4.3. AKtivitas Pendalaman Materi Mahasiswa

Teman-teman mahasiswa yang baik, semoga dalam keadaan sehat selalu. 


Pada pertemuan secara daring minggu ini kita mengulas tentang dinamika revitalisasi nilai-nilai Pancasila dari masa ke masa. Pancasila sebagai sumber moral bagi bangsa Indonesia cukup banyak menjadi sorotan saat ini, khususnya bagi pihak-pihak pengkaji Pancasila. Sorotan tersebut terkait dilematisnya nasib Pancasila saat ini yang semakin terpojok dan semakin ditinggalkan pendukungnya. Survei ini dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tantang pandangan masyarakat terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara di 181 kabupaten/kota di 33 provinsi dengan jumlah responden sebanyak 12.056. Berdasarkan survei tersebut didapatkan hasil bahwa 10% masyarakat tidak mampu menyebutkan sila-sila dalam pancasila secara lengkap. Kemudian, masyarakat yang tahu tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara hanya sekitar 67,78%. Sebanyak 49% remaja Indonesia tidak lagi mengakui relevansi Pancasila sebagai dasar negara. Kiranya perlu dijadikan bahan renungnan bersama gagasan dari guru besar ilmu hukum yang sering melandaskan pemikirannya terhadap pengkajian Pancasila, C.S.T Kansil. Kansil (2011) menyebutkan bahwa bangsa yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui dengan jelas arah tujuan yang ingin dicapai sangat memerlukan pandangan hidup.


Soekarno sebagai penggali Pancasila menitipkan pesan bagi generasi setelahnya untuk memiliki sikap selayaknya seorang Pancasilais sejati yang memiliki kesadaran hidup bersama. Oleh karena itu perlu adanya konsep revitalisasi Pancasila perlu untuk terus dilakukan. Beberapa Konsep revitalisasi nilai-nilai Pancasila disetiap era kekuasaan besar di Indonesia selalu silih berganti rupa. Dari berbagai konsep dan upaya yang telah dijalankan dari masa demokrasi terpimpin hingga pasca reformasi belum ada satu konsep yang pasti.


Menurut pendapat Anda konsep revitalisasi Pancasila seperti apa yang tepat untuk membumikan nilai-nilai Pancasila di era  saat ini? (Anda bisa/boleh mengutarakan pendapat Anda masing-masing diluar konsep revitalisasi Pancasila yang sudah saya jelaskan).