Produk Fermentasi oleh Bakteri Asam Laktat

kefir

kefir

by kemal wahyu wijaya -
Number of replies: 0

Kefir pada dasarnya adalah minuman yang dibuat dari fermentasi susu sapi, kambing, atau domba. Memang mirip dengan yoghurt atau minuman probiotik, namun manfaat kefir jauh lebih banyak karena kefir difermentasikan dengan menggunakan kurang lebih 60 jenis mikroba. Karena manfaatnya untuk kulit, seperti menghaluskan, melembapkan, serta mengenyalkan, kefir sering dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan berupa masker.

Sekilas, kefir terlihat seperti yogurt. Namun, keduanya adalah minuman yang berbeda. Meski sama-sama melalui proses fermentasi, kefir berwujud cair seperti susu, sedangkan yoghurt lebih kental. Kefir pun memiliki rasa asam dan sedikit pahit. Namun, minuman tradisional ini sungguh menyegarkan dan menyehatkan. Kefir bisa dibuat dari susu sapi, kambing, atau domba. Kefir memiliki banyak manfaat kesehatan terkenal. Ia memiliki sifat antibiotik dan antijamur. Ini telah digunakan dalam pengobatan berbagai kondisi, termasuk gangguan metabolik, aterosklerosis dan alergi, TBC, kanker, pencernaan yang buruk, kandidiasis, osteoporosis, hipertensi, HIV dan penyakit jantung.

Bagi sebagian orang mungkin kurang faham mengenai kefir. Kefir hampir sama dengan yoghurt dimana berbentuk kental dan memiliki rasa yang sedikit asam. Mungkin hal ini karena proses pembuatannya yang berbeda. Pada proses fermentasi yoghurt, bakteri yang digunakan ialah bakteri bifidobacterium dan streptococcus thermophillus bulgaricus serta bakteri lain. Sedangkan kefir di buat dengan menggunakan biji kefir yang mengandung bakteri streptococci dan lactobacilli.

Langkah-langkah pembuatan kefir yaitu :

1. Campurkan biji kefir dan susu ke dalam botol kaca dengan perbandingan 1:1. Misalnya, 1 sdt biji kefir dan 1 cangkir belimbing susu.

2. Tutup botol dengan kertas saring dan ikat dengan karet gelang.

3. Simpan toples selama 12-48 jam pada suhu ruangan.

4. Setelah susu mengental, terlihat menggumpal, dan berbau tajam, saring kefir ke dalam wadah baru. Tutup rapat dan simpan hingga satu minggu.