Diskusi 10

Kelompok 3

Kelompok 3

by Chairul Huda Atma Dirgatama -
Number of replies: 10

Diskusikan mengenai teknik peningkatan kerja dan implementasinya mengenai:

•Keamanan Kerja
•Partisipasi Karyawan
•Quality Circles


In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Kelompok 3

by Enrico Zaki Mubharoq -
Teknik peningkatan kerja mengenai keamanan kerja adalah unsur-unsur penunjang yang mendukung terciptanya suatu kerja yang aman baik berupa materil maupun nonmaterial unsur-unsur penunjang keamanan yang bersifat material
In reply to Enrico Zaki Mubharoq

Re: Kelompok 3

by Fajar Aknan Kurniawan -
Cara yang dapat diterapkan demi terwujudnya keamanan kerja, yaitu:
1. Adanya Komitmen Manajemen
2. Peraturan dan Prosedur Keselamatan Kerja
3. Komunikasi yang Baik
4. Melibatkan Pekerja Secara Aktif
5. Pelatihan Intensif
In reply to Fajar Aknan Kurniawan

Re: Kelompok 3

by Farah Adiba -
Karyawan memainkan peran penting dalam tata kelola perusahaan dalam berbagai cara sebagai berikut.
a.Karyawan sebagai sumber daya manusia yang paling penting dalam perusahaan yang bekerja untuk pencapaian kinerja yang berkelanjutan dan abadi.
b.Karyawan dianggap sebagai investor dengan memiliki saham perusahaan melaluiprogram pensiun mereka, rencana tabungan, atau ESOP terpisah.
c.Pada masa reformasi baru, ada tujuan memberdayakan karyawan untuk berpartisipasi dalam fungsi pengawasan terhadap dewan perusahaan atau komite audit.
In reply to Farah Adiba

Re: Kelompok 3

by Fifi pramesti septianingrum -
Keterlibatan dan partisipasi karyawan merupakan ukuran derajat seseorang dalam memihak secara psikologis terhadap pekerjaannya dan menganggap kinerjanya sebagai ukuran harga diri.

Keterlibatan dan partisipasi kerja karyawan dapat memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan suatu perusahaan dalam pencapaian suatu tujuan. Keterlibatan kerja karyawan diharapkan memberikan dampak positif kepada perusahaan dengan memberikan suatu hasil yang dapat memberikan keuntungan, dengan meningkatnya kinerja setiap karyawan.
In reply to Chairul Huda Atma Dirgatama

Re: Kelompok 3

by Giwang Fajar Sofyana -
Teknik peningkatan kerja dengan quality circles adalah sebuah alat untuk mempresentasikan perbaikan-perbaikan output kualitas, dalam hal ini adalah pelayanan dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi atau departemen. Dalam melakukan quality circles dibutuhkan partisipasi dari karyawan. Para karyawan mendapatkan pelatihan dalam pemecahan masalah pengendalian kualitas statistik.
Selain itu, quality circles juga dapat diartikan sebagai suatu kegiatan dimana sekelompok karyawan yang bekerjasama dalam mengupayakan pengendalian mutu (kualitas) dengan cara mengidentifikasikan, menganalisis dan melakukan tindakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam pekerjaan dengan menggunakan alat-alat pengendalian mutu.
In reply to Giwang Fajar Sofyana

Re: Kelompok 3

by Harry Syirajuddin Amien -
Contohnya Sebuah perusahaan Jepang yang memiliki tenaga kerja + 1.000 orang dan telah menerapkan TQM, mempunyai departemen QC (Quality Control) dengan jumlah tenaga pengawas sebanyak 100 orang. Namun, para Eksekutif perusahaan tersebut selalu mengatakan bahwa sesungguhnya mereka mempunyai 1.000 orang tenaga pengawas, karena pengendalian mutu (Quality Control) memang tidak hanya dilakukan oleh 100 orang itu saja, melainkan oleh semua karyawan perusahaan tersebut.
Dikatakan juga ”Pengendalian yang Terpadu”, karena pengendalian mutu disetiap unit kerja dan sektor kegiatan perusahaan/ organisasi dilakukan dengan satu tujuan yang sama, yakni menghasilkan suatu ”Kepastian Mutu” (Quality Assurance), dengan berpedoman pada ”Kebijakan Mutu” (Quality Policy) yang telah ditetapkan oleh perusahaan/organisasi.
In reply to Harry Syirajuddin Amien

Re: Kelompok 3

by Fachrizka Aullia -
Dari beberapa pendapat yang diberikan di atas dapat disimpulkan:

Keamanan kerja adalah unsur-unsur penunjang yang mendukung terciptanya suatu kerja yang aman baik berupa materil maupun nonmaterial unsur-unsur penunjang keamanan yang bersifat material.

Partisipasi karyawan adalah dimana karyawan dalam suatu organisasi memainkan peran lebih besar dalam proses pengambilan keputusan.

Quality circles adalah sekelompok pekerja yang melakukan pekerjaan yang sama atau serupa, yang bertemu secara teratur untuk mengidentifikasi, menganalisis dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan pekerjaan. Terdiri dari minimal tiga dan maksimal dua belas anggota.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kinerja karyawan menjadi perhatian utama setiap perusahaan/organisasi dalam menjalankan kegiatan-kegiatan usahanya. Karyawan dengan kinerja yang memuaskan merupakan asset perusahaan yang sangat berharga. Karyawan merupakan sumber daya manusia perusahaan yang sangat bernilai, serta dapat membantu dalam mencapai tujuan-tujuan perusahaan.