Produk Fermentasi oleh Bakteri Asam Laktat

Yoghurt

Yoghurt

by Firdania Apriliani -
Number of replies: 0
Picture of mikrind3thp2020a

Yoghurt adalah produk yang dibuat dari susu melalui proses fermentasi bakteri asam laktat, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yoghurt sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk menjaga keasaman lambung dan dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen di usus. Selain itu, yoghurt juga mengandung protein dengan kadar yang tinggi, bahkan lebih tinggi daripada protein susu. Hal ini disebabkan penambahan protein dari sintesis mikroba dan kandungan  protein dari mikroba tersebut. 

Untuk membuat yoghurt, susu dipasteurisasi terlebih dahulu. Ahli mikrobiologi, Alice Evans, menemukan bahwa beberapa bakteri pada susu murni dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Oleh sebab itu susu murni perlu disterilisasi terlebih sebagian untuk membunuh bakteri pada suhu mendekati titik didih.

Selanjutnya sebagian besar lemak dibuang. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan yoghurt, yaitu Lactobacillusbulgaricusdan Streptococcus thermophillus. Kedua bakteri tersebut ditambahkan pada susu dengan jumlah yang seimbang, selanjutnya disimpan selama ± 5 jam pada temperatur 45 derajat Celcius. 

Selama penyimpanan tersebut pH akan turun menjadi 4,0 sebagai akibat dari kegiatan bakteri asam laktat. Selanjutnya susu didinginkan dan dapat diberi cita rasa.