Diskusi 9

Penanganan Surat

Penanganan Surat

by Chairul Huda Atma Dirgatama -
Number of replies: 42

Apa yang saudara pahami dari video praktik penanganan surat masuk dan surat keluar tersebut? Terima kasih

In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Arneta Yolanda Putri -
Yang saya pahami dari video tersebut adalah surat masuk yaitu semua jenis surat yang diterima dari instansi lain maupun perorangan, baik yang diterima melalui pos maupun yang diterimamelalui kurir dengan mempergunakan buku pengiriman/ ekspedisi, sedangkan surat keluar adalah surat yang sudah lengkap (bertanggal, bernomor, berstempel, dan telah ditandatangani. Kemudian teknis menerima surat masuk dan mengarsip surat tersebut dengan baik sedangkan surat keluar adalah surat bersifat kedinasan yang dibuat oleh organisasi atau perusahaan yang dikirim atau ditujukan kepada pihak lain di luar organisasi atau perusahaan, dan saya dapat mengetahui pembuatan surat keluar dengan memperhatikan nomor surat,kode surat dan unsur unsur yg terdapat dalam surat dengan baik benar.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by ilona larasati usman -
Ilona Larasati Usman (V0721044), yang saya pahami dari kedua video tersebut adalah surat masuk merupakan surat yang diterima oleh perusahaan atau organisasi yang berasal dari perusahaan atau organisasi lain. sedangkan kegiatan kearsipan merupakan kegiatan penyimpanan yang dinilai memiliki nilai guna. tujuan dari kegiatan kearsipan adalah untuk memudahkann dalam menemukan kembali surat yang diarsipkan tadi. proses surat masuk ditandai dengan dikirimnya surat oleh kurir, lalu kurir mengisi buku tamu sesuai kolom yang disediakan, surat yang dikirim oleh kurir diterima oleh resepsionis lalu diparaf oleh resepsionis sebagai laporan untuk kurir. lalu surat yang diterima, diberikan kepada pencatat untuk di proses. jika surat telah di proses maka surat beserta kartu kendali warna merah akan diberikan kepada arsiparis kemudian ditukar dengan kartu kendali warna kuning sebagai tanda surat selesai di proses.
surat keluar merupakan surat yang dikeluarkan atau dibuat oleh organisasi kepada pihak lain. surat diketik dan dicetak oleh sekretaris yang kemudian diberikan kepada pimpinan. selanjutnya, surat ditandatangani oleh pemimpin dan dikembalikan kembali kepada sekretaris untuk segera di proses. lalu, surat diberikan kepada pencatat guna dicatat pada buku agenda surat keluar. dimulai dengan pemberian cap pada surat keluar lalu pencatatan pada buku agenda. setelah itu, surat dilipat dan dimasukkan kedalam amplop untuk dikirim beserta kartu kendali diserahkan kepada pengarah. lalu pengarah menyimpan kartu kendali warna putih beserta surat keluar. selanjutnya, pengarah memberikan kartu kendali warna merah untuk disimpan sekretaris. kemudian, surat kedua diberikan kepada arsiparis beserta kartu kendali warna kuning. lalu, sekretaris memberikan surat kepada resepsionis untuk dikirim. dan terakhir, surat diserahkan kepada kurir untuk dikirim.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Zulfa Nur Azizah -
Saya Zulfa Nur Azizah (V0721090), Dari kedua video tersebut saya menjadi lebih paham mengenai proses penanganan pengiriman dan penerimaan surat masuk maupun surat keluar, serta menjadi lebih paham siapa saja yang berperan dan bertanggung jawab terhadap penanganan/pengurusan surat masuk dan surat keluar dalam suatu perusahaan. Selain itu saya juga menjadi tahu tentang hal-hal apa saja yang diperlukan untuk penanganan surat masuk dan surat keluar.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Natalia Dharis Wulanjari -
Dari video yang ada dijelaskan bagaimana urutan dari penerimaan surat masu hingga penyampaian surat masuk.
Surat masuk yang dikirim melalui perantara dan diterima oleh resepsionis lalu diberikan kepada pencatat setelah mengisi buku ekspedisi dan buku surat masuk
Lalu surat dicatat pada buku agenda sesuai dengan kolom pada buku agenda. Jika proses penanganan surat masuk menggunakan kartu kendali maka mengisi surat kartu kendali
Pembuatan surat keluar juga dijelaskan bagaimana urutan dari penyusunan konsep surat keluar hingga pengiriman surat keluar.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Kartika Dwi Aprilia -
Kartika dwi aprilia ( V0721048 ) Yang dapat saya pahami dari vidio penangan surat keluar dan masuk adalah bagaimana cara kita melakukan penerimaan surat masuk dan keluar beserta prosedurnya. Prosedur menerima surat masuk dan keluar dibagi menjadi 2 yaitu penanganan surat masuk dan keluar melalui sistem buku agenda dan penanganan surat masuk dan keluar melalui sistem kartu kendali. Prosedur dan penanganan masing masingnya pun berbeda. Jenis surat masuk adalah surat yang diterima dari instansi melalui perantara kurir atau jasa ekspedisi sedangkan jenis surat keluar adalah surat yang telah lengkap mulai dari tanggal, nomor, stempel, dan telah ditandatangani.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Satria Egie Pamungkas -
Satria Egie Pamungkas (V0721076) dari kedua video tersebut
dapat saya pahami bahwa dalam penanganan surat masuk, serta penanganan surat keluar, ada berbagai tahapan yang harus dilakukan secara sistematis. Kemudian, dalam setiap tahapan terdapat detail-detail yang harus diperhatikan, misalnya pada saat pengisian buku agenda, kartu kendali, dan semacamnya. Hal ini bertujuan agar proses penerimaan dan pengiriman surat dapat berjalan dengan baik.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Ristina Fatimah -
Yang saya paham i dari video tersebut adalahh Surat masuk adalah semua jenis surat yang diterima dari instansi lain maupun perorangan, baik yang diterima melalui pos maupun yang diterimamelalui kurir dengan mempergunakan buku pengiriman/ ekspedisi, sedangkan surat keluar adalah surat yang sudah lengkap (bertanggal, bernomor, berstempel, dan telah ditandatangani
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Josephine Grace Hosiana -
Yang saya pahami dari kedua video tersebut adalah tentang bagaimana alur penerimaan surat yang masuk ke suatu instansi/perusahaan/organisasi serta tentang bagaimana alur ketika pihak instansi/perusahaan/organisasi ingin mengirimkan surat keluar kepada pihak eksternal. Surat masuk adalah surat yang berasal pihak luar/eksternal perusahaan yang diterima oleh suatu instansi/perusahaan/organisasi. Sedangkan untuk sura keluar adalah surat yang surat yang dibuat dan dikeluarkan oleh suatu instansi/perusahaan/organisasidan dikirim ke pihak luar/eksternal organisasi. Semua surat-surat tersebut, baik surat masuk ataupun keluar akan diarsipkan oleh arsiparis supaya memudahkan dalam melakukan pengarsipan surat serta bertujuan untuk memudahkan arsiparis dalam menemukan kembali surat yang telah diarsipkan tadi.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Harry Syirajuddin Amien -
Yang saya pahami dari vidio tersebut adalah Pengolahan surat masuk perusahaan. Surat masuk merupakan surat yang diterima perusahaan dari seseorang atau perusahaan lain. sedangkan kearsipan adalah penyimpanan berkas yang dinilai memiliki nilai guna tujuanya adalah untuk mempermudah menemukan berkas. Tata cara surat masuk kurir memberikan surat ke resepsionis, kemudian diberikan ke pencatat, surat dicatat di buku agenda sesuai dengan kolom, kemudian surat diberikan ke pengarah untuk diperiksa, setelah itu diberikan ke sekretaris, diserahkan ke pimpinan untuk diproses, kemudian diantar ke pelaksana, kemudian arsiparis mencatat ke buku catatan arsip. Sedangkan Surat keluar merupakan surat yang dibuat oleh organisasi kepada pihak lain. tata cara : surat keluar diketik oleh sekertaris kemudian diberikan kepada pimpinan untuk ditandatangani kemudian dikembalikan ke sekertaris dan diproses, setelah itu diberikan kepada pencatat untuk di agendakan ,kemudian dilanjutkan pengisian surat ke buku agenda sesuai dengan kolom, setelah itu dilipat dan dimasukan ke amplop untuk dikirim surat lainya di serahkan ke pengarah, kemudian pengarah memberikan kartu kendali merah untuk disimpan sekretaris, surat kedua diberikan ke arsiparis, selanjutnya sekretaris memberikan surat kerepsionis yang akan dikirim oleh kurir.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Niswah Nur Laili -
Dari video tersebut, secara garis besar dapat saya simpulkan bahwa:

