analisis implementasi nilai-nilia pancasila dalam kehidupan sehari -hari

Rahmita Kamila Musfariana_K4320067_Kasus Korupsi

Rahmita Kamila Musfariana_K4320067_Kasus Korupsi

by Rahmita Kamila Musfariana -
Number of replies: 0

Korupsi merupakan tindakan yang ditandai dengan sebagai perilaku yang menyimpang. Jika kita lebih teliti, banyak di sekitar kita contoh-contoh perilaku yang menjurus kepada perilaku korupsi. 

Beberapa contoh perilaku korupsi yang terdapat di sekitar kita adalah korupsi dalam bentuk penyuapan. Sebagai contoh yaitu memberi uang atau barang jaminan untuk memperlancar proses adminitrasi seperti dalam pembuatan KTP atau SIM. Tindakan tersebut sangat jelas menentang nilai-nilai pancasila. Yaitu pada sila pertama, kedua, dan kelima. Pada sila pertama, tindakan pada contoh tersebut bertentangan karena menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan dan akan mendapat balasan oleh Tuhan karena melanggar norma agama. Sila kedua, tindakan tersebut mencerminkan perilaku yang menentang dalam kehidupan bersosial, karena tidak ada perasaan saling menghargai antar sesama dan tidak adanya persamaan derajat. Sila kelima, tindakan tersebut tidak mencermikan sikap adil bagi orang lain, karena dengan tindakan tersebut banyak orang-orang yang merasa dirugikan. 

Dari analisis di atas, kita dapat mengambil langkah atau solusi untuk mencegah tindakan tersebut antara lain menanamkan kejujuran, dengan menanamkan perilaku jujur kita akan memiliki ketahanan terhadap tindakan tersebut; menumbukan kepedulian, dengan kepedulian kita dapat menjadi orang yang lebih berpikir jernih sebelum melakukan tindakan tersebut; dan meningkatkan keberanian, apabila kita berani, kita mengungkapkan tindakan kepada pihak yang berwnang dan kita akan menjadi percaya diri.