Mengenal Society 5.0 “Sebuah Upaya Jepang untuk Keamanan dan Kesejahteraan Manusia” July 6, 2020/in Articles/by eeuii_WebMaster

“A human-centered society that balances economic advancement with the resolution of social problems by a system that highly integrates cyberspace and physical space.”

 

Saat ini kemajuan melalui inovasi dalam sains dan teknologi sangat luar biasa, seperti peningkatan dramatis dalam daya komputasi. Hal ini berkontribusi pada peningkatan bisnis dan masyarakat. Pada saat yang sama, dunia menghadapi tantangan berskala global seperti menipisnya sumber daya alam, pemanasan global, tumbuhnya kesenjangan ekonomi, dan terorisme. Kita hidup di zaman yang penuh ketidakpastian, dengan kompleksitas tumbuh di semua tingkatan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memanfaatkan TIK semaksimal mungkin guna mendapatkan pengetahuan baru dan menciptakan nilai-nilai baru untuk membuat hubungan antara “manusia dan benda” dan antara “dunia nyata dan dunia maya” secara efektif dan efisien demi menyelesaikan masalah di masyarakat, menciptakan hidup lebih baik untuk rakyat, dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang sehat. Mengatasi tantangan ini dengan mendorong berbagai pemangku kepentingan di berbagai tingkatan untuk berbagi visi masa depan yang sama akan sangat penting untuk mewujudkan masyarakat seperti itu melalui digitalisasi.

Gambar 1. Platform layanan untuk menuju masyarakat super cerdas.

 

Pada tahun 2016, sebuah inisiatif yang disebut “Masyarakat 5.0” atau “Society 5.0” diusulkan oleh Kabinet Jepang dalam Rencana Dasar Sains dan Teknologi ke-5, dengan visi untuk menciptakan “Masyarakat Super Cerdas” (MSC). MSC diposisikan sebagai tahap perkembangan kelima pada masyarakat manusia, setelah sebelumnya masyarakat pemburu/ pengumpul, agraria, industri, dan informasi seperti digambarkan pada Gambar 2. MSC mewakili masyarakat berkelanjutan yang terhubung oleh teknologi digital yang hadir secara rinci dengan berbagai kebutuhan masyarakat itu. MSC menyediakan barang atau layanan yang diperlukan untuk orang-orang yang membutuhkannya pada saat dibutuhkan dan dalam jumlah yang diperlukan, sehingga memungkinkan warganya untuk hidup aktif dan nyaman melalui layanan berkualitas tinggi tanpa memandang usia, jenis kelamin, wilayah, bahasa, dan sebagainya. Namun perlu dicatat bahwa digitalisasi hanyalah sarana, dan bahwa kita manusia sebagai aktor utama tetap penting sehingga fokus yang kuat dipertahankan pada pembangunan masyarakat yang membuat kita bahagia dan memberi kita rasa nilai. Pemerintah Jepang mempresentasikan visinya tentang Society 5.0, bersama dengan pameran oleh perusahaan-perusahaan pendukung dari Jepang, di CeBIT 2017, festival bisnis Eropa untuk inovasi dan digitalisasi yang mencakup digitalisasi bisnis, pemerintah, dan masyarakat dari segala sudut.

Gambar 2. Society 5.0 sebagai kelanjutan dari empat tahapan masyarakat sebelumnya

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (SDGs) PBB diadopsi pada bulan September 2015 sebagai pedoman untuk seluruh dunia. Prinsip penggeraknya adalah mewujudkan perdamaian dan kemakmuran bagi semua orang dan planet ini dengan menanggapi tantangan dengan inklusivitas yang “tidak meninggalkan siapa pun”. Pemerintah Jepang telah membuat Prinsip-Prinsip Panduan Penerapan SDG dalam bidang sains, teknologi, dan inovasi (STI) dan memberikan rekomendasi yang meliputi:

  • menciptakan masa depan global melalui Masyarakat 5.0,
  • memungkinkan solusi menggunakan data global,
  • mempromosikan kerja sama di tingkat global, dan
  • membina sumber daya manusia untuk melakukan upaya STI untuk SDGs.