Proses penanganan surat masuk meliputi :
1. Menerima surat masuk
2. Menyortir surat masuk
3. Menetapkan dan menentukan arah surat
4. Menggolong-golongkan surat atas dasar sifatnya
5. Mencatat surat dalam rangka mengendalikan informasinya
6. Menyampaikan surat kepada unit pengolah

Proses pengiriman surat keluar meliputi:
1. Melakukan pengetikan net konsep surat keluar
2. Memintakan pengesahan surat keluar kepada Pimpinan
3. Memintakan penomoran dan cap dinas surat keluar kepada petugas pengendali di Unit Kearsipan
4. Menyerahkan surat keluar kepada petugas pengendali di Unit Kearsipan untuk dikendalikan dan dikirim
5. Pada Unit Pengolah menerima pertinggal surat keluar, Kartu Kendali Surat Keluar (KKSK) merah dan Kartu Kendali(KK) kuning diparaf serta disimpan di Unit Kearsipan.

Di dalam video tersebut juga sangat rinci dijelaskan langkah-langkah langsung sehingga memudahkan saya untuk memahami alur dari surat masuk dan keluar itu sendiri.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Fifi pramesti septianingrum -
yang saya pahami dari video praktik penanganan surat masuk dan keluar di atas yakni surat masuk ialah surat yang berasal dari perusahaan atau organisasasi yang dikirim melalui jasa pengiriman , surat keluar ialah surat yang sudah lengkap yang berisi tanggal, bernomor dan bertandatangan. Selanjutnya kegiatan pengarsipan yakni bertujuan untuk menemukan surat yang masuk tadi. Teknis penerimaan surat masuk antara lain Menerima surat masuk. Mensortir surat masuk kemudian menetapkan dan menentukan arah surat lalu mengolongkan-golongkan surat atas dasar sifatnya. mencatat surat dalam rangka mengendalikan informasinya. Dan terakhir menyampaikan surat kepada unit pengolah. Untuk surat keluar hal yang harus di perhatikan ialah nomor surat dan unsur yang ada di dalamnya pastikan sudah baik dan benar.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Pavita Salma Azzahra -
Saya dapat memahami pengertian dari surat masuk dan keluar. Surat masuk adalah surat yang diterima oleh suatu perusahaan atau organisasi yang berasal dari pihak lain, baik itu perorangan maupun perusahaan. Surat keluar adalah surat yang dibuat atau dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau organisasi untuk diberikan kepada pihak lain, baik kepada perorangan maupun perusahaan. Tujuan surat masuk yaitu sebagai alat komunikasi, wakil dari penulis, alat bukti historis, dan sebagai pedoman pelaksanaan kerja. Sedangkan surat keluar bertujuan sebagai alat tata usaha, wakil penulis, dan media komunikasi tertulis. Selain itu saya juga dapat memahami bagaimana prosedur dan tahapan tahapannya.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Fachrizka Aullia -
Fachrizka Aullia (V0721032)
Kedua video tersebut membahas tentang surat masuk dan surat keluar. Surat masuk ditandai dengan dikirimnya surat oleh kurir, lalu kurir mengisi buku tamu sesuai kolom yang disediakan, surat yang dikirim oleh kurir diterima oleh resepsionis lalu ditandatangani oleh resepsionis sebagai laporan untuk kurir. Kemudian surat yang telah diterima, diberikan kepada pencatat untuk di proses. Apabila surat telah di proses maka surat dan kartu kendali warna merah akan diberikan kepada arsiparis lalu ditukar dengan kartu kendali warna kuning sebagai tanda surat tersebut telah selesai di proses.
Surat keluar ditandai dengan diketik dan dicetak oleh sekretaris yang kemudian diberikan kepada pimpinan. Kemudian, surat ditandatangani oleh pemimpin dan dikembalikan kembali kepada sekretaris untuk segera di proses. Setelah itu surat diberikan kepada pencatat agar dicatat pada buku agenda surat keluar. Dari pemberian cap pada surat keluar lalu pencatatan pada buku agenda. Setelah itu, surat dilipat dan dimasukkan kedalam amplop untuk dikirim beserta kartu kendali diserahkan kepada pengarah. Kemudian pengarah menyimpan kartu kendali warna putih dan surat keluar. Berikutnya, pengarah memberikan kartu kendali warna merah untuk disimpan sekretaris. Lalu, surat kedua diberikan kepada arsiparis beserta kartu kendali warna kuning. Dan sekretaris memberikan surat kepada resepsionis untuk dikirim serta yang terakhir surat diserahkan kepada kurir untuk dikirim.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Fajar Aknan Kurniawan -
Yang dapat saya pahami dari kedua video tersebut adalah dalam penanganan surat masuk dan keluar ada tata cara yang harus dilakukan sesuai dengan standar operasional yang ada. Dari hal tersebut saya menjadi llebih memahami bagaimana prosedur yang dilakukan para staf dalam menanngani surat masuk maupun surat keluar. Lalu ada beberapa poin-poin yang perlu diperhatikan dalam penanganan surat masuk dan surat keluar yang tidak boleh dilewatkan dalam prosesnya.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Abraham Yulis Febrian -
