Berbicara di depan umum

Jika Anda telah diminta untuk memberikan pidato publik, Anda mungkin bertanya-tanya: apa itu public speaking dan mengapa public speaking itu penting? Pertanyaan-pertanyaan itu cukup logis jika Anda belum pernah berpikir banyak tentang berbicara di depan umum.

Berbicara di depan umum penting baik dalam bisnis, pendidikan, dan arena publik. Ada banyak manfaat untuk berbicara di depan umum baik Anda seorang individu atau bisnis.

Dalam artikel ini, kami akan mendefinisikan berbicara di depan umum untuk Anda. Kami akan membahas pentingnya berbicara di depan umum secara umum. Kami juga akan membahas pentingnya berbicara di depan umum dalam bisnis. Selain itu, kami akan membagikan beberapa sumber daya untuk membantu Anda menjadi pembicara publik yang lebih baik. Ini termasuk beberapa contoh berbicara di depan umum.

Selain itu, jika Anda sendiri ingin terus berbicara di depan umum, pastikan untuk mengunduh eBook gratis kami:  Panduan Lengkap untuk Membuat Presentasi yang Hebat . Ini akan membantu Anda menguasai proses presentasi yang lengkap.

Definisi Berbicara di Depan Umum

Apa itu berbicara di depan umum? Pada dasarnya, ini adalah presentasi yang diberikan secara langsung di hadapan audiens. Pidato publik dapat mencakup berbagai macam topik yang berbeda. Tujuan dari pidato tersebut mungkin untuk mendidik, menghibur, atau mempengaruhi pendengarnya. Seringkali, alat bantu visual dalam bentuk slideshow elektronik digunakan untuk melengkapi pidato. Ini membuatnya lebih menarik bagi pendengar.
 

Presentasi berbicara di depan umum berbeda dari presentasi online. Presentasi online tersedia kapan saja. Pidato publik biasanya terbatas pada waktu atau tempat tertentu. Presentasi online sering kali menggunakan tayangan slide. Atau mereka menggunakan video speaker yang direkam sebelumnya. Ini termasuk rekaman presentasi berbicara di depan umum secara langsung).

Karena berbicara di depan umum dilakukan sebelum audiensi langsung, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor khusus. Kami akan segera membahasnya. Sekarang Anda sudah memahami arti berbicara di depan umum, jadi mari kita lihat sekilas sejarah (dan pentingnya) berbicara di depan umum.

Sejarah Berbicara di Depan Umum

Bagaimana sejarah berbicara di depan umum? Dan mengapa berbicara di depan umum penting?

Ada kemungkinan bagus bahwa ada pidato publik, dalam satu bentuk atau lainnya, selama ada orang. Tetapi sebagian besar ahli berbicara di depan umum yang  terlibat dengan berbicara di depan umum dalam komunikasi bisnis, menelusuri asal-usul berbicara di depan umum modern kembali ke Yunani dan Roma kuno.

Tentu saja, masyarakat tersebut tidak memiliki tayangan slide untuk membantu pidato publik. Tetapi mereka memang memiliki kebutuhan untuk berbicara di depan umum. Hasilnya, mereka mengembangkan metode berbicara di depan umum yang masih dipelajari hingga saat ini.
 
Orang Yunani kuno menggunakan pidato publik terutama untuk memuji atau membujuk orang lain. Pada satu titik, semua warga negara Yunani memiliki hak untuk menyarankan atau menentang hukum selama pertemuan mereka. Hal ini mengakibatkan kebutuhan akan pembicara publik yang terampil. Berbicara di depan umum menjadi keterampilan yang diinginkan dan diajarkan. Berbicara di depan umum pada zaman Yunani disebut retorika.
 
Belakangan, ketika Roma berkuasa, berbicara di depan umum digunakan selama sesi senat Romawi. Bangsa Romawi mengadopsi metode retorika berbicara di depan umum dari orang Yunani. Faktanya, sebagian besar guru berbicara di depan umum saat itu adalah orang Yunani
 

Gaya berbicara di depan umum Latin populer di AS dan Eropa hingga pertengahan abad ke-20 . Setelah Perang Dunia II, gaya berbicara yang kurang formal dan lebih banyak percakapan menjadi populer. Selain itu, alat elektronik tersedia untuk meningkatkan presentasi publik. Menjelang akhir abad ke-20, alat elektronik tersebut bermigrasi ke komputer. Mereka berkembang menjadi alat perangkat lunak komputer. PowerPoint , adalah salah satu alat yang kita kenal dan gunakan saat ini.