12 platform layanan yang ditunjukkan pada Gambar 1 akan dikembangkan dengan memanfaatkan sepenuhnya Internet of Things (IoT): data besar, komputasi, kecerdasan buatan (AI), dan teknologi robotika. Serangkaian inisiatif pemerintah sekarang sedang berlangsung di Jepang, termasuk “Industri Robot” dan “Connected Industries/ Industri Terhubung,” yang diperkenalkan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI); dan “Konferensi Menuju Masyarakat Jaringan AI” diperkenalkan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi (MIC). Inisiatif-inisiatif ini pada dasarnya menargetkan pengembangan teknologi platform umum, layanan dan sistem, dan sistem sistem untuk penciptaan pasar baru dan transformasi menjadi masyarakat yang makmur dengan menciptakan nilai-nilai baru melalui sistem fisik cyber (CPS).

Seperti CPS pada Gambar 3 menunjukkan berbagai item data besar yang ​​dikumpulkan dari perangkat penginderaan cerdas dengan daya rendah dan jaringan kemudian disimpan di perangkat penyimpanan informasi. Selanjutnya dapat dianalisis dan divisualisasikan menggunakan alat analitik seperti AI dengan daya komputasi tinggi di dunia maya. Data berharga ini, seringkali sulit bagi manusia sendiri untuk memperhatikan, akan menjadi input bagi tindakan yang diambil oleh pembuat keputusan untuk memberikan solusi terhadap masalah sosial dan pertumbuhan ekonomi di dunia fisik. Di Jepang, serangkaian proyek pemerintah, seperti ImPACT (Impulsing Change Paradigm Change through Disruptive Technologies Program) dan SIP (program Promosi Inovasi Strategis lintas kementerian), diarahkan untuk mewujudkan teknologi dan platform layanan tersebut.

ImPACT dirancang untuk mengembangkan industri dan masyarakat melalui penelitian dan pengembangan dengan risiko dan dampak tinggi, sementara SIP mencakup seluruh jalur dari penelitian dasar hingga strategi keluar yang efektif (aplikasi praktis / komersialisasi) serta mengambil inisiatif untuk mereformasi peraturan dan sistem. Dalam SIP, misalnya, proyek-proyek seperti sistem mengemudi otomatis; pembawa energi; keamanan siber untuk infrastruktur kritis; dan teknologi untuk menciptakan pertanian generasi berikutnya, kehutanan, dan perikanan sekarang sedang berlangsung dengan anggaran yang dialokasikan dari Dewan untuk Sains, Teknologi, dan Inovasi (CSTI), yang bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengkoordinasikan kebijakan IMS di bawah Kabinet Jepang.

Gambar 3. A cyber-physical system

Cara kerja Masyrakat 5.0 diilustrasikan pada Gambar 4. Masyarakat 5.0 mencapai tingkat konvergensi yang tinggi antara ruang maya (ruang virtual) dan ruang fisik (ruang nyata). Dalam masyarakat informasi masa lalu (Masyarakat 4.0), orang akan mengakses layanan cloud (database) di dunia maya melalui Internet dan mencari, mengambil, dan menganalisis informasi atau data. Pada Masyarakat 5.0, sejumlah besar informasi dari sensor di ruang fisik terakumulasi di dunia maya. Di dunia maya, data besar ini dianalisis dengan kecerdasan buatan (AI), dan hasil analisis diumpankan kembali ke manusia dalam ruang fisik dalam berbagai bentuk.

Dalam masyarakat informasi masa lalu, praktik umum adalah mengumpulkan informasi melalui jaringan dan dianalisis oleh manusia. Namun, di Masyarakat 5.0, orang, benda, dan sistem semuanya terhubung di dunia maya dan hasil optimal yang diperoleh AI melebihi kemampuan manusia diumpankan kembali ke ruang fisik. Proses ini membawa nilai baru bagi industri dan masyarakat dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.