Dari kedua video diatas tentang praktik menangani surat masuk dan surat keluar, saya dapat memahami bagaimana cara menangani surat yang masuk maupun yang keluar, kemudian peran masing-masing dalam menangani, kemudian tata cara yang baik dalam menangani surat yang masuk dan keluar. Ada 2 cara dalam menangani surat yang masuk dan kelaur yaitu melalui sistem buku agenda dan melalui sistem kartu kendali. Prosedur dan penanganan masing masingnya pun berbeda. Jenis surat masuk adalah surat yang diterima dari instansi melalui perantara kurir atau jasa ekspedisi sedangkan jenis surat keluar adalah surat yang telah lengkap mulai dari tanggal, nomor, stempel, dan telah ditandatangani.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Mochamad Ali Maulana Santoso -
dari kedua video tersebut saya jadi paham bahwa surat masuk merupakan surat yang diterima oleh perusahaan atau organisasi yang berasal dari seseorang atau dari organisasi lainnya. sedangkan kegiatan kearsipan merupakan kegiatan penyimpanan warkat. kemudian tujuan dari
kegiatan kearsipan adalah untuk memudahkan dalam menemkan kembali warkat yang sudah di arsipkan tadi. pada awal proses surat masuk ditandai dengan dikirimkanya surat oleh kurir dan mengisi buku tamu. proses pencatatan di awali dengan membuka surat dan mencatat yang tercatat pada surat ke buku agenda surat masuk. kemudian dilanjutkan dengan pengisian kartu kendali sebanyak 3 lembar. setal selesai surat diberi cap sebagai tanda sudah selesai dicatat. setelah itu surat yang sudah diproses diberikan kepada pengarah dengan tujuan pemeriksaan dan penyimpanan kartu kendali warna putih. selanjutnya surat diproses dengan pengisian lembar disposisi oleh pimpinan.untuk surat keluar, pertama-tama surat di ketik dan di cetak oleh sekretaris dan kemudian diberikan kepada pimpinan dan ditandatangani oleh pimpinan dan kemudian dikembalikan kesekretaris agar segera diproses, setelah surat disetujui surat diberikan kepada bagian
pencatat. setelah itu surat di berikan kepada resepsionis dan dikirimkan oleh kurir.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Sekar Pandanwangi -
Dari video tersebut saya memahami surat masuk merupakan surat yang diterima oleh perusahaan yang berasal dari seseorang atau organisasi, sedangkan surat keluar merupakan surat yang dibuat atau di keluarkan oleh organisasi tersebut, selain itu saya juga memahami penanganan surat masuk dan kearsipan surat masuk dimulai dari kurir mengantar surat, mengisi buku tamu, mengisi buku ekspedisi, surat di proses, pencatatan surat di buku agenda serta pengisian kartu kendali, kemudian surat di cap, surat di berikan ke pengarah, pimpinan mengisi lembar disposisi dan penukaran surat dan kartu kendali. Dan memahami penanganan surat keluar dan kearsipan surat keluar dari sekertaris membuat surat, surat di berikan ke pimpinan, surat di berikan ke pencatat, pengisian buku agenda dan kartu kendali, surat di lipat dan di masukkan ke amplop, surat di berikan ke pengarah, penyimpanan surat di kotak arsip dan penyerahan surat ke resepsionis, kemudian penyerahan oleh kurir
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by RAHMA DIAN FITRIANA -
Rahma Dian Fitriana (V0721070) dari video praktik penanganan surat, yang dapat saya pahami adalah tata cara penanganan saat surat masuk di awali dengan pengiriman surat oleh kurir kemudian di sampaikan ke receptionist lalu diberikan kepada pencatat kemudian di berikan kepada pengarah jika sudah di proses akan di berikan ke sekretaris dan akan di sampaikan kepada pimpinan kemudian oleh sekretaris akan diberikan ke arsiparis untuk di simpan serta untuk di menukar surat kendali warna merah ditukar dengan warna kuning dan proses surat telah selesai, dan mengetahui proses saat surat keluar, surat akan ditulis dan dicetak oleh sekretaris kemudian diberikan kepada pimpinan lalu diberikan ke pencatat setelah itu surat di masukan ke amplop , lalu surat akan diberikan ke resepsionis dan di kirim oleh kurir. Dari video tersebut saya menjadi lebih paham dan lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus di perhatikan.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Tahta Asmaul Husna -
Tahta Asmaul Husna (V0721082) dari video tersebut saya dapat memahami bagaimana urutan menangani surat masuk maupun surat keluar, ada beberapa detail yang harus diperhatikan dan ada tahapan yang harus dilakukan secara sistematis. Di video tersebut menjelaskan siapa saja yang berperan dalam penanganan surat masuk dan surat keluar. Dari video tersebut juga sudah dijelaskan langkah-langkah nya secara rinci sehingga mudah untuk dipahami. Terima kasih.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Sindy Diah Nur Hapsary -
Sindy Diah Nur Hapsary (V0721080)
Dari video tersebut saya dapat memahami cara menerima surat masuk dan mengirim surat keluar sesuai dengan prosedurnya. Prosedur dalam menerima surat masuk dan keluar dibagi menjadi 2, yang pertama ialah penanganan surat masuk dan keluar melalui sistem buku agenda, sedangkan yang kedua ialah penanganan surat masuk dan keluar melalui sistem kartu kendali.
Disamping cara menerima dan mengirim surat, saya juga dapat memahami siapa saja yang bertanggung jawab dalam menangani surat masuk maupun surat keluar tersebut.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Giwang Fajar Sofyana -
Giwang Fajar Sofyana (V0721040)
Yang saya pahami dari video praktik penanganan surat masuk dan surat keluar tersebut adalah:

Surat masuk merupakan surat yang diterima oleh perusahaan atau organisasi yang berasal dari seseorang atau dari suatu organisasi lainnya.
Tata cara pengolahan/penanganan surat masuk:
1. Pada awal proses surat masuk ditandai dengan dikirimnya surat oleh kurir. Lalu kurir menuju resepsionis. Kurir mengisi buku tamu sesuai kolom yang disediakan.
2. Surat yang dikirim oleh kurir kemudian diterima oleh resepsionis. Surat yg telah diterima selanjutnya diparaf oleh resepsionis yg selanjutnya digunakan sebagai laporan oleh kurir. Resepsionis menandatangani buku ekspedisi.
3. Surat yang telah diterima, kemudian diserahkan kepada pencatat untuk diproses. Pencatatan surat ke buku agenda, diisi sesuai kolom yang ada.
4. Kemudian dilanjutkan dengan pengisian kartu kendali sebanyak 3 lembar, sesuai dengan kolom yang disediakan.
5. Setelah surat dicatat dalam kartu kendali, kemudian surat diberi cap sebagai tanda surat sudah selesai dicatat.
6. Surat yang telah selesai diproses oleh pencatat diberikan kepada pengarah dengan tujuan pemeriksaan dan penyimpanan kartu kendali warna putih oleh pengarah.
7. Surat diserahkan oleh sekretaris dan melampirkan lembar disposisi.
8. Selanjutnya surat diproses dengan pengisian lembar disposisi oleh pimpinan.
9. Surat diantar ke pelaksana sesuai dengan disposisi. Jika sudah selesai, lembar disposisi akan disimpan oleh pelaksana.
10. Sekretaris memberikan kartu kendali warna kuning kepada arsiparis untuk disimpan sesuai kode.
11. Arsiparis mencatat ke buku catatan arsip. Lalu kartu kendali disimpan di laci kartu kendali.
12. Apabila surat sudah selesai diproses. Maka surat beserta kartu kendali warna merah akan diberikan kepada arsiparis. Kemudian ditukar dengan kartu kendali warna kuning, sebagai tanda surat selesai diproses.
13. Arsiparis menyimpan surat dengan sistem yang digunakan dan sesuai dengan klasifikasinya.

Surat keluar merupakan surat yang dikeluarkan atau dibuat oleh suatu organisasi kepada pihak lain.
Tata cara pengolahan/penanganan surat keluar:
1. Surat diketik dan dicetak oleh sekretaris.
2. Surat diberikan kepada pimpinan untuk ditanda tangani yang kemudian dikembalikan kepada sekretaris untuk segera diproses.
3. Setelah surat disetujui oleh pimpinan, surat diberikan kepada bagian pencatat guna dilakukan pencatatan surat ke buku agenda surat keluar.
4. Pengisian surat ke buku agenda sesuai dengan kolom yang ada.
5. Pengisian kartu kendali sebanyak tiga lembar sesuai dengan kolom yang disediakan.
6. Setelah itu, satu surat dilipat dan dimasukkan ke dalam amplop untuk dikirim. Kemudian, satu surat yang lain beserta kartu kendali diserahkan kepada pengarah.
7. Pengarah menerima surat dan kartu kendali dan menyimpan kartu kendali warna putih. Selanjutnya, pengarah memberikan kartu kendali warna merah untuk disimpan sekretaris.
8. Surat kedua atau tindasan diberikan kepada arsiparis untuk disimpan sesuai dengan sistem yang digunakan. Dan menyimpan surat di kotak arsip.
9. Sekretaris memberikan surat kepada resepsionis untuk selanjutnya dikirim oleh kurir.
10. Surat dikirimkan oleh kurir.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Triazmi Maharani Nona Kahpitalia -
Triazmi Maharani Nona Kahpitalia (V0721084) yang dapat saya pahami dari kedua video tersebut baik dalam penanganan surat masuk (mulai dari penerimaan surat dari kurir hingga pemrosesan selanjutnya) serta penanganan surat keluar (proses pembuatan surat hingga penyerahan ke kurir dan seterusnya) terdapat tahapan-tahapan yang harus diikuti secara runtut serta sistematis. Dalam setiap tahapannya terdapat detail-detail yang harus kita perhatikan, misalnya pada saat pengisian buku agenda, kartu kendali, dan hal lain semacamnya. Tujuan dari adanya detail pengisian tersebut yaitu agar proses penerimaan dan pengiriman surat dapat berjalan seperti yang diharapkan.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Muhammad Luqman Alfaruq -
dari dua video tersebut saya dapat memahami bahwa,
surat masuk merupakan surat yang diterima oleh perusahaan atau organisasi yang berasal dari perusahaan atau organisasi lain. sedangkan kegiatan kearsipan merupakan kegiatan penyimpanan yang dinilai memiliki nilai guna. tujuan dari kegiatan kearsipan adalah untuk memudahkann dalam menemukan kembali surat yang diarsipkan tadi.
surat keluar merupakan surat yang dikeluarkan atau dibuat oleh organisasi kepada pihak lain. surat diketik dan dicetak oleh sekretaris yang kemudian diberikan kepada pimpinan. selanjutnya, surat ditandatangani oleh pemimpin dan dikembalikan kembali kepada sekretaris untuk segera di proses. lalu, surat diberikan kepada pencatat guna dicatat pada buku agenda surat keluar.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Arinda Daswita Cahayani -
Arinda Daswita Cahayani (V0721014)
Surat masuk merupakan surat yang diterima oleh suatu organisasi atau instansi yang berasal dari seseorang atau organisasi lain. Cara penanganan surat masuk meliputi :
- Kurir menuju resepsionis
- Kurir mengisi buku tamu
- Kurir menyerahkan surat kepada resepsionis
- Kurir mengeluarkan buku ekspedisi sebagai bukti surat
- Surat yang diterima lalu di paraf resepsionis
- Resepsionis memberikan surat kepada pencatat
- Proses pencatatat dilakukan pada buku agenda, dimulai dari pencatatan informasi
- Surat dilampiri kartu kendali sebanyak tiga lembar
- Surat dibubuhi cap, sebagai bukti surat telah tercatat
- Setelah dicatat, surat yang telah selesai diproses, diberikan kepada pengarah dengan tujuan pemeriksaan
- Surat diberikan kepada sekretaris
- Lalu sekretaris menyertakan lembar disposisi
- Pimpinan mengisi lembar disposisi
- Surat diantarkan kepada pelaksana sesuai disposisi
- Arsiparis mencatat ke buku catatan arsip
- Setelah selesai, surat diberikan kepada arsiparis dan digantikan dengan kartu kendali sebagai bukti surat selesai diproses
- Surat di simpan oleh arsiparis sesuai dengan klasifikasinya

