Pancasila jika di tinjau dari aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi?

• ASPEK ONTOLOGIS
 Ontologi, menurut Aristoteles adalah ilmu yang meyelidiki hakikat sesuatu atau tentang ada, keberadaan atau eksistensi dan disamakan artinya dengan metafisika.
 Masalah ontologis antara lain: Apakah hakikat sesuatu itu? Apakah realitas yang ada tampak ini suatu realitas sebagai wujudnya, yaitu benda? Apakah ada suatu rahasia di balik realitas itu, sebagaimana yang tampak pada makhluk hidup? Dan seterusnya.
 Secara ontologis, penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila.
 Pancasila yang terdiri atas lima sila, setiap sila bukanlah merupakan asas yang berdiri sendiri sendiri,malainkan memiliki satu kesatuan dasar ontologis.
 Dasar ontologis Pancasila pada hakikatnya adalah manusia, yang memiliki hakikat mutlak yaitu monopluralis, atau monodualis, karena itu juga disebut sebagai dasar antropologis. Subyek pendukung
• ASPEK EPISTEMOLOGI
 Epistemologi adalah cabang filsafatyang menyelidiki asal, syarat, susunan, metode, dan validitas ilmu pengetahuan.
 Epistemologi meneliti sumber pengetahuan, proses dan syarat terjadinya pengetahuan,batas dan validitas ilmu pengetahuan.
 Secara epistemologis kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkansebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.
 Pancasila sebagai sistem filsafat pada hakikatnya juga merupakan sistem pengetahuan. Ini berarti Pancasila telah menjadi suatu belief system, sistem cita-cita, menjadi suatu ideologi. Oleh karena itu Pancasila harus memiliki unsur rasionalitas terutama dalam kedudukannya sebagai sistem pengetahuan.
• ASPEK AKSIOLOGI
 Sila-sila Pancasila sebagai suatu sistem filsafat memiliki satu kesatuan dasar aksiologis, yaitu nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Aksiologi Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila.
 Istilah aksiologi berasal dari kata Yunani axios yang artinya nilai,manfaat,dan logos yang artinya pikiran,ilmu atau teori.
 Dalam filsafat Pancasila, disebutkan ada tiga tingkatan nilai, yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis.
✓ Nilai dasar, adalah asas-asas yang kita terima sebagai dalil yang bersifat mutlak, sebagai sesuatu yang benar atau tidak perlu dipertanyakan lagi. Nilai-nilai dasar dari Pancasila adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan
✓ Nilai instrumental, adalah nilai yang berbentuk norma sosial dan norma hukum yang selanjutnya akan terkristalisasi dalam peraturan dan mekanisme lembaga-lembaga negara.

3. Sebagai mahasiswa hal apa yang dapat anda lakukan sebagai wujud implementasi Pendidikan Pancasila ?

Sebagai mahasiswa yang memiliki peran sebagai ' Social Control' mahasiswa harus menerapkan dan menjalankan pancasila sebagai pedoman hidup untuk meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dan dalam meningkatkan rasa cinta kepada pancasila bukan hal yang mudah kesemuannya harus dimulai dari kesadaran diri kita masing-masing misalnya kita harus mampu bertanggung jawab, bersikap disiplin, jujur, berjiwa patriotisme, dan rela berkorban demi sebuah bangsa dan Negara sehingga kita bisa mengamalkan dan memahami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dan bentuk nyata peran mahasiswa dalam mengimplementasikan nilai-nilai pancasila yaitu dengan berakhlak baik, bermoral, dan sopan santun yaitu caranya dengan menghargai orang-orang yang ada disekitar kita dan mematuhi semua peraturan yang ada dikampus. Dan menurut saya kita sebagai mahasiswa sudah menjadi tanggung jawab kita membanggakan universitas, diri sendiri, dan lingkungan sekitar dan jangan pernah melakukan perbuatan buruk misalnya tawuran antar mahasiswa. Jangan pernah melakukan perbuatan buruk misalnya tawuran antar mahasiswa.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Leonardo Benhard Johansyah -
Sebagai substansi Pancasila memiliki beberapa dasar kajian substansi sebagai berikut
Pancasila sebagai filsafat
Pancasila sebagai etika politik
Pancasila sebagai ideologi nasional
Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia
Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI
Pancasila sebagai paradigma kehidupan
Pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa
Pancasila dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia
Pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI
Pancasila dalam konteks negara kesatuan RI

a. Secara ontologis, penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila.
b. Secara epistemologis kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkansebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.
c. Sila-sila Pancasila sebagai suatu sistem filsafat memiliki satu kesatuan dasar aksiologis, yaitu nilainilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Aksiologi Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila.

sebagai mahasiswa, upaya yang dapat saya lakukan sebagai wujud implementasi dari pendidikan pancasila yaitu mengaplikasikan sila-sila pancasila dalam kehidupan saya di kampus.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Muhammad Amrullah Arrahman -
1. Substansi atau isi dari pancasila tidak hanya terpaku pada sila ke-1 hingga sila ke -5. Namun, lebih dari itu Pancasila memiliki substansi sebagai filsafat, etika politik, ideologi nasional, paradigma kehidupan, identitas dan karakter bangsa, dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia, dalam konteks sejarah perjuangan bangsa indonesia, ketatanegaraan RI, HAM, rule of the law, dan kewajiban WNI, hingga dalam konteks negara kesatuan RI. Intinya Pancasila memiliki banyak makna yang dapat menjadi acuan kita dalam bertindak dalam kehidupan bernegara di Indonesia.

