3.2 Diskusi pertemuan ke-3

Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator Pencapaian Kompetensi

by Aji Pamungkas -
Number of replies: 1
Picture of Kelas A Picture of Kelompok-5

Indikator pencapaian kompetensi (IPK) merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. IPK dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.Dalam mengembangkan IPK perlu mempertimbangkan:

(a) tuntutan kompetensi yang dapat dilihat melalui kata kerja yang digunakan dalam KD;

(b) karakteristik mata pelajaran, siswa, dan sekolah;

(c) potensi dan kebutuhan siswa, masyarakat, dan lingkungan/daerah.

Kemudian, dalam penyusunan indikator pencapaian kompetensi ini boleh di berikan sebanyak mungkin. Asalkan tidak ada pengulangan terhadap indikator yang sama di indikator setelahnya.

In reply to Aji Pamungkas

Re: Indikator Pencapaian Kompetensi

by Andreya Meytasari Khusnul Khotimah -
Picture of Kelas A Picture of Kelompok-7
Saya izin menambahi terkait apa yang sudah disampaikan oleh saudara Aji. Indikator pencapaian kompetensi sendiri yaitu penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kemudian dalam mengembangkan pembelajaran dan penilaian, terdapat dua rumusan indikatornya yaitu indikator pencapaian kompetensi yang dikenal sebagai indikator dan indikator penilaian yang digunakan dalam menyusun kisi-kisi dan menulis soal yang di kenal sebagai indikator soal. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dalam bentuk kalimat dengan menggunakan kata kerja operasional. Rumusan indikator sekurang-kurangnya mencakup dua hal yaitu tingkat kompetensi dan materi yang menjadi media pencapaian kompetensi