Alfiatus Sa’diyah (K4320002)
Perilaku Tidak Mencintai Produk Lokal Dalam Perspektif Pancasila
· Dengan kasus 60% Orang Indonesia Pilih Beli Produk Asing Ketimbang Lokal
Masuknya budaya asing ke Indonesia sebagai akibat derasnya arus globalisasi sedikit banyak mengancam eksistensi kebudayaan daerah di Indonesia
· Peran Pancasila terhadap perilaku melestarikan produk dalam negeri
Dalam hal ini Pancasila memiliki peran terhadap perilaku melestarikan produk dalam negeri. Adanya pengaruh budaya asing menyebabkan terjadinya goncangan budaya (culture shock).
Mencintai produk dalam negeri merupakan Ideologi nasionalisme yang terdapat dalam nilai sila ke 3 pancasila yaitu persatuan Indonesia
Mencintai dan mengonsumsi produk Indonesia akan menjadikan nilai nasionalisme yang tertanam dalam diri
· Cara melestarikan produk dalam negeri dapat dilakukan masyarakat khususnya sebagai generasi muda
- Mengajarkan Kepada Generasi Muda tentang Produk dalam negeri
- Menjaga dan Melestarikan Budaya dengan Cara Culture Experience
- Menjaga dan Melestarikan Budaya dengan Cara Culture Knowledge
· Hal-hal yang dapat mempegaruhi dalam melestarikan produk dalam negeri
- Kurangnya kesadaran masyarakat.
- Minimnya komunikasi budaya.
- Kurangnya pembelajaran budaya.
- Adanya kewarganegaraan yang pindah keluar negeri
- Adanya kerja negara Indonesia dengan negara lain
- Faktor kecanggihan teknologi
· Dapat di simpulkan bahwa mencintai produk dalam negeri merupakan Ideologi nasionalisme yang terdapat dalam nilai sila ke 3 pancasila yaitu persatuan Indonesia. Terikat oleh arus Globalisasi yang perkembanngannya sangat luas dan pesat terdapat dampak negatif dari globalisasi budaya.