2. - Ontologi Pancasila adalah meninjau hakikat dasar dari Pancasila itu sendiri. Pancasila memiliki lima sila yang merupakan satu kesatuan dan tidak berdiri sendiri-sendiri.
- Epistemologis Pancasila adalah mengkaji apakah Pancasila itu merupakan sistem pengetahuan. Yang berarti pancasila sudah menjadi believe sistem atau ideologi yang memenuhi unsur nasionalitas.
- Aksiologi Pancasila adalah mengkaji makna atau manfaat dari Pancasila dengan lima silanya. Ada tiga tingkatan nilai Pancasila :
..Nilai Dasar, nilai pancasila dijadikan dalil atau dasar berperilaku yang tidak dapat diganggu gugat
..Nilai Instrumental, nilai pancasila diimplementasikan dalam bentuk hukum atau aturan yang berlaku di masyarakat
..Nilai Praksis, nilai pancasila yang akhirnya benar-benar diterapkan melalui perilaku dalam kehidupan masyarakat

3. Yang dapat saya lakukan adalah dengan mempelajari mata kuliah ini dengan bersungguh-sungguh sehingga dapat mengerti dengan benar mengenai Pancasila dan cara untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu saya juga akan mematuhi segala produk hukum atau aturan yang berlaku karena aturan tersebut adalah impelementasi adri nilai-nilai pancasila yang tentunya dibuat demi menjamin keamanan dan ketentraman masyarakat
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Lutfi Alfarizi -

1. Substansi dasar kajian pendidikan Pancasila adalah Pancasil sebagai filsafat dimana sila-sila Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh. Pancasila sebagai etika politik, sebagai ideology nasional. Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, dan dalam konteks ketatanegaraan RI. Pancasila sebagai paradigm kehidupan, sebagai identitas dan karakter bangsa. Pancasila dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia, dalam konteks HAM,Rule of law, dan hak kewajiban WNI. Dan yang terakhir Pancasila dalam konteks negara kesatuan RI.

2. Aspek Ontologi : 

Pancasila yang terdiri atas lima sila,setiap sila bukanlah merupakan asas yang berdiri sendiri-sendiri,malainkan memiliki satu kesatuan dasar ontologis.

Aspek Epistemologi : 

Secara epistemologis kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.

Aspek Aksiologi : 

Sila-sila Pancasila sebagai suatu sistem filsafat memiliki satu kesatuan dasar aksiologis, yaitu nilai -nilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Aksiologi Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila.

 3. Mahasiswa sebagai agent of change, harus mengimplementasi nilai Pancasila seperti nilai yg paling dasar dengan berakhlah baik, bermoral, santun dan taat peraturan baik didalam kampus maupun diluar kampus. Selain itu menengok sila pertama, maka mahasiwa juga harus memiliki jiwa toleransi yang tinggi mengingat di dalam kampus pasti kita bertemu dengan banyak orang dengan katar belakang yang berbeda. Dan mungkin seperti yang sudah dijelaskan pada perkuliahan tadi, mahasiswa juga dapat ikut aktif dalam organisasi yang dapat menumbuhkan jiwa-jiwa Pancasila dalam diri kita.

In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Muhamad Khoerudin -
1. Subtansi Pendidikan Pancasila berupa sebagai ideologi nasional yang menjadi dasar pandangan negara dalam melaksanakan kehidupan bernegara serta mempengaruhi cara berfikir masyarakatnya menuju tujuan nasional, sebagai identitas dan karakter bangsa dimana menjadi ciri khas sehingga hal ini yang membedakan dengan bangsa lain, serta sebagai filsafat yang menjadi pedoman dan pegangan dalam bersikap bertingkah laku dalam bermasyarakat dan berbangsa.

2. Dilihat aspek antologi pancasila dianggap sebagai filsafat dimaksudkan upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila sebagai pendukung pokok secara ontologis dimana memiliki hal-hal yang mutlak, yaitu terdiri atas susunan kodrat, raga dan jiwa, jasmani dan rohani, dilihat dari aspek epistomologi sistem cita-cita, menjadi suatu ideologi. Oleh karena itu Pancasila harus memiliki unsur rasionalitas terutama dalam kedudukannya sebagai sistem
pengetahuan, serta dilihat dari aspek aksiologi nilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan dimana ada nilai dasar, instrumental, dan praksis.