Surat keluar adalah surat yang dibuat dan dikeluarkan oleh organisasi dan di kirim ke pihak lain , baik perorangan maupun kelompok. Penanganan surat keluar meliputi :
- Sekretaris membuat surat, kemudian diberikan kepada pimpinan
- Setelah surat disetujui pimpinan, lalu diberikan kepada pencatat untuk dicatat surat keluar
- Surat diberi cap perusahaan, kemudian dicatat di buku agenda sesuai dengan kolom yang ada
- Pengisian kartu kendali surat keluar sebanyak tiga lembar
- Surat dilipat, lalu dimasukkan ke amplop, surat lainnya dengan kartu kendali disimpan
- Surat diberikan kepada pengarah
- Pengarah memberikan kartu kendali warna merah kepada sekretaris untuk disimpan
- Kartu kendali warna kuning disimpan oleh arsiparis
- Sekretaris memberikan surat kepada resepsionis untuk dikirimkan oleh kurir
- Lalu kurir mengantarkan surat
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Kepthi Aristhi -
yang saya pahami dari video tersebut adalah bagaiamana penanganan surat masuk mulai dari kurir mauapun jasa pengiriman lainnya sampai kepada arsiparis, begitupun dengan surat keluar yaitu mualia dari surat diketik dan dicetak oleh sekretaris sampai berada di tangan kurir maupun jasa pengiriman lainnya untuk diantar ke lembaga atau perorangan yang dituju.dimana surat masuk sendiri merupakan surat yang diterima oleh suatu organisasi atau instansi yang berasal dari seseorang atau organisasi,surat keluar surat yang dibuat untuk diberikan ke pada organisasi maupun seseorang yang di tuju untuk menrima surat tersebut.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Devina Ratih Syaharani -
Dari video tadi dapat dipahami mekanisme dalam penerimaan surat masuk dan membuat surat keluar.
Surat masuk adalah surat yang diterima suatu perusahaan atau organisasi yang berasal dari perusahaan atau organisasi lainnya.
Mekanisme surat masuk :
1. Kurir mengisi buku tamu
2. Surat diterima oleh resepsionis dan diparaf terlebih dahulu sebagai laporan untuk kurir
3. Surat yang telah diterima diberi ke pencatat untuk diproses
4. Proses pencatatan diawali dengan membuka surat dan mencatat informasi yang terdapat dalam surat ke buku agenda surat masuk
5. Dilanjtkan mengisi kartu kendali sebanyak 3 lembar sesuai kolom yang disediakan
6. Surat di cap sebagai tanda bahwa surat sudah selesai dicatat
7. Surat diberikan kepada Pengarah dan menyimpan kartu kendali bewarna putih
8. Pengarah memberikan surat kepada Sekertaris lalu memberikanya kepada Pimpinan dan Pimpinan mengisi lembar disposisi lalu sekertaris memberikannya ke Pelaksana
9. Sekertrais mengambil kartu kendali warna kuning untuk diberikan kepada arsiparis
10. Apabila sudah selesai, kartu pengendali warna merah diberikan kepada arsiparis lalu diganti dengan kartu kendali warna kuning sebagai tanda surat selesai diproses
11. Arsiparis menyimpsn durat dengan sistem yang diberikan