Namun, jangan tertipu. Meski pidato publik saat ini kurang formal, namun pidato tersebut tetap perlu diatur dengan baik. Lebih lanjut tentang itu nanti. Sekarang mari kita lihat pentingnya berbicara di depan umum.

Pentingnya Berbicara di Depan Umum

Jika Anda bertanya kepada kebanyakan orang, mereka mungkin akan mengatakan bahwa mereka tidak suka pidato publik. Mereka bahkan mungkin mengaku takut karena takut berbicara di depan umum adalah ketakutan yang sangat umum. Atau mereka mungkin hanya pemalu atau tertutup. Karena alasan tersebut, banyak orang menghindari berbicara di depan umum jika bisa. Jika Anda salah satu dari orang-orang yang menghindari berbicara di depan umum, Anda kehilangan.

Selama bertahun-tahun, berbicara di depan umum dalam komunikasi telah memainkan peran utama dalam pendidikan, pemerintahan, dan bisnis. Kata-kata memiliki kekuatan untuk menginformasikan, membujuk, mendidik, dan bahkan menghibur. Dan kata yang diucapkan bisa menjadi lebih kuat daripada kata yang tertulis di tangan pembicara kanan.

Baik Anda pemilik bisnis kecil, atau pelajar, Anda akan mendapatkan keuntungan dari meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum. Beberapa manfaat berbicara di depan umum meliputi:

  • meningkatkan kepercayaan diri 
  • keterampilan penelitian yang lebih baik
  • keterampilan deduktif yang lebih kuat
  • kemampuan untuk mengadvokasi penyebab
  • dan banyak lagi

Berbicara di depan umum sangat penting bagi bisnis untuk memasarkan penawaran mereka. Ini memungkinkan mereka untuk menyampaikan pesan mereka di depan pelanggan potensial. Staf penjualan dan eksekutif sering kali diharapkan memiliki keterampilan berbicara di depan umum yang baik. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang beberapa manfaat berbicara di depan umum, tinjau artikel berikut:

Apa Manfaat Berbicara di Depan Umum yang Mengubah Hidup?

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda harus repot-repot berbicara di depan umum. Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda mungkin tidak suka berbicara di depan umum. Anda bahkan mungkin takut berbicara di depan umum. Tetapi ada beberapa keuntungan yang sangat nyata dari berbicara di depan umum yang dapat membantu Anda baik dalam kehidupan profesional maupun pribadi Anda.

Sebenarnya ada lebih banyak manfaat berbicara di depan umum daripada yang mungkin Anda pikirkan. Keuntungan berbicara di depan umum berkisar dari peningkatan kepercayaan diri hingga bertemu orang lain hingga menjadi lebih laku. Semua manfaat ini dapat membuat perbedaan yang nyata dan positif dalam hidup Anda. Bagaimana dengan motivasi berbicara di depan umum?

Pada artikel ini, Anda akan belajar tentang keuntungan berbicara di depan umum secara lebih mendalam. Kami akan membahas setiap manfaat berbicara di depan umum dan memberi Anda tip berguna. Anda juga akan belajar mengapa mengambil kelas berbicara di depan umum jika Anda bisa dan bagaimana menemukan kelas di dekat Anda.

Apa Manfaat Berbicara di Depan Umum? 

Kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan manfaat berbicara di depan umum. Tetapi sebenarnya ada beberapa keuntungan berbicara di depan umum. Berikut adalah 12 keuntungan yang menunjukkan bahwa berbicara di depan umum dapat membuat perbedaan nyata dalam hidup Anda.

Jadi, jika Anda mencari motivasi berbicara di depan umum, lihat daftar cara public speaking ini dapat membantu Anda:

1. Bangun Keyakinan Anda

Meskipun Anda mungkin gugup sebelum memberikan pidato pertama Anda, Anda akan merasakan pencapaian (bersama dengan rasa lega) ketika selesai. Jika pidatonya berjalan dengan baik, Anda bahkan dapat menerima umpan balik positif dari rekan-rekan Anda dan audiens Anda - yang selanjutnya memperkuat kepercayaan diri Anda.