3. Yang dapat dilakukan mahasiswa berupa tidak membedakan teman, selalu memiliki rasa nasionalisme dan persatuan, mengedepankan musyawarah mufakat, selalu takwa kepada Tuhan, serta selalu berlaku membantu sesama baik moral dan materil
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Muhammad Faiz Azmi -
1. Substansi Pendidikan Pancasila berarti dasar atau isi kajian dalam pendidikan pancasila yang terdiri dari :
a. Pancasila sebagai filsafat
b. Pancasila sebagai etika politik
c. Pancasila sebagai ideologi nasional
d. Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia
e. Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI
2. Pancasila ditinjau dari
a. aspek ontologi
Secara ontologis pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk
mengetahui hakikat dasar dari sila-sila pancasila. Pancasila terdiri atas lima asas yang tidak
berdiri sendiri-sendiri melainkan memiliki satu kesatuan dasar ontologis.
b. aspek epistimologi
secara epistimologi pancasila sebagai sistem filsafat pada hakikatnya merupakan sistem pengetahuan. berarti Pancasila telah menjadi suatu belief system, sistem cita-cita, menjadi suatu ideologi. Oleh karena itu Pancasila harus memiliki unsur rasionalitas terutama dalam kedudukannya sebagai sistem pengetahuan.
c. aspek aksiologi
secara aksiologi pancasila sebagai suatu sistem filsafat memiliki satu kesatuan dasar aksiologis, yaitu nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan.
3. Wujud implementasi Pendidikan Pancasila sebagai mahasiswa yaitu
a. Percaya dan bertqwa kepada tuhan yang maha esa
b. Saling menghormati antar sesama tidak boleh membeda bedakan
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Mariska Devi Novita Andriyani -
1. Substansi pendidikan pancasila adalah dasar yang ada dalam pendidikan pancasila, yang meliputi pancasila sebagai filsafat, pancasila sebagai etika politik, pancasila sebagai ideologi nasional, pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI, pancasila sebagai paradigma kehidupan, pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa, pancasila sebagai sistem politik dan demokrasi Indonesia, pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI, pancasila dalam konteks negara kesatuan RI.
2. - Ditinjau dari aspek ontologi, dasar ontologis pancasila pada hakikatnya adalah manusia, yang memiliki hakikat mutlak yaitu monopluralis.
- Ditinjau dari aspek epistemologi, kajian pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari hakikat pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.
- Ditinjau dari aspek aksiologi, pancasila memiliki satu kesatuan dasar aksiologis, yaitu nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila itu sendiri, ada nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis.
3. Sebagai wujud implementasi Pendidikan Pancasila, sebagai mahasiswa yang dapat saya lakukan adalah dengan menggunakan pancasila sebagai landasan saat akan melakukan segala hal sesuai dengan nilai-nilai dan juga falsafah yang ada pada pancasila.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Kirana Putri Salsabil -
1. Substansi Pendidikan Pancasila adalah inti atau nilai dasar Pendidikan Pancasila. Misalnya Pancasila sebagai ideologi nasional.

2. Pancasila jika di tinjau dari aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi.
- Pancasila di tinjau dari aspek ontologi
Secara ontologis, penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila.
- Pancasila di tinjau dari aspek epistemologi
Secara epistemologis kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan. 
- Pancasila di tinjau dari aspek epistemologi 
Dalam filsafat Pancasila, disebutkan ada tiga tingkatan nilai, yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis. Secara aksiologis, bangsa Indonesia merupakan pendukung nilai-nilai Pancasila (subscriber of value Pancasila), yaitu bangsa yang berketuhanan, yang berkemanusiaan, yang berpersatuan, yang berkerakyatan dan berkeadilan sosial.

3. Sebagai mahasiswa hal yang saya lakukan sebagai wujud implementasi Pendidikan Pancasila adalah berakhlak baik, bermoral, dan sopan santun yaitu caranya dengan menghargai orang-orang yang ada disekitar kita, berkata sopan, tidak menyela ucapan orang lain, mematuhi semua peraturan yang ada dikampus dan lain sebagainya.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Khusnul Putri Syahrani -

1.  Substansi Pancasila :

a. Pancasila sebagai filsafat : sila-sila dalam Pancasila tidak dapat dipisahkan karena hakikatnya merupakan satu kesatuan

b. Pancasila sebagai etika politik : menjadi dasar dalam bertindak

c. Pancasila sebagai ideologi nasional : sebagai tata nilai acuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara

d. Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa

e. Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI

f. Pancasila sebagai paradigma kehidupan

g. Pancasila dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia

h. Pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI 

2. Ontologi : Pancasila sebagai sistem filsafat secara ontologis dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakekat dasar dari sila-sila pancasila

Epistomologi : Pancasila sebagai suatu belief system, sistem cita-cita, menjadi suatu ideologi sehingga harus terdapat unsur rasionalitas sebagai pengetahuan

 Aksiologi : nilai-nilai dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh tidak dapat dipisahkan

3. Wujud implementasi Pendidikan Pancasila sebagai mahasiswa : memeluk agama sesuai keprcayaan, mengambil keputusan dengan musyawarah mufakat, tidak membeda-bedakan teman, membantu sesama. Yang tentunya harus diterapkan bukan hanya di lingkungan pendidikan saja tetapi dimanapun kita berada dalam melakukan sesuatu harus didasarkan pada nilai-nilai Pancasila


In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Masaya Filzah Seviana -
1. Substansi Pendidikan Pancasila yaitu terdiri dari Pancasila sebagai filsafat, Pancasila sebagai etika politik, Pancasila sebagai ideologi nasional, Pancasila dalam konteks perjuangan banga Indonesia, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI, Pancasila sebagai paradigma kehidupan, Pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa, pancasila dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia, Pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI ,serta Pancasila sebagai konteks negara kesatuan RI.

2. Pancasila jika di tinjau dari aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi:
- Pancasila jika ditinjau dari aspek ontologi: artinya sebuah pemikiran filosofis atas hakikat dan alasan yang menjadikan sila sila Pancasila itu sebagai dasar filosofis negara Indonesia.
- Pancasila jika ditinjau dari aspek epistemologi : artinya nilai-nilai Pancasila digali dari pengalaman(empiris) bangsa Indonesia, kemudian disintesiskan menjadi sebuah pandangan yang komprehensif tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
- Pancasila jika ditinjau dari aspek aksiologi : artinya nilai atau kualitas yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

3. Hal yang dapat dilakukan mahasiswa sebagai wujud implementasi Pendidikan Pancasila yaitu selalu mengamalkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari hari dengan selalu mentaati peraturan yang ada baik di kampus maupun di luar kampus.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Luthfi Ardian -
1. Dapat diartikan bahwa Subtansi pendidikan pancasila adalah nilai-nilai yang terdapat di dalam pancasila menjadi suatu dasar pedoman hidup bagi masyarakat indonesia. Pendidikan Pancasila memiliki beberapa substansi salah satunya adalah Pancasila sebagai filsafat. Dalam sistem filsafat sendiri pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh. Sila-sila dalam Pancasila saling menjiwai dan dijiwai satu sama lain.

