Forum Diskusi

Review Perkuliahan

Re: Review Perkuliahan

by Kirana Putri Salsabil -
Number of replies: 0
Luthfi Nurul Hanifah / F0321138
1. Jelaskan substansi Pendidikan Pancasila!
Yang dimaksud dengan mata kuliah pendidikan pancasila adalah usaha untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar mahasiswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki pengetahuan, kepribadian, dan keahlian, sesuai dengan program studinya masing-masing
Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu memberikan kontribusi yang konstruktif dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dengan mengacu kepada nilai-nilai Pancasila.
2. Bagaimana Pancasila jika di tinjau dari aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi?
a. Pancasila ditinjau dari aspek ontologis adalah filsafat yang merupakan upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila. Dasar ontologis Pancasila adalah manusia karena itu juga disebut sebagai dasar antropologis. Hal ini dapat dijelaskan bahwa 5 nilai Pancasila pada hakikatnya adalah manusia.
b. Pancasila ditinjau dari aspek epistemologi. Pancasila secara epistemologi disebut sebagai filsafat yang dimaksud sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan. Hal ini berarti Pancasila telah menjadi sistem suatu ideologi. Oleh karena itu Pancasila harus memiliki unsur rasionalitas terutama dalam kedudukannya sebagai sistem pengetahuan. Pancasila sebagai suatu obyek pengetahuan meliputi masalah sumber pengetahuan dan susunan pengetahuan Pancasila. Sumber pengetahuan yang dimaksud adalah nilai – nilai yang ada pada bangsa Indonesia sendiri. Nilai – nilai itu juga merupakan kausa materialis Pancasila. Pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan memiliki susunan yang bersifat hirarkis dan berbentuk piramida.
c. Pancasila ditinjau dari aspek aksiologi
Secara aksiologis bangsa Indonesia merupakan pendukung nilai – nilai Pancasila. Ada tiga tingkatan nilai dalam filsafat Pancasila, yaitu :
a) Nilai dasar
Asas-asas yang kita terima sebagai dalil yang bersifat mutlak, sebagai sesuatu yang benar atau tidak perlu dipertanyakan lagi.
b) Nilai instrumental
Nilai yang berbentuk norma sosial dan norma hukum yang selanjutnya akan terkristalisasi dalam peraturan dan mekanisme lembaga-lembaga negara
c) Nilai Prakatis
d) Nilai yang sesungguhnya kita laksanakan dalam kenyataan. Nilai ini merupakan batu ujian apakah nilai dasar dan nilai instrumental itu benar-benar hidup dalam masyarakat.

3. Sebagai mahasiswa hal apa yang dapat anda lakukan sebagai wujud implementasi Pendidikan Pancasila?
a) Ketuhanan yang maha Esa
Rajin beribadah sesuai agama dan kepercayaan
b) Kemanusiaan yang adil dan beradab
Menjunjung tinggi dan memberlakukan setiap manusia atau orang lain dengan derajat yang sama dan tidak ada kasta sosial
c) Persatuan Indonesia
Menjunjung nilai nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari
d) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
Menjunjung tinggi nilai keadilan dalam kehidupan bermasyarakat