Gambar 4. Cara kerja Society 5.0

Society 5.0 dan SDG

Kita juga telah memasuki era di mana umur manusia — karena IMS — mencapai 100 tahun; oleh karena itu, semakin penting untuk memberdayakan manusia dengan memasukkan beragam pemangku kepentingan dan teknologi digitalisasi. Jepang baru saja mulai berjuang untuk keamanan dan kesejahteraan manusia sejati. Untuk mencapai masyarakat yang berkelanjutan dalam skala global sesegera mungkin, diperlukan ekosistem kolaboratif yang menyatukan ide-ide dari industri, akademisi, dan warga negara. Federasi bisnis paling penting di Jepang, Keidanren, selaras dengan inisiatif perubahan-permainan ini. Keidanren mengeluarkan revisi kelima dari Piagam Perilaku Perusahaan dengan tujuan utama memberikan SDG secara proaktif melalui pembentukan Masyarakat 5.0.

Gambar 5 merangkum konsep Society 5.0 untuk SDGs, serta tantangan, teknologi utama, sistem Society 5.0 dan 17 tujuan SDGs. Meskipun STI dalam banyak hal sangat meningkatkan kenyamanan gaya hidup kita, ia juga telah meningkatkan kompleksitas sosial, mengungkapkan beberapa aspek negatif dari masyarakat digital. Masyarakat 5.0 dapat memberikan pendekatan untuk mengurangi atau menghilangkan aspek-aspek negatif ini. Kita hidup di zaman yang penuh tantangan kompleksitas dan ketidakpastian sosial. Prakarsa Kabinet Jepang melalui Society 5.0 memimpikan terciptanya Masyarakat Super Cerdas yaitu masyarakat berkelanjutan di mana berbagai jenis nilai terhubung melalui CPS dan di mana orang dapat hidup dalam keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

CPS dapat menjembatani berbagai sektor, negara, wilayah, dan masyarakat. Kunci untuk menerapkan Masyarakat 5.0 / SDG adalah para pemangku kepentingan berbagi dan mengatasi tantangan bersama dengan sepenuhnya memanfaatkan potensi CPS. Untuk bergerak menuju keamanan dan kesejahteraan manusia yang lebih besar, kita perlu melakukan transformasi melalui ekosistem kolaboratif dengan visi bersama untuk masa depan yang diciptakan dengan partisipasi semua pemangku kepentingan. Secara khusus, kita harus mengambil tindakan berikut: menghadirkan visi perubahan di masa depan pada masyarakat melalui IMS; memahami dan mengatasi tantangan dengan menciptakan nilai-nilai baru melalui CPS; dan membangun kolaborasi antara industri, akademisi multidisiplin, dan sektor publik dan swasta.

Gambar 5. Society 5.0 untuk SDGs (Sustainable Development Goals).

Beberapa Skenario dalam Society 5.0

 

Scene-01: Drone

Drone diterapkan untuk mengirimkan barang, mensurvei properti, dan mendukung bantuan bencana di seluruh dunia.

Scene-02: AI Home Appliances

Peralatan rumah tangga yang menanamkan kecerdasan buatan (AI) dikembangkan dan dijual di seluruh dunia. “Kenyamanan” akan meningkat ketika peralatan rumah dihubungkan satu sama lain. AI akan mendukung kehidupan sehari-hari.

Scene-03: Medical Care/Nursing

Masyarakat lanjut usia menantang kemampuan peneliti dan perekayasa untuk menyediakan perawatan medis dan perawatan. Robot dan bentuk teknologi mutakhir lainnya memberikan petunjuk untuk solusi.