2. Dari sudut ontologis, penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila. Lalu jika secara epistemologis kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan. Dan jika ditinjau dari aspek aksiologi berarti Pancasila memiliki nilai-nilai yang terkandung di dalamnya yang merupakan satu kesatuan. Nilai-nilai tersebut yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis

3. Kita harus menjunjung tinggi nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari dengan cara mendukung serta menerima nilai positif pancasila dan juga memegang untuk pedoman, dan sebagai mahasiswa, kita harus melakukan hal hal tersebut baik dikampus maupun diluar kampus
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Khurina Roihan Akhsani -
1. Substansi Pendidikan Pancasila yaitu :
- Pancasila sebagai filsafat
- Pancasila sebagai etika politik
- Pancasila sebagai ideologi nasional
- Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia
- Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI
- Pancasila sebagai paradigma kehidupan
- Pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa
- Pancasila dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia
- Pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI
- Pancasila dalam konteks negara kesatuan RI

2. Ontologi : Secara ontologis, penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk
mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila.

Epistemologi : Secara epistemologis kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari
hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.

Aksiologi : Secara aksiologis,
pendidikan Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila.

3. Sebagai wujud implementasi Pendidikan Pancasila, kita sebagai mahasiswa harus menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tiap-tiap sila dalam Pancasila di kehidupan sehari-hari, diantaranya sifat cinta tanah air, toleransi terhadap sesama, gotong royong, dan masih banyak lagi.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Marcellina Elka Suryana -
1. - Pancasila sebagai filsafat : merupakan refleksi kritis dan rasional sebagai dasar negara dan kenyataan budaya bangsa dengan tujuan mendapatkan pokok-pokok pengertiannya yang mendasar dan menyeluruh.
- Pancasila sebagai etika politik : alam pelaksanaan dan penyelenggaraan negara, seluruh aspek yang menyangkut kekuasaan, kebijaksanaan yang berkaitan dengan publik, dan pembagian kewenangan harus berdasarkan legitimasi moral religius.
- Pancasila sebagai ideologi nasional : mencerminkan seperangkat nilai terpadu dalam kehidupan politik bangsa Indonesia
2. Secara ontologis, penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk
mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila.
Secara epistemologis, kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkansebagai upaya untuk mencari
hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.
Secara Aksiologi, Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila.
3. -Sebagai mahasiswa kita bisa menghormati teman-teman kita yang sedah beribadah
-Sebagai mahasiswa kita harus memiliki rasa menghormati antar mahasiswa baik yang berbeda suku dan ras
-Melakukan musyawarah dan diskusi untuk memperoleh keputusan bersama
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Kalista anggit -
1. Substansi kajian pendidikan Pancasila merupakan isi pokok atau inti dari pendidikan pancasila terdiri dari : pancasila sebagai filsafat, etika politik, ideologi nasional, HAM, negara kesatuan republik indonesia dan sebagainya

2. - Pancasila bila ditinjau dari aspek ontologi, penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila. Pancasila terdiri atas lima sila, dimana setiap isla bukanlah merupakan asas yang berdiri sendiri-sendiri, melainkan memiliki suatu kesatuan dasar ontologis. Dasaar ontologis Pancasila pada hakikatnya adalam manusia, yang memiliki hakikat mutlak yaitu monopluralis ataau monodualis, karena itu juga disebut sebagai dasar antropologis. Subjek pendukung dari sila-sila Pancasila adalah manusia

- Pancasila bila ditinjau dari aspek epistomologi, kajian pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan. Pancasila sebagai sistem filsafat pada hakikatnya juga merupakan sistem pengetahuan. Ini berarti Pancasila telah menjadi suatu belief system, sistem cita-cita, menjadi suatu ideologi.

-Pancasila bila ditinjau dari aspek aksiologi, pancasila pada hakekatnya merupakan nilai praktis atau manfaat suatu pengetahuan tentangPancasila, karena sila-sila Pancasila sebagai suatu sitem filsafat memiliki suatu kesatuan dasar aksiologis, maka nilai-nilai
yang terkandung didalamnya pada hakekatnya juga merupakan suatau kesatuan

3. menurut pendapat saya sebagai mahasiswa, wujud implementasi pendidikan pancasila yang dapat saya lakukan adalah seperti: beriman pada tuhan yang maha esa, ikut serta dalam kerja kelompok dan gotong royong, serta bertanggung jawab pada diri sendiri
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Meiliana Hapsari -
1. Substansi Pendidikan Pancasila, merupakan dasar perkuliahan pendidikan Pancasila yang terdiri dari:
a. Pancasila Pancasila sebagai etika politik
b. Pancasila sebagai ideologi nasional
c. Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia
d. Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI
e. Pancasila sebagai paradigma kehidupan
f. Pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa
g. Pancasila dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia
h. Pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI
j. Pancasila dalam konteks negara kesatuan RI

2. Pancasila dari aspek ontologi merupakan hakikat atas keberadaan Pancasila. Sila dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang saling menjiwai satu sama lain.
Pancasila dari aspek epistemologi sendiri merupakan Pancasila sebagai ilmu pengetahuan yang mendasari bangsa Indonesia.
Pancasila dari aspek aksiologi merupakan pembahasan mengenai filsafat nilai pancasila yang terdiri dari nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis.

