Topic outline

  • General




    IDENTITAS MATA KULIAH :

    NAMA MATA KULIAH : PENGEMBANGAN MEDIA DAN BAHAN PEMBELAJARAN
    KODE MATA KULIAH  :
    SEMESTER / SKS : IV (EMPAT) / 3 SKS
    DOSEN PENGAMPU: DR. SRI SUMARYATI, M.Pd

    Pada mata kuliah ini Saudara akan banyak belajar tentang teori-teori yang terkait dengan media dan bahan pembelajaran.  Selama 16 pertemuan Saudara  diharapkan mempunyai banyak pengalaman belajar yang bisa Saudara lakukan bersama dengan kelompok kolaboratif dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan skills yang sangat dibutuhkan ketika Saudara lulus dari Perguruan Tinggi.
    Pada mata kuliah ini Saudara sangat diberikan keleluasaan untuk mengeskplorasi pengetahuan Saudara karena pada platform SPADA ini disediakan berbagai fasilitas yang memungkinkan Saudara untuk bekerja berkolaborasi secara daring maupun luring. Selain memanfaatkan SPADA, kita juga memanfaatkan Google Classroom sebagai sarana menambah pengetahuan dan pengalaman belajar. 

    That some achieve great success, is proof to all that others can achieve it as well.” (Abraham Lincoln)

  • JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARAN

  • PROSEDUR PENGEMBANGAN MEDIA DAN BAHAN AJAR

    Pada topic ini, Saudara dapat mempelajari bagaimana sebuah media atau bahan ajar dikembangkan. Setelah pembelajaran ini, diharapkan Saudara dapat mendeskripsikan kegiatan apa saja yang harus dilaksankan oleh seorang pengembang pada setiap tahapan. 

    Desain pembelajaran kali ini, Saudaraa berdiskusi bersama kelompok yg terdiri dari 3-4 orang utk memahami dan membaca materi yang diberikan. (model ASSURE, ADDIE dan Kemp). Setelah memahaminya, Saudara harus membuat power point atas materi tersebut. Di slide terakhir, Saudara dipersilakan menjelaskan perbedaan antara 3 model tersebut.

    jangan lupa untuk mengirim file power point ke email srisumaryati@staff.uns.ac.id atau mengunggah di laman spada ini paling lambat hari ini,Kamis, 19  Maret 2020 jam 21.00

    Selamat Belajar, sukses selalu


  • PRAKTIK MEDIA DIGITAL

    Saudara mahasiswa yang berbahagia

    Semoga semua diberi kesehatan, kesabaran dan keikhlasan untuk menjalankan kegiatan kita pada hari ini.
    Pembelajaran hari ini adalah kita akan praktik membuat media pembelajaran digital dengan memanfaatkan aplikasi/software sparkol atau videoscribe.

    Ketentuan dalam kegiatan ini adalah:
    1. pembuatan media dengan memanfaatkan software/aplikasi sparkol.
    2. tema video tentang ajakan kebaikan menjaga kesehatan mental.
    3. video berdurasi 3 menit.
    4. penugasan bersifat individu
    5. penugasan ini untuk kegiatan pembelajaran minggu ke 5 dan ke-6 (2 minggu).
    6. Apabila sudah selesai, saudara dapat mengirimnya di youtube channel masing-masing.
    7.  informasikan URL video pada laman spada ini di bagian penugasan.
    8. Selamat mengerjakan, galilah kreativitas kalian 


  • Pengembangan Bahan Ajar

    Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

    Selamat berjumpa pada sub kompetensi pengembangan bahan ajar yang terdiri dari berbagai jenis bahan ajar. Perkuliahan ini  akan mempelajari bagaimana membuat dan memanfaatkan modul dan textbook.

    Skenario pada perkuliahan ini adalah:
    1. Secara berkelompok membuat resume buku An Introduction to Module Design dengan pembagian sebagai berikut:
         kelompok 1 meresume Part 1, dan 2
         kelompok 2 meresume Part 3 dan 4
         kelompok 3 meresume Part 5 dan 6
         kelompok 4 meresume part 7.

    2. pada pertemuan berikutnya (pertemuan ke- 11, 12, 13 dan 14 ), masing-masing kelompok akan memaparkan hasil diskusinya dengan mendapatkan tanggapan dari teman yang lain di https://classroom.google.com/u/2/c/OTI5ODUzMjI2Nzla/m/OTg1NzU4MTA3MzZa/details

    3. Setiap akhir sesi, setiap mahasiswa diwajibkan membuat mini resume tentang materi yang dipaparkan (pemateri tidak membuat resume), dan dikirimkan di google classroom ini (https://classroom.google.com/u/2/c/OTI5ODUzMjI2Nzla/m/OTg1NzU4MTA3MzZa/details)

    4. Pada pertemuan ke 15 dan 16, hal yang harus Saudara lakukan adalah membuat bahan ajar elektronik (dengan software bebas). Hasil dari pertemuan 15 dan 16 sekaligus dijadikan proyek UAS.


    Selamat belajar.

  • PROYEK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR

    Dalam rangka meningkatkan kompetensi Mahasiswa dalam mengembangkan bahan ajar, pada materi ini Saudara dipersilakan untuk mengembangan bahan ajar berbasis elektronik, Silakan Saudara mengembangkan berbagai bahan ajar dengan materi pembelajaran akuntansi.

    Skenario yang kita lakukan adalah:
    1. Pilihlah jenis bahan ajar yang akan Saudara buat.
    2. Tentukan Materi pembelajaran.
    3. Buatlah story board
    4. Mulai produksi.
    5. Apabila terdapat kendala, kita bisa berdiskusi pada Google Classroom dengan tautan https://classroom.google.com/u/2/c/OTI5ODUzMjI2Nzla


    Selamat berkarya, sukses selalu