Jika Anda mempraktikkan keterampilan berbicara di depan umum dan terus memberikan pidato, keterampilan komunikasi lisan Anda akan meningkat. Saat keterampilan Anda meningkat, Anda akan mulai merasa lebih nyaman (dan percaya diri) dengan kemampuan Anda untuk berbicara dengan baik.

2. Meningkatkan Keterampilan Riset Anda

Untuk membuat presentasi publik yang sukses, Anda perlu meneliti topik Anda secara menyeluruh. Anda akan belajar di mana menemukan informasi yang Anda butuhkan untuk setiap presentasi dan bagaimana cara mengetahui apakah informasi tersebut kredibel dan relevan.

Keterampilan penelitian yang baik akan membantu Anda dengan baik dalam sejumlah tugas profesional dan pribadi, termasuk:

  • Penulisan laporan bisnis
  • Studi akademis
  • Berburu pekerjaan
  • Pemasaran
  • Dan banyak lagi

Selain itu, memiliki informasi yang lebih banyak dan lebih baik dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

3. Memperkuat Keterampilan Deduktif Anda

Berbicara di depan umum mengharuskan Anda untuk bekerja dari premis dan menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang telah Anda teliti. Ini disebut penalaran deduktif.

Penalaran deduktif adalah keterampilan penting lainnya yang ditingkatkan oleh proses penulisan pidato. Seperti banyak keterampilan lain yang diperkuat dengan mempelajari berbicara di depan umum, penalaran deduktif berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah contoh penalaran deduktif hipotetis untuk bisnis kecil:

Untuk memenuhi pengeluaran bisnis kita, kita harus menghasilkan $ 4000 USD sebulan.
Bulan lalu kami mendapatkan $ 4500 USD.
Oleh karena itu, bulan lalu kami memenuhi pengeluaran bisnis kami.

Seperti yang Anda lihat, keterampilan penalaran deduktif yang baik bisa menjadi penting jika Anda menjalankan bisnis. Contoh itu terlalu disederhanakan untuk tujuan ilustrasi, tetapi Anda mungkin dapat memikirkan area yang lebih spesifik di mana penalaran deduktif akan membantu dalam bisnis atau kehidupan Anda.

4. Memasarkan Bisnis Anda

Jika Anda memiliki bisnis, Anda dapat menggunakan public speaking untuk memasarkan bisnis Anda. Bahkan jika Anda tidak memiliki bisnis, berbicara di depan umum dapat membuat Anda lebih berharga sebagai seorang profesional bisnis. Berikut cara melakukannya:

  1. Fokuskan topik pidato Anda di sekitar subjek yang menarik bagi calon pelanggan atau industri Anda.
  2. Teliti pidato Anda dengan cermat, untuk memastikan semuanya benar.
  3. Saat menulis pidato Anda, berikan perhatian khusus pada informasi yang mungkin menarik bagi calon pelanggan atau pemberi kerja.
  4. Latih keterampilan berbicara Anda agar penyampaian Anda lancar.
  5. Pastikan bahwa hadirin yang mendengarkan pidato Anda termasuk setidaknya beberapa klien atau pemberi kerja yang memungkinkan.
  6. Jika memungkinkan, bagikan pidato Anda melalui media sosial.

Seiring waktu, saat Anda terus memberikan ceramah tentang subjek tertentu, Anda akan mulai dikenal sebagai pakar dalam topik tersebut - yang meningkatkan daya jual Anda. Bahkan satu pidato yang dilakukan dengan baik di situs seperti TED Talks, YouTube, atau SlideShare dapat menumbuhkan reputasi profesional Anda.

5. Memperkuat Keterampilan Komunikasi Lisan Anda

Komunikasi lisan adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara lisan. Berbicara di depan umum adalah salah satu bentuk komunikasi lisan.

Semakin banyak Anda berlatih memberikan pidato, semakin baik Anda dalam berkomunikasi secara lisan. Keterampilan komunikasi lisan yang ditingkatkan itu tidak hanya berlaku untuk pidato masa depan yang mungkin Anda berikan, tetapi juga dapat terbawa ke dalam percakapan sehari-hari.

6. Meningkatkan Kesempatan Anda Dipekerjakan

Manfaat lain dari berbicara di depan umum adalah dapat meningkatkan peluang Anda untuk dipekerjakan. Keterampilan komunikasi dibutuhkan oleh pemberi kerja. Keterampilan komunikasi mencakup keterampilan komunikasi tertulis dan keterampilan komunikasi lisan.