3. Sebagai mahasiswa, bentuk implementasi Pendidikan Pancasila yang saya terapkan adalah bertakwa kepada Tuhan YME, tidak melakukan diskriminasi, menjunjung tinggi solidaritas, mematuhi peraturan yang ada, dan mengikuti proses perkuliahan dengan bersungguh sungguh.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Muhammad Rizky Alif Alkarim -
1. Substansi pancasila merupakan nilai² yang terkandung dalam sila-sila yang ada dalam pancasila yang digunakan sebagai dasar pedoman dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.
2. • Dasar Ontologis:
Pancasila pada hakikatnya adalah manusia yang memiliki hakikat mutlak yaitu monoprluralis, atau monodualis, karena itu juga disebut sebagai dasar antropologis. Subyek pendukung pokok dari sila-sila Pancasila adalah manusia
• Dasar Epistemologi :
Kajian Pancasila sebagai filsafat sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem. Pancasila sebagai sistem filsafat pada hakikatnya juga merupakan sistem pengetahuan.
• Dasar Aksiologi :
Mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila. Istilah aksiologi berasal dari kata Yunani axios yang artinya nilai, manfaat, dan logos yang artinya pikiran, ilmu atau teori. Aksiologi adalah teori nilai, yaitu sesuatu yang diinginkan, disukai atau yang baik.
3. • Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Dan meningkatkan sikap saling toleransi sesama mahasiswa.
• Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Mengembangkan sikap tenggang rasa. Dan mahasiswa harus berani membela kebenaran dan keadilan.
• Mahasiswa harus memiliki jiwa Nasionalisme yang ditujukan untuk menciptakan rasa mencintai tanah air, bangsa, dan negara, serta dapat menjalin rasa kebersamaan antar mahasiswa.
• Sebagai mahasiswa, kita harus mengedepankan sikap suka bermusyawarah ketika ingin mengambil keputusan bersama dan bijak dalam mengutarakan pendapat agar dapat menghasilkan keputusan yang baik, Serta mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. 
• Mahasiswa harus mampu bersikap adil terhadap sesama. Menghormati hak-hak orang lain. Menolong sesama dan menghargai orang lain.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Laras Adi Kinasih -
1. Pendidikan Pancasila mencakup dasar dan pedoman manusia dalam bertingkah laku serta bermasyarakat
2. Aspek ontologi : dasar Pancasila pada hakikatnya adalah manusia
Aspek epistemologi : upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan
Aspek aksiologi : nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya merupakan kesatuan
3. Sebagai mahasiswa, yang dapat saya lakukan sebagai wujud implementasi Pendidikan Pancasila adalah dengan memahami serta merealisasikan sila-sila yang terdapat dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari seperti menghormati kepercayaan orang lain, aktif dalam kehiatan kemanusiaan, menghindari ajakan-ajakan yang bersifat memecah belah, mengedepankan musyawarah mufakat dalam berdiskusi, dsb
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Luthfia Nur Fitriana -
1. Substansi Pendidikan Pancasila merupakan dasar kajian dalam Pendidikan Pancasila yang terdiri dari Pancasila sebagai filsafat, etika politik, ideologi nasional, paradigma kehidupan, dan sebagai identitas dan karakter bangsa.
2. a. Pancasila dari segi aspek ontologis adalah Pancasila yang terdiri atas lima sila, setiap sila bukanlah merupakan asas yang berdiri sendiri, melainkan memiliki satu kesatuan dasar ontologis.
b. Pancasila dari segi aspek epistemologis adalah Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.
c. Pancasila dari segi aspek aksiologis adalah nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Aksiologi Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila. Dalam filsafat Pancasila, disebutkan ada tiga tingkatan nilai, yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis.
3. Yang dapat saya lakukan sebagai wujud mengimplementasi Pendidikan Pancasila dengan menghormati kegiatan Ibadah dari pemeluk agama lain, menerapkan sikap toleransi kepada mahasiswa dari suku ataupun ras lain, selalu menjunjung rasa nasionalisme.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Muhammad candra mahardika -
1. DASAR SUBTANSI PENDIDIKAN PANCASILA
 Pancasila sebagai filsafat
 Pancasila sebagai etika politik
 Pancasila sebagai ideologi nasional
 Pancasila dalam konteks negara kesatuan RI
 Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia
 Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI
 Pancasila sebagai paradigma kehidupan
 Pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa
 Pancasila dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia
 Pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI


2. secara ontologis, penyelidikan pancasila meliputi ekstitensi dan kebenaran yang di maksud sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dsar dari sila-sila pancasila.

Secara Epistemologi adalah cabang filsafat yang menyelidiki asal, syarat, susunan, metode, dan validitas Ilmu pengetahuan. Pancasila sebagai suatu obyek pengetahuan pada hakikatnya meliputi masalah sumber pengetahuan dan susunan pengetahuan Pancasila.

Secara aksiologi Sila-sila Pancasila sebagai suatu sistem filsafat memiliki satu kesatuan dasar aksiologis, yaitu nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Aksiologi Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila.

