analisis implementasi nilai-nilia pancasila dalam kehidupan sehari -hari

Arinda Brilian Tyaswari_K4320009_Dekadensi Moral

Arinda Brilian Tyaswari_K4320009_Dekadensi Moral

by Arinda Brilian Tyaswari -
Number of replies: 0

Nama : Arinda Brilian Tyaswari
NIM  : K4320009
Tema : Dekadensi Moral
 
-  Kasus : Mahasiswa KKN dari Universitas Jambi diduga menghina nama desa di Jambi yaitu Desa Kubu Kandang, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari, Jambi pada unggahan di sosial media mahasiswa tersebut
-  Analisis dan Implementasi nilai Pancasila :
Sila pertama mengandung dimensi moral berupa ketaatan kepada nilai agama yang dianutnya. Dalam agama manapun selalu mengajarkan bahwa kita sebagai manusia harus selalu berbuat baik kepada makhluk ciptaan yang lain entah itu sesama manusia, hewan, dan lain lain. Dalam kasus tersebut terbukti bahwa mahasiswa tidak taat dalam menjalannkan amalan agamanya.
Sila kedua kita sebagai sesama manusia haruslah beradab mempunyai sikap santun dan menghormati, kita tinjau dari kasus diatas mahasiswa tersebut sama sekali tidak menunjukkan rasa saling tenggang rasa dan tidak menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan
Sila ketiga apa yang dilakukan oleh mahsiswa tersebut telah menimbulkan kegaduhan yang dapat memecah belah rasa persatuan antara warga dan pihak kampus yang semula seharusnya telah terjalin dengan baik. Kita sebagai warga Indonesia yang berbeda latar belakang harus sling bekerja sama menjaga keutuhan NKRI dengan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila dan diterapkan juga pada lingkungan masyarakat.
Solusi 
Jangka pendek : Meminta bimbingan dan arahan dari kepala desa/suku selama penelitian/pengabdian berlangsung dan memahami larangan yang ada dan menghormati kearifan lokal.
Jangka panjang :  perlunya pembudayaan nilai pancasila di setiap jenjang pendidikan.