Sebuah studi tahun 2017 dari penyedia perangkat lunak akuisisi bakat, iCIMS, menemukan bahwa lebih dari sepertiga dari semua perusahaan mencantumkan komunikasi lisan sebagai salah satu keterampilan yang paling mereka hargai dalam calon pekerjaan.

Apa cara yang lebih baik untuk meningkatkan keterampilan komunikasi Anda selain dengan menulis dan memberikan pidato?

7. Memberi Anda Kesempatan untuk Bertemu Orang Lain dengan Minat yang Sama

Keuntungan lain dari berbicara di depan umum adalah Anda bisa bertemu orang lain. Berbicara di depan umum bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun jaringan dan bertemu orang lain di industri Anda atau yang memiliki minat serupa.

Plus, jika Anda yang memberikan pidato, peserta acara akan lebih mungkin berinteraksi dengan Anda daripada jika Anda hanya hadir. Dan saat acara selesai, mereka juga akan lebih mengingat Anda sebagai salah satu pembicara.

8. Membantu Anda Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ketakutan berbicara di depan umum sangat umum. Di Inggris Raya, misalnya, sebuah studi YouGov.com menemukan bahwa ketakutan berbicara di depan umum menempati urutan ketiga dalam daftar ketakutan umum - tepat setelah ketinggian dan ular!

Jika Anda jarang memberikan pidato atau presentasi, Anda cenderung takut berbicara di depan umum. Namun, saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang berbicara di depan umum dan melatih keterampilan berbicara Anda, ketakutan Anda kemungkinan akan berkurang. Anda akan lebih nyaman memberikan pidato. Dan audiens Anda akan merasakan bahwa Anda lebih nyaman dan memahami pidato Anda dengan lebih baik - kemungkinan memberi Anda umpan balik yang positif, yang selanjutnya akan mengurangi ketakutan Anda untuk berbicara di depan umum.

9. Membuat Anda Lebih Sadar tentang Bagaimana Orang Lain Merasa Anda

Salah satu manfaat berbicara di depan umum adalah Anda akan menjadi lebih sadar tentang bagaimana orang lain memandang Anda. Jika Anda tahu bagaimana orang lain memandang Anda, Anda bisa bekerja untuk meningkatkan persepsi itu.

Berbicara di depan umum mengharuskan Anda untuk lebih memperhatikan kehadiran fisik Anda. Berikut adalah beberapa faktor yang akan Anda pelajari untuk dikendalikan saat Anda meningkatkan keterampilan komunikasi lisan Anda:

  • Sikap
  • Nada suara
  • Gerakan tangan
  • Pacing dan gerakan gugup lainnya
  • Kata seru seperti "uh" dan "um"
  • Pilihan pakaian

Saat Anda meningkatkan kendali Anda atas faktor-faktor ini - tidak hanya saat Anda berbicara, tetapi bahkan dalam percakapan sehari-hari - Anda akan melihat bahwa orang lain memandang Anda dari sudut pandang yang lebih positif.

10. Kembangkan Keterampilan Menulis Lebih Baik

Tahukah Anda bahwa berbicara di depan umum juga dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan menulis ? Teknik penulisan yang Anda gunakan untuk menulis pidato yang baik juga dapat digunakan untuk menulis hal-hal lain seperti:

  • Laporan
  • Artikel
  • Surat dan memo
  • Makalah penelitian

Memiliki keterampilan menulis yang baik dapat menghasilkan tugas yang lebih baik di tempat kerja dan nilai yang lebih baik di sekolah.

11. Belajar Menjadi Tenang dalam Situasi Stres

Mungkin manfaat berbicara di depan umum yang paling banyak ditransfer ke situasi sehari-hari adalah belajar menjadi tenang dalam situasi stres. Bagi kebanyakan dari kita, berbicara di depan umum membuat stres. Saat Anda mempelajari lebih banyak tentang berbicara di depan umum, Anda juga akan belajar bagaimana menenangkan diri Anda sehingga Anda dapat berhasil membuat presentasi Anda.

Beberapa teknik menenangkan yang dapat membantu Anda menjalani pidato di depan umum adalah teknik menenangkan yang sama yang dapat Anda gunakan untuk melewati banyak situasi kehidupan yang penuh tekanan.