3. Implementasi Pancasila sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Bila tidak menerapkan Pancasila sebagai landasan dalam berkehidupan bersama, maka dapat menimbulkan berbagai masalah yang dapat merugikan diri sendiri maupun oleh orang lain.
Salah satu Implementasi nilai-nilai Pancasila yang bisa dilakukan pada mahasiswa adalah Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Dan meningkatkan sikap saling toleransi sesama mahasiswa.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Hilman Nur Iskandar -
1. Substansi pendidikan pancasila merupakan dasar atau isi kajian dalam mata kuliah pendidikan pancasila. Substansi ini berdasar kepada 10 kajiannya yakni pancasila sebagai filsafat; pancasila sebagai etika politik; pancasila sebagai ideologi nasional; pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia; pancasila sebagai konteks ketatanegaraan RI; pancasila sebagai paradigma kehidupan; pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa; pancasila dalam sistem politik dan demokrasi; pancasila dalam konteks HAM, rule of law dan hak kewajiban WNI; pancasila dalam konteks negara kesatuan RI.
2. Pancasila di tinjau dari aspek ontologis yakni penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila. Karena pada hakikatnya, Pancasila terdiri dari 5 sila yang memiliki satu kesatuan. Pancasila di tinjau dari aspek epistomlogi yakni kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan. Serta Pancasila jika di tinjau dari aspek aksiologi yakni sila-sila Pancasila sebagai suatu sistem filsafat memiliki satu kesatuan dasar aksiologis, yaitu nilainilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Aksiologi Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila.
3. Sebagai mahasiswa, saya dapat mengimplementasikan Pendidikan Pancasila dengan menerapkan satu persatu nilai nilai dari pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan sehari hari dan mengamalkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Muhammad Rafly Zharif -
1. substansi pendidikan pancasila adalah adalah dasar kajian materi untuk Menghayati Falsafah dan tata nilai Pancasila sehingga melandasi tingkah lakunya
sebagai Warga Negara Indonesia.

2. aspek ontologi : Pancasila sebagai sistem filsafat secara ontologis dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakekat dasar dari sila-sila Pancasila
epistemologi : upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan yang memiliki unsur rasionalitas.
aksiologi : membahas pikiran,ilmu atau teori nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan

3. dengan berperilaku sesuai nilai-nilai pancasila di lingkungan kampus
- bertoleransi dan menghormati terhadap agama lain di kampus ( sila 1 )
- tidak membeda-bedakan pergaulan atas suku,ras dan semacamnya ( sila 2 )
- bersikap gotong-royong dan saling membantu untuk mengadakan acara kenegaraan ( sila 3 )
- memiliki semangat bermusyawarah mufakat dan bertanggun jawab atas suatu kelompok ( sila 4 )
- tidak egois dalam pemakaian fasilitas kampus ( sila 5 )
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by muhammad farhan rahmani -
1. Substansi pendidikan pancasila ini terdapat nilai nilai yang mengandung unsur penting bagi kehidupan bermasyarakat, dan untuk landasan bagi masyarakat.
2. Pancasila dari aspek ontologi adalah ilmu yang membahas tentang hakikat yang ada yang merupakan realita baik berbentuk jasmani maupun rohani. Pancasila dari aspek epistemologi adalah meniliti sumber pengetahuan, pancasila ini sebagai sistem filsafat pada hakikatnya juga merupakan sistem pengetahuan. Pancasila dari aspek aksiologi adalah nilai nilai yang terkandung dalam pancasila dan pada hakikatnya merupakan satu kesatuan. Aksiologi pancasila ini mengandung arti bahwa membahas tentang arti filsafat.
3. Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Dan meningkatkan sikap saling toleransi sesama mahasiswa.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Muhammad Nur Fatah Ma'ruf -
1. Subtansi pendidikan pancasila merupakan dasar isi kajian dari ilmu pendidikan pancasila.salah satu dari subtansi pendidikan pancasila adalah pancasila sebagai ideologi nasional.pancasila menjadi tata nilai yang digunakan sebagai acuan didalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.

2. - Secara ontologis, penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk
mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila.
- Secara epistemologis kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkansebagai upaya untuk mencari
hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.
-Sila-sila Pancasila sebagai suatu sistem filsafat memiliki satu kesatuan dasar aksiologis, yaitu nilainilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Aksiologi
Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila.
3. -Agar mahasiswa memahami, menganalisa dan menjawab masalah yang dihadapi oleh
diri dan masyarakatnya secara konsisten sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
-Menghayati Falsafah dan tata nilai Pancasila sehingga melandasi tingkah lakunya
sebagai Warga Negara Indonesia.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by MERALETHA CRISTALIA -
1.
1. pendidikan pancasila memiliki beberapa dasar subtasnsi, salah satu diantaranya adalah pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa yang artinya pansila merupakan pandangan hidup kita, dan kita harus mempunyai sikap sebagaimana arti pancasila tersebut
2. aspek antologi : pendidikan pncasila dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dari sila-sila pancasila
aspek espistomologi : pendidikan pncasila dimaksudkan sebagai uoaya untuk mencari hakikat pancasila sebagai sistem ilmu pengetahuan
aspek aksiologi : dalam aspek aksiologi kita mempelajari tentang filsafat nilai pancasila yang mempunyai tiha tingkatan yaitu nilai dasar, nilai instrumental. dan nilai praksis

3. contoh kita sebagai mahasiswa dalam mengimplememntasikan pancasila adalah sebagai berikut :
- menjunjung nilai kemanusiaan dan kita sebagai mahasiswa harus membela kebenaran dan keadilan
- kita sebagai mahasiswa harus memiliki jiwa nasionalisme yang ditujukan untuk menciptakan rasa mencintai tanah air,bangsa, dan negara serta menjalin rasa kebersamaan antar sesama
- kita harus bermusyawarah dalam pengambilan keputusan bersama serta kita harus mengutamakan kepentingan bersama
- kita harus bersikap adil dan menghormati hak-hak orang lain, contohnya seperti kita berteman tanpa memandang ras, suku, dan agama.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Muhammad Fadhil Wahyu Purnomo -
1. Kajian dasar substansi Pendidikan Pancasila yaitu : Pancasila sebagai filsafat ,Pancasila sebagai etika politik, Pancasila sebagai ideologi nasional, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI, Pancasila sebagai paradigma kehidupan, Pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa, Pancasila dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia, Pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI, Pancasila dalam konteks negara kesatuan RI.