lalu untuk untuk pengertian surat keluar adalah surat yang dikeluarkan oleh suatu perusahan/organisasi kepada pihak lain.
Mekanisme surat keluar :
1. Sekertaris diketik dan di cetak lalu diberikan kepada Pimpinan
2. Surat ditanda tangani oleh Pimpinan lalu dikembalikan lagi ke Sekertaris untuk segera di proses
3. Surat diberikan kepada Pencatat untuk dicatat dalam agenda surat keluar
4. Proses pencatatan dimulai dengan pemberian cap perusahaan, pengisian surat ke buku agenda, pengisan kartu kendali 3 lembar, lalu surat dilpat dimasukkan amplot sedangkan surat satunya beserta kartu kendali diserahkan kepada Pengarah
5. Pengarah menerima surat dan menyimpan kartu kendali warna putih
6. Pengarah memeberikan kartu kendali warna merah untuk disimpan ke sekertaris
7. Surat kedua (tindasan) diberikan Sekertaris kepada Arsiparis untuk disimpan
8. Sekertaris memberikan surat kepada Resepsionis lalu dikirimkan melalui kurir
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Winda Nur Pawestri -
Penanganan surat masuk
Surat masuk adalahsurat yang diterima dari instansi lain maupun perorangan, baik yang diterima melalui pos maupun yang diterima melalui kurir. Pada awal penerimaan surat masuk ditandai dengan adanya pengiriman surat dari pihak luar melalui kurir. Kurir kemudian mengisi buku tamu yang disediakan. Surat yang dikirimkan oleh kurir kemudian diterima oleh pihak resepsionis. Surat yang telah diterima kemudian di paraf oleh resepsionis guna laporan untuk kurir bahwa surat telah diterima oleh pihak yang bersangkutan. Setelah surat diterima kemudian diberikan kepada pencatat untuk di proses. Selanjutnya surat di proses dengan cara dibuka dan dibaca apa isinya kemudian isi surat dimasukkan ke dalam buku agenda surat. Kemudian pengisian kartu kendali sebanyak 3 rangkap sesuai dengan kolom yang telah disediakan. Setelah surat selesai dicatat ke dalam buku kendali surat diberi cap sebagai tanda bahwa surat tersebut telah melalui proses pencatatan. Selsai dari pencatat kemudian surat diberikan kepada pengarah dengan tujuan pemeriksaan dan penyimpanan kartu kendali warna putih. Setelah surat selesai diperiksa, surat diberikan kepada sekretaris yang kemudian diberikan kepada pimpinan guna pengisian lembar disposisi oleh pimpinan. Pengisian lembar disposisi disesuaikan dengan kolom yang telah disediakan. Selanjutnya surat diperiksa oleh pihak pelaksana yang kemudian kartu kendali warna kuning akan diambil oleh sekretaris guna pengarsipan surat. Setelah itu kartu kendali warna merah dan surat ditukar dengan kartu kendali warna kuning yang telah diarsip tadi guna menunjukkan bahwa surat telah selesai diproses. Kemudian arsiparis menyimpan surat sesuai dengan sistem pengarsipan surat.
Penanganan surat keluar
Surat keluar adalah surat yang dibuat oleh organisasi atau perusahaan yang dikirim atau ditujukan kepada pihak lain di luar organisasi atau perusahaan. Pada awalnya surat diketik dan dicetak oleh sekretaris yang kemudian diberikan kepada pimpinan. guna untuk ditandatangani dan segera di proses kembali oleh sekretaris. kemudian surat diberikan kepada pencatat guna dicatat pada buku agenda surat keluar. dimulai dengan pemberian cap pada surat keluar lalu pencatatan pada buku agenda. setelah itu, surat dilipat dan dimasukkan kedalam amplop untuk dikirim beserta kartu kendali diserahkan kepada pengarah. selanjutnya pengarah menyimpan kartu kendali warna putih beserta surat keluar. kemudian pengarah memberikan kartu kendali warna merah untuk disimpan sekretaris. setelah itu surat kedua diberikan kepada arsiparis beserta kartu kendali warna kuning. lalu, sekretaris memberikan surat kepada resepsionis untuk dikirim. dan terakhir, surat diserahkan kepada kurir untuk dikirim.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Astri Nurbaiti -
Yang dapat Saya pahami dari kedua video tersebut baik dalam penanganan surat masuk (mulai dari penerimaan surat dari kurir hingga pemrosesan selanjutnya) serta penanganan surat keluar (proses pembuatan surat hingga penyerahan ke kurir dan seterusnya) terdapat tahapan-tahapan yang harus diikuti secara runtut serta sistematis. Dalam setiap tahapannya terdapat detail-detail yang harus kita perhatikan, misalnya pada saat pengisian buku agenda, kartu kendali, dan hal lain semacamnya. Tujuan dari adanya detail pengisian tersebut yaitu agar proses penerimaan dan pengiriman surat dapat berjalan seperti yang diharapkan.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Adnan Dwi Fanani -
Dari menyimak dan memaham video saya memahami penanganan surat masuk dan surat keluar. Dalam pengelolaan surat masuk diperlukan langkah-langkah yang
baik dan sistematis. Adapun pengelolaan surat masuk adalah Penerimaan, Penyortiran, Pencatatan, Mengagendakan Surat Masuk, Pengarahan dan Penerusan, Penyampaian Surat, Penggandaan Surat, dan Arsip Surat Masuk. Sedangkan Surat Keluar merupakan surat yang lengkap (bertanggal, bernomor, berstempel dan
ditandatangani oleh pejabat yang berwenang) yang dibuat oleh suatu instansi
atau lembaga lain. Surat keluar biasanya dikirim melalui pos atau kurir. Adapaun prosedurnya yaitu Pembuatan konsep surat, Pengetikan, Mengetik surat dalam bentuk akhir, Penandatanganan, Pencatatan, Pengiriman surat, Penyimpanan surat.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Ayu Wulandari -
yang saya pahami dari kedua video tersebut adalah surat masuk merupakan surat yang diterima dari instansi lain, dan kearsipan adalah penyimpanan berkas yang dinilai memiliki nilai guna yang bertujuan untuk mempermudah menemukan berkas. Tata cara surat masuk, kurir memberikan surat kepada resepsionis, resepsionis kemudian memberikan kepada pencatat, surat dicatat di buku agenda sesuai dengan kolom yang tersedia, kemudian surat diberikan kepada pengarah untuk diperiksa, setelah diperiksa, surat diberikan kepada sekretaris, setelah itu sekretaris menyerahkan kepada pimpinan untuk diproses, yang kemudian diantarkan kepada pelaksana, setelah itu arsiparis mencatat ke buku catatan arsip.
Surat keluar di ketik kemudian diberikan kepada pimpinan untuk dimintakan tanda tangan, kemudian diberikan kepada sekretaris untuk dilakukan tindak lanjut. Surat diberikan kepada bagian pencatatan untuk dilakukan pencatatan pada buku agenda yang di awali dengan pemberian cap perusahaan pada surat keluar, kemudian pengisian surat ke buku agenda, tulis alamat penerima, tanggal, nama surat, dan perihal surat. Kemudian pengisian kartu kendali sebanyak 3 lembar yang menyesuaikan dengan kolom. Setelah selesai surat dilipat dan dimasukkan ke dalam amplop. Surat diberikan kepada pengarah, kemudian pengarah memberikan kartu kendali warna merah kepada sekretaris untuk disimpan, surat kedua diberikan kepada arsiparis untuk dilakukan peng arsipan sesuai dengan sistem yang digunakan. Yang terakhir sekretaris memberikan surat kepada resepsionis untuk diserahkan kepada kurir dan dilakukan pengiriman
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Dynna Hidayah -
Dynna Hidayah (V0721026), dari video praktik penangan surat tersebut saya memahami dalam proses atau alur penanganan surat dibedakan antara surat masuk dan surat keluar. Surat masuk merupakan surat yang diterima oleh perusahaan dari instansi lain. Proses atau alur dari penanganan surat keluar dimulai dari penerimaan surat oleh resepsionis melalui kurir sampai dengan surat disimpan sebagai arsip oleh arsiparis. Sedangkan surat keluar merupakan surat yang dibuat oleh perusahaan untuk dikirim kepada instansi lain. Penanganan surat keluar bermula dari pembuatan surat oleh sekretaris atas persetujuan pimpinan sampai dengan penyimpanan salinan surat oleh arsiparis dan surat asli diberikan kepada resepsionis untuk dikirim melalui kurir. Dalam penangan surat masuk maupun surat keluar diperlukan buku agenda surat untuk mencatat informasi surat serta kartu kendali rangkap tiga sebagai pengontrolnya. Pada penanganan surat masuk maupun keluar juga melibatkan pencatat yang biasa disebut agendaris yang bertugas mencatat informasi yang ada di dalam surat sesuai isi surat, pengarah surat, dan arsiparis yang bertugas dalam menyimpan atau mengarsip surat.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Elsa Alfifiana Fayza -
Dari kedua video tersebut tentang penanganan surat masuk dan keluar, sayamenjadi lebih paham mengenai proses penanganan pengiriman dan penerimaan surat masuk maupun surat keluar, serta menjadi lebih paham siapa saja yang berperan dan bertanggung jawab terhadap penanganan/pengurusan surat masuk dan surat keluar dalam suatu perusahaan. Selain itu saya juga menjadi tahu tentang hal-hal apa saja yang diperlukan untuk penanganan surat masuk dan surat keluar.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Farah Adiba -
dari video tersebut yang bisa saya pahami adalah surat masuk yaitu surat yang diterima oleh perusahaan atau organisasi yang berasal dari organisasi maupun perusahaan lain, dan kegiatan, dengan proses surat dikirim melalui kurir, kemudian kurir mengisi kolom yang kemudian diterima oleh resepsionis sebagai tanda laporan untuk kurir. sedangkan surat keluar merupakan surat yang di keluarkan / dibuat oleh perusahaan maupun organisasi lain, dalam video tersebut juga dijelaskan bagaimana surat di ketik dan dicetak sesuai prosedur pembuatan dan urutan pembuatan surat keluar dari konsep sampai proses pengiriman surat keluar
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Lilis Handayani -
Dari Video di atas, surat masuk ialah surat yang yang dikirim oleh instansi lain atau orang lain ke perusahaan kita. Dalam penanganannya dibagi menjadi w yaitu sistem buku agenda dan kartu kendali. Pada video, sistem yang digunakan adalah sistem kartu kendali. Hal ini berakibat surat masuk akan diproses menggunakan kartu kendali 3 rangkap. Adapun untuk prosedur penanganan surat masuk menggunakan sistem kartu kendali dapat dilihat pada video di atas.