12. Jadilah Advokat untuk Hal-hal yang Anda Pedulikan

Salah satu keuntungan besar berbicara di depan umum adalah bahwa hal itu memberi Anda cara untuk mendukung hal-hal yang Anda pedulikan dengan lebih baik. Dengan peningkatan keterampilan berbicara di depan umum, Anda dapat membuat dan memberikan presentasi yang menarik yang akan membuat orang lain sadar akan tujuan Anda. Anda bahkan mungkin dapat menggunakan keterampilan berbicara Anda untuk memotivasi orang lain agar mengambil tindakan .

Selanjutnya, mari jelajahi metode yang dapat Anda gunakan untuk menjadi lebih baik dalam berbicara di depan umum.

Bagaimana Menjadi Lebih Baik dalam Berbicara di Depan Umum (5 Tip Cepat)

Oke, jadi sekarang Anda sudah paham manfaat berbicara di depan umum. Anda mungkin sedikit lebih tertarik dengan topiknya. Tetap saja, Anda mungkin berpikir itu bukan untuk Anda. Mungkin Anda pernah memberikan pidato sekali dan tidak berjalan dengan baik. Mungkin Anda takut berbicara di depan umum. Atau mungkin Anda berpikir Anda tidak memiliki kemampuan alami untuk memberikan pidato.

Yang benar adalah berbicara di depan umum adalah sebuah keterampilan. Dan Anda bisa mempelajari keterampilan apa pun. Meskipun beberapa orang mungkin memiliki kemampuan berbicara yang lebih alami daripada yang lain, siapa pun dapat belajar menjadi pembicara publik yang lebih baik. Ini hanya membutuhkan sedikit pengetahuan dan usaha.

Untuk membantu Anda menjadi lebih baik dalam memberikan pidato publik, kita akan melihat lima area berikut:

  1. menulis pidato
  2. mengatasi rasa takut berbicara
  3. berlatih pidato
  4. mempersiapkan desain slide presentasi Anda
  5. memberikan pidato

Kami akan mulai dengan menulis pidato.

1. Tulis Pidato yang Efektif

Hal pertama yang Anda ingin lakukan adalah menulis pidato yang terorganisir dengan baik dan menarik. Karena bahkan suara bicara yang bagus atau karisma yang besar tidak cukup jika materi Anda tidak bagus.

2. Atasi Rasa Takut Berbicara

Rasa takut berbicara di depan umum sangat nyata dan dapat menahan Anda jika Anda membiarkannya. Jika Anda merasa tidak percaya diri saat memberikan pidato, pendengar Anda mungkin akan mengerti. Ini bisa membuat presentasi Anda kurang efektif. Untungnya, ada beberapa teknik untuk membantu mengatasi rasa takut berbicara di depan umum. Mereka juga membantu Anda menjadi lebih percaya diri.

3. Berlatih Pidato

Meskipun Anda tidak takut berbicara di depan umum, latihan membantu Anda menyampaikan pidato yang lebih efektif. Jika Anda sedang terburu-buru, Anda mungkin tergoda untuk melewatkan latihan pidato Anda untuk menghemat waktu. Meskipun melewatkan latihan mungkin tampak seperti ide yang bagus, sebenarnya tidak.

Mempraktikkan pidato Anda meningkatkan keterampilan presentasi publik Anda. Ini juga meningkatkan keakraban Anda dengan presentasi. Hasilnya, pidato Anda akan lancar.

4. Siapkan Desain Slide Presentasi Anda

Desain slide Anda harus tepat. Anda pasti ingin memastikannya terlihat profesional dan mudah dibaca. Untungnya, Anda dapat menemukan banyak template presentasi modern dan profesional

5. Berikan Pidato

Anda telah menulis pidato yang bagus. Anda merasa lebih percaya diri saat berpidato di depan umum, dan Anda telah berlatih. Anda siap untuk memberikan pidato. Ada beberapa tip dan trik yang dapat Anda gunakan pada hari pidato Anda untuk membuatnya lebih lancar. Ingat, Anda memberikan presentasi di hadapan audiens langsung di tempat dan waktu tertentu. Jadi, Anda memiliki beberapa kekhawatiran tentang tempat berbicara yang tidak perlu dikhawatirkan oleh mereka yang memberikan presentasi online. Beberapa perhatian umum untuk pembicara publik meliputi:

  • Akankah penonton bisa mendengarku?
  • Apakah venue memiliki peralatan yang saya butuhkan?
  • Apakah ada cukup kursi untuk semua pendengar saya?