2. Secara ontologis, penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila. Untuk epistemologis kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan. Sedangkan secara Aksiologi Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila.

3. Menurut pandangan saya sebagai mahasiswa, untuk dapat mewujudkan implementasi Pendidikan Pancasila seorang mahasiswa harus memiliki pengetahuan yang cukup dalam memahami apa itu Pancasila, dimana pengetahuan tersebut dapat menjadi pegangan hidup mahasiswa tersebut. Mahasiswa juga diharapkan mampu mengimplementasikan Pendidikan Pancasila dengan mendukung dan menerima nilai-nilai Pancasila serta menjadikannya sebagai dasar pemikiran, sikap, dan tingkah laku di kehidupan sehari-hari.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by muhammad ali shodikin -
1. Substansi pancasila memiliki beberapa kajian yang di antaranya ada pencasila sebagai filsafat, sebagai etika politik, sebagai ideologi nasional.
2. -Pancasila ditinjau dari aspek ontologi pada dasarnya adalah hakikat atas eksistensi dari pancasila.
-Pancasila ditinjau dari aspek epistemologi adalah suatu sistem yang dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari
hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.
-Pancasila ditinjau dari aspek aksiologi adalah suatu nilai, dimana ada tiga tingkatan nilai yaitu nilai dasar, nilai instrumental.
3. sebagai mahasiswa, upaya yang dapat saya lakukan sebagai wujud implementasi dari pendidikan pancasila yaitu mengaplikasikan sila-sila pancasila dalam kehidupan kampus
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Muhammad Hilmi Faadhilah Budiman -
1. Dasar dari substansi pendidikan pancasila adalah : Pancasila sebagai Pancasila sebagai filsafat, Pancasila sebagai etika politik, Pancasila sebagai ideologi nasional, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI, Pancasila sebagai paradigma kehidupan, Pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa, Pancasila dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia, Pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI, Pancasila dalam konteks negara kesatuan RI
2. Pancasila ditinjau dari aspek
- ontologi = Secara ontologis, penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila. Dasar ontologis Pancasila pada hakikatnya adalah manusia, yang memiliki hakikat mutlak yaitu monopluralis, atau monodualis, karena itu juga disebut sebagai dasar antropologis. Subyek pendukung
- epitologi = Secara epistemologis kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkansebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan. Dasar epistemologis Pancasila pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dengan dasar ontologisnya. Maka, dasar epistemologis Pancasila sangat berkaitan erat dengan konsep dasarnya tentang hakikat manusia.
- aksiologi = Aksiologi Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila. Filsafat Pancasila, disebutkan ada tiga tingkatan nilai, yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis.
3. Sebagai mahasiswa harus memiliki jiwa Nasionalisme yang ditujukan untuk menciptakan rasa mencintai tanah air, bangsa, dan negara, serta dapat menjalin rasa kebersamaan antar mahasiswa.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Claudia Alexandra Henriques -

Dasar substansi kajian pendidikan Pancasila 

- Pancasila sebagai filsafat 

- Pancasila sebagai Etika politik 

- Pancasila sebagai ideologi nasional 

- Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia 

- Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI 

- Pancasila segai paradigma kehidupan 

- Pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa 

- Pancasila dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia 

- Pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI 

- Pancasila dalam konteks negara kesatuan RI 


Aspek Ontologis Pancasila 

- Ontologi menurut Aristoteles adalah Ilmu yang menyelidiki hakikat sesuatu atau tentang ada, keberadaan atau ekstensi dan disamakan artinya dengan metafisika. 

- Masalah ontologis antara  lain : apakah hakikat sesuatu itu? apakah roalitas yang ada tempak ini suatu realitas sebagai wujudnya, yaitu benda? 

- Secara ontologis, penyeledikan pancasila sebgai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila. 

Aspek Epistomologis Pancasila 

- Epistomologi adalah cabang filsafat yang menyelidiki asal, syarat, susunan, metode dan validitas ilmu pengetahuan. 

- Epistomologi meneliti sumber pengetahuan, proses dan syarat terjadinya pengetahuan, batas dan validitas ilmu pengetahuan.

- Secara epistomologis kajian Pancasila sebagai filsafat demaksudkan sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan. 

- Pancasila sebagai sistem filsafat pada hakikatnya juga merupakan sistem pengetahuan. ini berarti Pancasila telah menjadi suatu belief system, sistem cita-cita, menjadi sauatu ideologi. Oleh karena itu Pancasila harus memiliki unsur rasionalitas terutama dalam kedudukannya sebagai sistem pengetahuan. 

Aspek Aksiologis Pancasila 

- Sila-sila Pancasila sebagai suatu sistem filsafat memiliki satu kesatuan dasar aksiologis yaitu nilai-niali yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Aksiologi Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila. 

- Istilah asksiologi berasal dari kata Yunani axios artinya nilai, manfaat, dan logos yang artinya pikiran, ilmu atau teori.


