Produk Fermentasi oleh Bakteri Asam Laktat

WINE (ANGGUR)

WINE (ANGGUR)

by Sharfina Fara Hiyah -
Number of replies: 1
Picture of mikrind3thp2020b

Anggur merupakan minuman beralkohol yang biasanya terbuat dari buah anggur yang difermentasi.  Keseimbangan sifat alami yang terkandung pada buah anggur, menyebabkan buah tersebut dapat difermentasi tanpa penambahan gula, asam, enzim, ataupun nutrisi lain. Anggur  dibuat dengan cara memfermentasi jus buah anggur menggunakan khamir dari tipe tertentu. Proses pembuatan minuman anggur (Wine) dari buah-buahan untuk dikonsumsi dilakukan melalui proses fermentasi dengan menggunakan khamir Saccharomyces cereviceae dan selama fermentasi ini terjadi pengubahan gula menjadi alkohol. Dalam fementasi sari buah, mikroorganisme yang berperan terutama dari jenis khamir walaupun dalam proses fermentasi sering ditemukan adanya bakteri asam laktat dan asam asetat. Khamir yang berperan dalam proses ini mempunyai sifat umum yaitu dapat tumbuh dengan baik pada kandungan asam tinggi yang terdapat pada buah, dapat beradaptasi pada konsentrasi SO2, tahan terhadap konsentrasi gula dan alkohol yang tinggi.

 

Cara pembuatan anggur melalui beberapa tahap yaitu:

  • Pertama kali, buah anggur segar dihancurkan sampai terbentuk seperti bubur.
  • Bubur anggur kemudian dibiarkan selama beberapa hari sehingga sari buahnya keluar dan kulit terkelupas dari daging buah.
  • Bubur anggur lantas disaring untuk memisahkan kulitnya. Ragi lantas ditambahkan dan dibiarkan selama beberapa minggu dalam kondisi anaerobik.
  • Setelah periode waktu tertentu, cairan anggur kemudian dipisahkan dalam berbagai wadah yang berbeda dan dibiarkan mengalami fermentasi lambat.
  • Terakhir, anggur kemudian dikemas dalam botol dan siap dikonsumsi.

In reply to Sharfina Fara Hiyah

Re: WINE (ANGGUR)

by Rohula Utami -

Yang berperan bukan merupakan golongan bakteri asam laktat tapi yeast/khamir. Silahkan cari informasi produk yang lain.