Diskusi Kelompok

Diskusi

Diskusi

by Melani Damaiyati Subarkah -
Number of replies: 7

1.Pemanasan global dan krisis iklim terjadi akibat perbuatan kita. Asap mobil dan motor, pabrik, pembangkit tenaga listrik, gudang, dan produksi sampah memproduksi beberapa macam gas yang memicu pemanasan global. Kebanyakan bencana alam terjadi akibat sikap kita yang keliru.

2-Mencairnya gletser akan menciptakan banyak masalah bagi manusia dan hewan yang hidup di bumi. Salah satunya adalah kenaikan permukaan laut. Seiring meningkatnya pemanasan global, permukaan laut akan naik sehingga berpotensi menyebabkan banjir.

- Terjadinya Perubahan Iklim. Pola cuaca yang tidak teratur telah menunjukkan efek pemanasan global tersebut. curah hujan dalam bentuk hujan telah diketahui di daerah kutub dan gurun. Peningkatan pemanasan global akan menyebabkan lebih banyak penguapan yang akan menyebabkan lebih banyak hujan. Hewan dan tumbuhan tidak dapat dengan mudah disesuaikan dengan peningkatan curah hujan. Tanaman dapat mati dan hewan dapat bermigrasi ke daerah lain. Ini dapat menyebabkan seluruh ekosistem berubah secara total dan cepat. Diluar kemampuan manusia untuk beradaptasi.

-Meningkat dan meluasnya kekeringan. Meskipun mungkin ada hujan dan banjir di Savannah, kekeringan yang parah terjadi di bagian lain dunia. Ketika suhu hangat, kehidupan kekeringan telah meningkat di bagian barat Amerika Serikat.

In reply to Melani Damaiyati Subarkah

Re: Diskusi

by Mahesti Pertiwi -
Setuju dengan pendapat Melani bahwa disadari maupun tidak disadari manusia merupakan sumber utama penyebab ada pemanasan global dan krisis iklim.
Segala sesuatunya yang terjadi atas dunia ini sudah menjadi kehendak Tuhan. Kehidupan, kematian ,bencana, dan lain sebagainya. Akan tetapi, melihat dari sisi bencana yang kita sebut sebagai pemanasan global dan krisis iklim dapatkah kita simpulkan bahwa manusia tidak ambil bagian didalamnya. Sedangkan manusia sendiri yang menyebabkan adanya asap mobil dan motor, pabrik, pembangkit tenaga listrik, peternakan, dan penumpukan sampah memproduksi beberapa macam gas yang
memicu pemanasan global. Dapat dikatakan sikap kurang peduli manusia semakin meningkatkan potensi pemanasan global dan krisis iklim.
In reply to Mahesti Pertiwi

Re: Diskusi

by Mahesti Pertiwi -
2. Akibat dari terjadinya pemanasan global dan krisis iklim.
Terjadi gagal panen akibat cuaca tidak menentu seperti hujan di musim kemarau atau badai besar dan juga kekeringan di musim penghujan. Permukaan air laut juga semakin naik sehingga jumlah daratan semakin berkurang.
In reply to Mahesti Pertiwi

Re: Diskusi

by Mahesti Pertiwi -
3. Apa yang perlu dilakukan agar pemanasan global dan krisis iklim tidak terjadi.
-mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan transportasi umum. Kemudian apabila dekat mungkin bisa dengan berjalan kaki atau bersepeda.
-mematikan alat elektronik saat sedang tidak digunakan seperti lampu, AC, kipas, komputer, dan sebagainya.
-mengurangi penggunaan kertas atau tissue karena terbuat dari kayu yang apabila penggunaannya meningkat maka semakin banyak pohon yang ditebang.
-memilah sampah, sampah yang masih dapat didaur ulang dapat dimanfaatkan. Sehingga tidak menumpuk terutama untuk sampah plastik yang sulit terurai.
In reply to Mahesti Pertiwi

Re: Diskusi

by Mahesti Pertiwi -
4. Sebagai pemudi kristiani menjaga keutuhan ciptaan Tuhan.
Tuhan menciptakan segala sesuatu di bumi dan segala nya itu adalah milik Nya (Mazmur 24:1) . Kita manusia yang berakal sebagai ciptaan Tuhan harus mampu menciptakan keharmonisan antara kita dan ciptaan Tuhan yang lainnya. Tanpa kita sadari antara manusia dan lingkungan saling bergantung.
Di zaman ini pemikiran manusia yang mementingkan kepentingan sendiri tanpa mempedulikan keberlangsungan alam dengan alasan kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Kita sebagai remaja kristen harus berani menolak pandangan tersebut, bahwa Tuhan telah menganugerahkan segala sesuatu nya untuk kita manfaatkan maka dari itu kita perlu mensyukuri dengan cara menghargai dan menjaganya. Kita diciptakan untuk melakukan pekerjaan yang baik dan memuliakan Dia (Efesus 2:10).


- Mazmur 24:1 Mazmur Daud. TUHANlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya.
- Efesus 2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.
In reply to Mahesti Pertiwi

Re: Diskusi

by Melani Damaiyati Subarkah -
Benar sekali mahesti contohnya seperti sekarang ini padahal ini sedang musim panas tapi setiap sore malah sering hujan .dan cuacanya menjadi panas sekali
In reply to Melani Damaiyati Subarkah

Re: Diskusi

by Melani Damaiyati Subarkah -
3.Hal yg perlu saya lakukan:
-membeli barang hemat energi
-mengurangi berkendara motor dan menggunakan transportasi umum
-mengajak orang lain melestarikan lingkungan
In reply to Melani Damaiyati Subarkah

Re: Diskusi

by Melani Damaiyati Subarkah -
4.Sebagai pemuda Kristiani kita harus menjaga dan melestarikan alam sekitar didalam Kolose 1:16 kita diberitahu bahwa “Allah menciptakan “segala sesuatu” di dalam dan oleh Yesus Kristus.” Pada dasarnya, Alkitab mengajarkan bahwa Yesus adalah Pencipta alam semesta,tempat dimana kita dapat melakukan segala sesuatu yang dengan kehendaknya kita diberikan kepercayaan untuk menjaga kelestarian alam semesta,melestarikan dan menjaga apa yang Tuhan telah percayakan kepada kita sebagai manusia,tugas kita adalah untuk merawat alam yang ada di bumi.Kelestarian alam harus dijaga. Manusia dalam menjalani hidup sangat bergantung pada keadaan alam. Jika alam sekitar baik, manusia akan nyaman dalam menjalani hidup, sedangkan jika rusak akan merasa terancam. Alam semesta juga telah memenuhi segala kebutuhan hidup manusia.