Ujian Akhir Semester

Buatlah proposal penciptaan seni (karya seni rupa atau desain) dengan tema :

A. 78 tahun Indonesia Merdeka

B. Indonesia Anti Korupsi

(pilih salah satu)

Sistematika dan ketentuan proposal sebagai berikut :

1. Ringkasan proposal penciptaan seni rupa atau desain tidak lebih dari 500 kata yang berisi latar belakang penciptaan, tujuan dan tahapan metode penciptaan, luaran yang ditargetkan

2. Pendahuluan tidak lebih dari 500 kata yang berisi latar belakang dan permasalahan yang akan diciptakan, tujuan khusus, dan urgensi penciptaan. Pada bagian ini perlu dijelaskan uraian tentang spesifikasi khusus terkait dengan disiplin dan minat kepada seni rupa dan desain.

3. Literature review dan literature visual tidak lebih dari 1000 kata dan 5 gambar dengan mengemukakan state of the art dan peta jalan (road map) dalam bidang yang diciptakan. Bagan dan road map dibuat dalam bentuk JPG/PNG yang kemudian disisipkan dalam isian ini. Sumber pustaka/referensi primer yang relevan dengan mengutamakan hasil penelitian/penciptaan pada jurnal ilmiah dan/atau paten yang terkini. 

4. Metode atau cara untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan ditulis tidak melebihi 600 kata. Bagian ini dilengkapi dengan diagram alir penciptaan yang menggambarkan apa yang sudah dilaksanakan dan yang akan dikerjakan selama waktu yang diusulkan.  Format diagram alir dapat berupa file JPG/PNG. Bagan penciptaan harus dibuat secara utuh dengan penahapan yang jelas, mulai dari awal bagaimana proses dan luarannya, dan indikator capaian yang ditargetkan.

5. Buatlah sketsa kasar / desain yang akan dibuat yang disertai data spesifikasi

6. Referensi diusahakan 10 tahun terakhir dan yang terkait dengan usulan penciptaan, berupa data tertulis maupun visualiasi dari karya seni rupa masterpiece atau desain