Scene-04: Smart Work

Terutama pada pekerjaan yang tergantung pada cuaca dan bahaya. Mereka yang bekerja keras di lingkungan yang menantang akan segera memiliki mitra yang keren dan dapat dipercaya di pihak mereka — mitra yang dapat bekerja dalam kondisi apa pun.

Scene-05: Smart Management

Difusi cepat layanan cloud baru-baru ini sangat menyenangkan pengguna dan perusahaan. Investasi dengan modal rendah dan integrasi yang mudah menguntungkan perusahaan kecil dan menengah serta bisnis individu.

Scene-06: Autonomous Vehicles

Mengemudi secara otonom, sering digambarkan dalam film, adalah teknologi yang melambangkan masa depan. Kita bisa berharap untuk melihat penggunaannya dalam transportasi umum dan logistik dan menyebar ke rumah tangga umum.

Nilai baru di bidang perawatan kesehatan dan pengasuhan

Dalam Masyarakat 5.0, nilai baru dapat dihasilkan dengan cara-cara berikut: melalui analisis AI-big data yang mencakup beragam jenis informasi, termasuk real-time data fisiologis pribadi, informasi tempat perawatan kesehatan, informasi perawatan / infeksi, dan informasi lingkungan, dan berikut akan direalisasikan.

  • Mengaktifkan hidup mandiri yang nyaman dengan menggunakan robot untuk memberikan dukungan hidup dan mitra percakapan
  • Mempromosikan hidup sehat dan deteksi dini penyakit melalui pemeriksaan kesehatan otomatis real-time
  • Memberikan perawatan optimal di mana saja melalui berbagi data fisiologis dan medis
  • Menggunakan robot untuk meringankan beban perawatan dan pengasuhan di tempat

Lebih jauh lagi, bagi masyarakat secara keseluruhan, solusi ini akan membantu mengurangi biaya sosial yang terkait dengan perawatan kesehatan dan perawatan dan memecahkan masalah kekurangan tenaga kerja di lokasi perawatan kesehatan.

Gambar 6. Society 5.0 dalam bidang kesehatan

Nilai baru di bidang pertanian

Dalam Masyarakat 5.0, nilai baru dapat dihasilkan dengan cara-cara berikut: melalui analisis AI-big data yang terdiri dari beragam informasi, seperti data meteorologi, data pertumbuhan tanaman, kondisi pasar, serta tren dan kebutuhan pangan.

  • Mencapai “pertanian pintar” yang sangat hemat-tenaga kerja dan berproduksi tinggi dengan mengotomatiskan pekerjaan pertanian dan menghemat tenaga kerja melalui robot traktor, mengotomatisasi pengumpulan data tanaman melalui drone, dan mengotomatisasi dan mengoptimalkan pengelolaan air berdasarkan prediksi cuaca, data sungai, dll.
  • Merumuskan rencana pertanian dengan menetapkan hasil panen yang disesuaikan dengan kebutuhan, mengoptimalkan rencana kerja bersama dengan prediksi cuaca, berbagi pengalaman dan pengetahuan, dan memperluas basis pelanggan
  • Membuat produk pertanian yang diinginkan oleh konsumen, dan tersedia bagi mereka ketika diinginkan
  • Memberikan produk pertanian kepada konsumen ketika mereka membutuhkannya melalui kendaraan pengiriman mandiri

Lebih jauh lagi, bagi masyarakat secara keseluruhan, solusi ini dapat membantu meningkatkan produksi pangan dan menstabilkan pasokan, memecahkan masalah kekurangan tenaga kerja di daerah pertanian, mengurangi limbah makanan, dan merangsang konsumsi.

Gambar 7. Society 5.0 dalam bidang pertanian

 

 

Sumber:

 

Info Penulis

Nama                         : Firdaus, S.T.,M.T.,Ph.D.

Bidang Peminatan  : Wireless Communication, Wireless Sensor Networks, Indoor Positioning, Telemonitoring

E-mail                        : firdaus@uii.ac.id