Dari video kedua, surat keluar adalah surat yang dibuat organisasi untuk perusahaan lain atau orang lain. Pada video, pembuatan surat keluar sudah sangat jelas dan dapat dimengerti. Surat keluar yang dibuat rangkap 2 guna untuk mengirim surat ke instansi lain dan disimpan untuk organisasi sendiri. Adapun hal yang diperhatikan adalah pemberian cap perusahaan, pengisian agenda keluar sesuai surat keluar. Dan jika menggunakan kartu kendali, menggunakan 3 rangkap. Putih untuk disimpan pengarah. Merah untuk disimpan sekretaris, dan kuning untuk Arsiparis beserta surat keluar yang kedua.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Ridha Nur Ramadhani -
Dari video praktik penanganan surat masuk dan surat keluar tersebut, saya dapat memahami terkait prosedur dan pihak-pihak yang berperan dalam penanganan surat masuk dan surat keluar. Dalam penanganan surat masuk dan surat keluar harus memperhatikan dan melakukan pengolahan surat secara tertata dan berurutan. Pada penanganan surat masuk dimulai dari kurir mengirimkan surat kepada alamat tujuan, kemudian surat akan diterima oleh resepsionis dan kurir mengisi buku tamu, hingga tahapan yang terakhir penyimpanan surat masuk tersebut sesuai dengan klasifikasi surat. Sedangkan pada penanganan surat keluar dimulai dari pembuatan surat keluar oleh sekretaris yang kemudian diberikan kepada pimpinan untuk ditandatangani, hingga pada tahap terakhir yaitu pemberian surat dari sekretaris kepada resepsionis untuk selanjutnya dikirim oleh kurir ke alamat tujuan surat keluar terbebut.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Anjelita Dwi Rahayu -
Yang dapat saya pahami dari kedua video tersebut yaitu Surat Masuk merupakan surat yang diterima oleh perusahaan yang berasal dari suatu organisasi. Kegiatan kearsipan merupakan kegiatan penyimpanan yang dinilai memiliki nilai guna. Tata cara penanganan surat keluar yaitu kurir mengisi buku tamu, surat yang dikirim kurir kemudian diberikan kepada resepsionis, setelah diterima kemudian diparaf oleh resepsionis yang nantinya digunakan laporan oleh kurir, kemudian surat diberikan kepada pencatat untuk diproses, pencatat mencatat informasi ke buku agenda surat masuk kemudian dilanjutkan menulis kartu kendali sebanyak 3 lembar kemudian diberi cap sebagai tanda sudah dicatat, dari pencatat kemudian diberikan kepada pengarah untuk diperiksa dan penyimpanan kartu kendali warna putih, dari pengarah surat diberikan kepada sekretaris kemudian sekretaris melampirkan lembar disposisi, kemudian diberikan kepada pimpinan kemudian mengisi lembar disposisi, kemudian proses pengolahan surat oleh pelaksana lembar disposisi disimpan pelaksana, sekretaris mengambil kartu kendali warna kuning untuk diberikan kepada arsiparis, jika surat sudah selesai diproses maka surat dan kartu kendali warna merah diberikan kepada arsiparis kemudian ditukar dengan kartu warna kuning sebagai tanda surat sudah diproses, dan yang terakhir surat disimpan oleh arsiparis.
Surat keluar merupakan surat yang dikeluarkan atau dibuat oleh organisasi kepada pihak lain. Tata cara penanganan surat keluat yang pertama surat diketik dan dicetak oleh sekretaris kemusian diberikan kepada pimpinan, pimpinan menandatangani surat tersebut kemudian dikembalikan kepada sekretaris untuk segera diproses, setelah surat disetujui oleh pimpinan surat diberikan kepada pencatat guna dilakukan pencatatan surat ke buku agenda surat keluar, kemudian dilanjut megisi kartu kendali sebanyak 3 lembar, kemudian surat dilipat dimasukkan ke dalam amplop untuk dikirim, kemudian satu surat lainnya beserta kartu kendali diserahkan kepada pengarah, pengarah menyimpan kartu kendali warna putih kemudian pengarah memberikan kartu kendali warna merah ke sekretaris, kemudian surat kedua atau tindasan diberikan kepada arsiparis untuk disimpan, selanjutnya sekretaris memberikan surat kepada resepsionis untuk selanjutnya dikirim oleh kurir, yang terakhir pengiriman surat oleh kurir.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Alvina Ayu Fadilla -
Saya Alvina Ayu Fadilla,NIM V0721008,izin menjawab pak, berdasarkan video praktik pembelajaran penanganan surat masuk dan surat keluar tersebut dapat saya pahami bahwa:
Surat masuk adalah surat yang diterima oleh perusahaan atau organisasi yang berasal dari seseorang atau dari suatu organisasi lainnya.Sedangkan kegiatan kearsipan merupakan kegiatan penyimpanan workcard yang dinilai memiliki nilai guna.Tujuan dari kegiatan kearsipan adalah untuk memudahkan dalam menemukan workcard kearsipan.
Penanganan surat masuk dimulai dari:

1.surat yang dibawa oleh kurir dan menuju resepsionis.

2. kurir mengisi buku tamu sesuai dengan kolom yang disediakan
untuk kolom nama diisi nama pengirim,kolom tanggal diisi tanggal surat tersebut diterima,kolom keperluan ,dan kolom paraf tamu.