In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Muhammad Naufal Abdurrahman Sholihin -
1. Substansi pendidikan Pancasila yaitu memberikan pelajaran mengenai nilai-nilai dan pedoman hidup Pancasila untuk kehidupan berwarganegara yang baik

2. Secara ontologis, Pancasila dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila. Maksudnya setiap sila bukan merupakan asas yang berdiri sendiri sendiri

Secara epistemologis Pancasila sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu pengetahuan. Sumber pengetahuan Pancasila adalah nilai-nilai yang ada pada bangsa Indonesia sendiri.

Secara aksiologi yaitu nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Aksiologi Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila.

3. Implementasi nilai-nilai Pancasila yang bisa dilakukan pada mahasiswa yaitu:
1. Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Mahasiswa harus berani membela kebenaran dan keadilan.
3. Mahasiswa harus memiliki jiwa nasionalisme yang ditujukan untuk menciptakan rasa mencintai tanah air, bangsa, dan negara.
In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Julieta Sarmento Mendonca Mendonca -

Jawaban :

  • Pancasila sebagai filsafat 
  • Pancasila sebagai etika politik 
  • Pancasila sebagai ideologi nasional
  • Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa indonesia 
  • Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI
  • Pancasila sebagai paradigma kehidupan
  • Pancasila sebagai identitas dan karakter bangsa
  • Pancasila dalam sistem politik dan demokrasi indonesia 
  • Pancasila dalam konteks HAM,rule of law,dan hak kewajiban WNI
  • Pancasila dalam konteks negara kestuan RI

2.Dasar ontologis Pancasila pada hakikatnya adalah manusia yang memiliki hakikat mutlak yaitu monoplurais atau monodualis karena itu juga disebut sebagai dasar antrapologis 

Dasar epistemologis Pancasila pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dengan dasar onotologisnya.Maka dasar epistemologis Pancasila sangat berkaitan erat dengan konsep dasarnya tentang hakikat manusia .

Dalam filsafat Pancasila,disebutkan ada tiga tingkatan nilai,yaitu nilai dasar,nilai instrumnetal, dan nilai praktis 

3.Implementasi nalai-nilai pancasila yang bisa dilakukan adalah percaya dan taqwa kepada tuhan yang Maha esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.Dan meningkatkan sikap salin toleransi sesama mahasiswa.




In reply to Muhammad Hendri Nuryadi

Re: Kerangka konseptual Pnacasila

by Luthfia Khairunnisaal -
1. Substansi pendidikan pancasila merupakan dasar atau kajian dalam pendidikan pancasila, substansi ini meliputi :
❖Pancasila sebagai filsafat
❖Pancasilasebagai etika politik
❖Pancasilasebagai ideologi nasional
❖Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia
❖Pancasila dalam konteks ketatanegaraanRI
❖Pancasila sebagai paradigma kehidupan
❖Pancasilasebagai identitasdan karakter bangsa
❖Pancasila dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia
❖Pancasila dalam konteks HAM, rule of law, dan hak kewajiban WNI
❖Pancasila dalam konteks negara kesatuan RI
2. Aspek aspek pancasila
a. Aspek Ontologi
Ontologi menurut Aristoteles adalah ilmu yang meyelidiki hakikat sesuatu atau tentang ada, keberadaan atau eksistensi. Secara ontologis, penyelidikan Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila. Dasar ontologis Pancasila pada hakikatnya adalah manusia, yang memiliki hakikat mutlak yaitu monopluralis, atau monodualis, karena itu juga disebut sebagai dasar antropologis. Subyek pendukung Hal tersebut dapat dijelaskan bahwa yang Berketuhan Yang Maha Esa, yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, yang berpersatuan, yang berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan serta yang berkeadilan sosial pada hakikatnya adalah manusia.

b. Aspek Epistemologi
Epistemologi adalah cabang filsafat yang menyelidiki asal, syarat, susunan, metode, dan validitas ilmu pengetahuan. Secara epistemologis kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.
Pancasila sebagai sistem filsafat pada hakikatnya juga merupakan sistem pengetahuan. Oleh karena itu Pancasila harus memiliki unsur rasionalitas terutama dalam kedudukannya sebagai sistem pengetahuan. Dasar epistemologis Pancasila pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dengan dasar ontologisnya. Maka, dasar epistemologis Pancasila sangat berkaitan erat dengan konsep dasarnya tentang hakikat manusia.

c. Aspek Aksiologis
Sila-sila Pancasila sebagai suatu sistem filsafat memiliki satu kesatuan dasar aksiologis, yaitu nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Aksiologi Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai Pancasila. Istilah aksiologi berasal dari kata Yunani axios yang artinya nilai,manfaat,dan logos yang artinya pikiran,ilmu atauteori. Dalam filsafat Pancasila,disebutkan ada tiga tingkatan nilai,yaitu nilai dasar,nilai instrumental, dan nilai praktis. Nila-nilai dalam Pancasila termasuk nilai etik atau nilai moral merupakan nilai dasar yang mendasari nilai intrumental dan selanjutnya mendasari semua aktivitas kehidupan masyarakat, berbansa, dan bernegara.
3. Implementasi pendidikan pancasila bagi mahasiswa :
a. takwa kepada tuhan yang maha esa, dan saling menghargai antar agama
b. menjunung tinggi sikap tenggang rasa, dan berani membela kebenaran dengan langkah yang tepat
c. saling menghormati hak orang lain
d. menyelesaikan masalah dengan berpikir kritis dan bermusyawarah