Ujian Tengah Semester

SOAL 1

BUKU SERI: AKU INGIN TAHU MENGAPA ...

Seri buku Aku Ingin Tahu Mengapa... sarat dengan informasi yang mampu menjawab semua pertanyaan-pertanyaan pelik yang sering diajukan anak dengan ulasan dan fakta yang menarik. Dikemas dengan sangat baik untuk merangsang imajinasi dan minat baca anak, sehingga memantapkan keterampilan baca dan pemahaman verbal mereka. 24 judul yang di terbitkan oleh Grolier International dari USA. Buku ini selalu menampilkan ilustrasi sehingga memudahkan anak anak untuk berimajinasi membayangkan apa yang sedang / apa yang akan terjadi.

Adapun Seri Aku Ingin Tahu Mengapa : 1. Air Laut Terasa Asin 2. Ada Lubang Pada Seruling 3. Angin Bertiup 4. Bintang Berkedip 5. Burung Dodo Punah 6. Elang Bangkai Berkepala Gundul 7. Orang Mesir Membangun Piramida 8. Matahari Terbit 9. Laba-Laba Menjalin Benang 10. Gurun Sahara Berhawa Dingin Di Waktu Malam 11. Dahulu Ikan Berkaki 12. Kanguru Memiliki Kantung 13. Ular Dapat Berganti Kulit 14. Perutku Keroncongan 15. Pesawat Terbang Memiliki Sayap 16. Pohon Memiliki Daun 17. Punggung Unta Berpunuk 18. Ritsluting Memiliki Gigi 19. Triceratop Memiliki Tiga Cula 20. Terowongan Berbentuk Bulat 21. Telepon Berdering 22. Setiap Negara Mengibarkan Bendera 23. Sabun Menghasilkan Gelembung 24. Puncak Pegunungan Ditutupi Salju


Dengan banyaknya judul yang pada buku tersebut terkadang menjadi suatu permasalahan di perpustakaan, khususnya pada pustakawan saat mengolahnya. Jika anda menjadi pustakawan dan ditugaskan untuk megolah buku tersebut, maka:

a. Bagaimana cara pengklasifikasiannya? Apakah satu saja sesuai serinya atau per masing-masing judul? Beri alasan!

b. Tentukan TEU dan TET

c. Buat katalog tersebut:

Judul               : Aku Ingin Tahu Mengapa Gurun Sahara Berhawa Dingin Diwaktu Malam
Pengarang : Jackie Gaff
Penerbit       : Grolier International
Cetakan        : Cetakan keempat 2009
Tebal Buku : 34 halaman ,28cm
ISBN                : 979-3251-15-8


SOAL 2

BUKU PERTAMAKU TENTANG AL-QUR'AN

Buku ini merupakan terjemahan dari buku Islami anak Best Seller dari Inggris yang berjudul "My First Book about the Qur'an". Buku ini mengenalkan pokok-pokok ajaran Al-Qur`an kepada anak, untuk menjaga semua ciptaan Allah, untuk berbuat baik kepada orang dan makhluk lain, untuk menghormati para nabi dan kitab-kitab mereka, dan untuk percaya kepada Allah yang Esa. Ini adalah buku yang akan mengenalkan pengajaran Al-Qur`an dan menyempurnakan jiwa anak-anak kita.


Penulis : Sara Khan & Ali Lodge

ISBN : 9786021694886

Cetakan: pertama,2020

Halaman : 30 Halaman

Penerbit : Pustaka Al-Kautsar – Jakarta Timur

Ukuran : 21 x 24,5 cm

Jika anda sebagai pustakawan yang mengelola bahan pustaka tersebut, maka:

a. Tentukan nomor klasifikasnya

b. Tentukan TEU dan TETnya

c. Buatkan katalognya!



Kerjakan dan kumpulkan dengan format nama FILE: UTS_KATALOG_KELAS_A_NAMA_NIM.PDF