3. Surat yang dikirim oleh kurir kemudian diterima oleh resepsionis.Surat yang diterima akan di paraf oleh resepsionis yang nantinya digunakan sebagai laporan oleh kurir

4.Surat yang diterima kemudian akan diberikan kepada pencatat untuk di proses

5. Proses pencatatan akan diawali dengan membuka surat dan mencatat informasi yang terdapat dalam surat ke dalam buku agenda surat masuk.Pencatatan surat ke buku agenda diisi sesuai kolom yang ada : kolom lampiran diisi jumlah surat ,kolom tanggal surat,kolom nomor surat,kolom perihal surat.
Kemudian dilanjutkan dengan mengisi kartu kendali dengan sebanyak 3 lembar sesuai dengan kolom yang disediakan yang berisi: kolom perihal,kolom indeks,kolom Masuk dilingkari,indeks, isi ringkas,lampiran,kolom dari,kolom kepada,tanggal,pengelola,paraf dan catatan.

6. Kemudian setelah surat selesai dicatat ,diberi cap

7.Setelah itu surat akan diberikan kepada pengarah untuk dilakukan pengecekan dan penyimpanan kartu kendali warna putih oleh pengarah ,lalu surat diberikan kepada sekretaris untuk dilampirkan lembar disposisi.Selanjutnya surat diproses dengan pengisian lembar disposisi oleh pimpinan.Selanjutnya surat akan dilakukan pengolahan oleh pelaksana,jika sudah selesai lembar disposisi akan disimpan oleh pelaksana ,lalu sekretaris akan menyerahkan kartu kendali warna kuning kepada arsiparis untuk disimpan.

Surat keluar merupakan surat yang dibuat dan dikeluarkan oleh organisasi dan dikirim ke pihak lain,baik perorangan maupun kelompok.
Kemudian untuk penangannya :

1. Surat dicetak atau diketik oleh sekretaris yang kemudian diberikan kepada pimpinan

2. Selanjutnya surat diberikan kepada pimpinan untuk ditandatangani yang kemudian dikembalikan kepada sekretaris untuk segera diproses

3. Setelah surat disetujui surat diberikan kepada pencatat untuk dilakukan pencatatan surat ke buku agenda pencatatan surat keluar.

4. Pencatat akan memberikan stempel dan mencatat surat ke buku agenda sesuai dengan kolom yang ada,seperti kolom alamat tujuan,tanggal,nomor surat,dan perihal surat.Kemudian dilanjutkan dengan pengisian kartu kendali sebanyak 3 lembar sesuai dengan kolom yang disediakan.Setelah selesai surat dilipat dan dimasukkan ke amplop untuk dikirim.

5. Kemudian 1 surat lainnya dan kartu kendali diserahkan kepada pengarah,dan pengarah akan menyimpan kartu kendali warna putih.Selanjutnya pengarah akan memberikan kartu kendali warna merah untuk disimpan sekretaris.

6. Kemudian surat yang kedua akan diberikan kepada arsiparia untuk disimoan sesuai dengan sistem yang digunakan

7. kemudian surat akan disimpan di kotak arsiparis

8. lalu sekretaris akan memberikan surat ke resepsionis untuk selanjutnya dikirim oleh kurir.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Marchelino Devananda Sulistyo -
Dari kedua video tersebut saya memahami proses atau langkah-langkah terkait penanganan surat keluar dan surat masuk, langkah-langkah pengisian buku agenda, dan pengisian kartu kendali.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Nanda Putri -
Nanda Putri C (V0721062) dari kedua video tersebut saya memahami bagaimana cara menerima surat masuk dan keluar dengan baik. Etika dalam menerima surat juga menjadi perhatian. Penanganan surat masuk ke perusahaan dan surat keluar serta bagaimana cara mengarsip surat yang masuk guna mempermudah dalam pencarian kembali surat tersebut.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Anindya Elvina -
Saya anindya elvina dengan nim V0721010. Yang saya pahami dari video tersebut adalahh Surat masuk adalah semua jenis surat yang diterima dari instansi lain maupun perorangan, baik yang diterima melalui pos maupun yang diterimamelalui kurir dengan mempergunakan buku pengiriman/ ekspedisi, sedangkan surat keluar adalah surat yang sudah lengkap (bertanggal, bernomor, berstempel, dan telah ditandatangani
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Tahta Asmaul Husna -
Saya Tahta Asmaul Husna (V0721082), Arsip mempunyai peran penting dalam kelangsungan hidup organisasi baik organisasi pemerintah maupun swasta. Manfaat arsip bagi suatu organisasi antara lain berisi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan juga dapat dijadikan sebagai alat bukti bila terjadi masalah dan juga dapat dijadikan alat pertanggungjawaban menajemen serta dapat dijadikan alat transparansi birokrasi.

Arsip dapat bermanfaat secara optimal bagi organisasi apabila dikelola dengan tertib dan teratur, namun sebaliknya apabila arsip dikelola dengan tidak tertib akan menimbulkan masalah bagi suatu organisasi. Menumpuknya arsip yang tidak ada gunanya serta sitem tata arsip yang tidak menentu akan mengakibatkan ruangan terasa sempit dan tidak nyaman sehingga dapat berpengaruh negatif terhadap kinerja pelaksanaan tugas dan fungsi suatu organisasi. Apabila suatu arsip sulit untuk ditemukan akan menjadi hambatan dalam proses pengambilan keputusan dan akan mempersulit proses hukum dan pertanggungjawaban.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Penanganan Surat

by Dwi Ayu Afrilia -
yang saya pahami penanganan surat masuk dan surat keluar. Dalam pengelolaan surat masuk diperlukan langkah-langkah yang
baik dan sistematis. Adapun pengelolaan surat masuk adalah Penerimaan, Penyortiran, Pencatatan, Mengagendakan Surat Masuk, Pengarahan dan Penerusan, Penyampaian Surat, Penggandaan Surat, dan Arsip Surat Masuk. Sedangkan Surat Keluar merupakan surat yang lengkap (bertanggal, bernomor, berstempel dan
ditandatangani oleh pejabat yang berwenang) yang dibuat oleh suatu instansi
atau lembaga lain. Surat keluar biasanya dikirim melalui pos atau kurir. Adapaun prosedurnya yaitu Pembuatan konsep surat, Pengetikan, Mengetik surat dalam bentuk akhir, Penandatanganan, Pencatatan, Pengiriman surat, Penyimpanan surat.