Studi Kasus

Pendidikan merupakan hal yang bersifat objektif dan adil artinya pendidikan merupakan aspek yang dapat diperoleh seluruh manusia tanpa perlu memandang identitas dan status seseorang, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Dalam hal ini pemerintah mengupayakan berbagai upaya dalam pemerataan pendidikan bagi setiap individu.

Saat ini pendidikan khusus merupakan pendidikan yang diberikan kepada anak-anak  yang memilki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena memiliki kelainan fisik, emosional, mental, sosial, dan memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.  Selama ini anak tersebut memperoleh pendidikan melalui sekolah luar biasa (SLB). Secara tidak disadari sistem pendidikan SLB telah memberikan perbedaan pendidikan bagi anak --anak yang berkebutuhan khusus.


Dalam perwujudan pemerataan pendidikan kepada anak  berkubutuhaan khusus pemerintahan mengupayakan berbagai hal dalam penyelenggaran program pendidikan, Hal ini tertuang di dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat 1 dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dapat disimpulkan "bahwa Negara memberikan jaminan sebenarnya kepada anak-anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas". Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak berkebutuhan khusus mendapatkan kesempatan yang sama dengan anak-anak normal lainnya dalam pendidikan.

Pendidikan Inklusif merupakan program pendidikan yang diberikan secara bersamaan antara pendidikan khusus dan pendidikan umum. Upaya ini dilakukan untuk mempertemukan perbedaan kebutuhan semua siswa.

Sumber :

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Penerapan Pendidikan Inklusif di Indonesia", Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/azrielrusdillah/5ffc1d598ede4823650967a2/penerapan-pendidikan-inklusif-di-indonesia

Berdasarkan Uraian di atas maka bagaimana upaya adik-adim dalam mengenalkan dan memberikan materi Geografi terhadap anak-anak berkebutuhan kusus ?

a. Anak Tunagrahita

b. Anak Tunarungu

c. Anak Tunawicara

d. Anak Tunanetra

e. Tunalaras


Tulislah jawaban adik-adik pada kolom yang telah disediakan!

Waktunya pengerjaan 08.30-09.10