diskusi tentang khemometri

analisis kemometri untuk membedakan rambut hewan

analisis kemometri untuk membedakan rambut hewan

by Syifa Hanifah -
Number of replies: 3

Aplikasi kemometri : Membedakan rambut hewan

Dalam penelitian ini, digunakan spektroskopi FTIR-ATR yang dikombinasikan dengan kemometrik untuk identidikasi dan disktriminasi rambut babi, kambing, dan sapi.

Metode kemometrik yang digunakan yaitu analisis gerombol (AG), analisis komponen utama (AKU), dan analisis diskriminan (AD).

1.       Analisis gerombol yang digunakan yaiatu agglomerative hierarchical clustering (AHC). Metode ini berawal dari sampel-sampel individual yang paling mirip akan dikelompokkan dan kelompok-kelompok awal digabungkan sesuai kemiripannya, berulang hingga menjadi kelompok tunggal. Metode aglomerasi yang digunakan adalah complete linked, yang didasarkan pada jarak maksimum. Metode ini memastikan bahwa semua sampel dalam satu kelompok berada dalam jarak paling jauh. Namun hasil data belum dapat membedakan tiga jenis rambut. Kecuali rambut kambing telah terkelompok menjadi satu kelompok.

2.       Metode AKU bertujuan mereduksi dimensi perubah asal sehingga diperoleh perubah baru yang disebut komponen utama(KU) yang tidak saling berkolerasi tetapi menyimpan sebagia informasi yang terkandung pada perubahan asal. Semaki dekat nilai KU maka semakin dekat kemiripannya. Dengan metode ini, sudah dapat membedakan ketiga jenis rambut hewan.

3.       Metode AD mampu membedakan ketiga jenis rambut lebih baik dibandingkan dengan AKU. Metode  analisis  multivariat  lainnya  yang dapat  digunakan  untuk  mengelompokkan sampel  yaitu analisis  diskriminan(AD). Analisis diskriminan berfungsi untuk memisahkan beberapa  variabel berbeda, kemudian memilih dan membentuk variabel baru atau kombinasi variabel yang ada secara maksimal untuk mengidentifikasi sebuah sampel.

Perbedaan metode kemometri dengan konvensional

Spektrum FTIR-ATR dari ketiga jenis rambut menunjukkan pola yang hampir identik untuk seluruh sampel sehingga sulit untuk membedakannya. Spektrum FTIR yang diperoleh tidak terdapat pola yang khas untuk setiap sampel, hanya terdapat perbedaan intensitas.



Berdasarkan plot FD hasil dari AD, semua sampel dapat terpisah ke dalam kelompoknya masing-masing. 


In reply to Syifa Hanifah

Re: analisis kemometri untuk membedakan rambut hewan

by Syifa Hanifah -
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijcs/article/view/10654/7612 berikut artikel yang saya gunakan
In reply to Syifa Hanifah

Re: analisis kemometri untuk membedakan rambut hewan

by M0319050_Nandy Isamu -
jadi untuk perbedaan analisis yang digunakan anata metode kemometri dan konvensional terletak pada membedakan variansi rambut hewan ya? dimana dengan metode konvensional tidak memiliki perbedaan diantara variabel hewan babi sapi dan kambing, sehingga metoda identifikasi spesifik rambut hewan diperlukan dengan metode AKU dan AD yang dapat memspesifikasi ciri khas dari masing2 sample rambut hewan