analisis implementasi nilai-nilia pancasila dalam kehidupan sehari -hari

Tasya Umi Pertiwi_K4320080_Membuang sampah sembarangan

Tasya Umi Pertiwi_K4320080_Membuang sampah sembarangan

by Tasya Umi Pertiwi -
Number of replies: 0

Nama : Tasya Umi Pertiwi

NIM : K4320080

1. Kasus : Membuang sampah sembarangan

2. Solusi: Mengubah kebiasaan membuang sampah sembarangan menjadi produk bernilai tinggi.

3. Contoh Real kasus : Kebiasaan membuang sampah sembarangan di Semarang disulap oleh ibu-ibu rumah tangga warga Kinibalu Barat RT 01 RW 14 Kelurahan Candisari dalam kelompok Alam Pesona Lestari menjadi produk kerajinan bernilai tinggi.

4. Analisis Implementasi Pancasila : 

- Melanggar sila pertama yakni nilai ketuhanan dan keagamaan. Kebiasaan membuang sampah sembarangan sangat bertentangan dengan Pancasila sila pertama karena setiap agama pasti melarang perbuatan buruk dan mengajarkan setiap umatnya untuk cinta terhadap kebersihan. 

- Melanggar sila kedua yakni nilai moral adab. Kebiasaan membuang sampah sembarangan tersebut juga melanggar Pancasila sila kedua karena manusia yang berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” sehingga disebut bukan manusia yang memiliki adab baik. 

5. Inti pembahasan :

Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan merupakan hal yang dapat menimbulkan kerugian. Meski sudah banyak penyuluhan dan sosialisasi tentang larangan membuang sampah sembarang agar tidak mencemari lingkungan, tidak banyak masyarakat yang memedulikan. Penggunaan bahan plastik dapat dikatakan tidak bersahabat ataupun konservatif bagi lingkungan apabila digunakan tanpa menggunakan batasan tertentu. . Dengan kita dapat mendaur ulang plastik menjadi sesuatu yang lebih berguna (recycle) telah mengurangi limbah plastik yang mencemari lingkunga. Misalnya adalah cara mendaur ulang limbah plastic detergen menjadi tas yang bernilai jual tinggi.

Sumber real kasus :
https://www.gatra.com/detail/news/441906/ekonomi/ditangan-ibu-kreatif-sampah-plastik-bisa--diubah-jadi-duit-
https://www.rumahmesin.com/kerajinan-tas-dari-plastik/