Topic outline

  • DESKRIPSI UMUM MATA KULIAH PROFESI KEPENDIDIKAN

    Mata kuliah ini mengkaji konsep profesi, perbedaan pekerjaan profesi dan bukan profesi, ciri-ciri dan cakupan profesi guru, arti penting supervisi dalam pendidikan atau pembelajaran, prinsip-prinsip pendidikan, pendekatan dan teknik supervisi pendidikan, arti penting rencana pengembangan sekolah, langkah-langkah penyusunan rencana pengembangan sekolah, kriteria rencana pengembangan sekolah yang baik, etika, nilai dan norma, etika profesi guru, serta kode etik guru Indonesia.

  • Pengantar Mata Kuliah Profesi Kependidikan

    Mata kuliah ini mengkaji konsep profesi, perbedaan pekerjaan profesi dan bukan profesi, ciri-ciri dan cakupan profesi guru, arti penting supervisi dalam pendidikan atau pembelajaran, prinsip-prinsip pendidikan, pendekatan dan teknik supervisi pendidikan, arti penting rencana pengembangan sekolah, langkah-langkah penyusunan rencana pengembangan sekolah, kriteria rencana pengembangan sekolah yang baik, etika, nilai dan norma, etika profesi guru, serta kode etik guru Indonesia.

    Pengampu:

    Prof. Dr. Baedhowi, M.Si

    Teknis Perkuliahan:

    1. Perkuliahan terdiri dari 16 kali pertemuan
    2. Mahasiswa diminta untuk aktif dalam perkuliahan
    3. Penilaian terdiri dari 2 kali ujian yaitu UTS dan UAS
    4. Mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti UTS dan UAS apabila memenuhi kehadiran minimal 75% dari setiap UTS dan UAS

    Bahan Kajian:

    1. Hakikat profesi
    2. Perbedaan pekerjaan profesi dan bukan profesi
    3. Ciri-ciri dan cakupan profesi guru
    4. Arti penting supervise dalam pendidikan atau pembelajaran
    5. Prinsip-prinsip pendidikan
    6. Pendekatan dan teknik supervisi pendidikan
    7. Arti penting rencana pengembangan sekolah
    8. Langkah-langkah penyusunan rencana pengembangan sekolah
    9. Kriteria rencana pengembangan sekolah yang baik
    10. Pengertian etika, nilai dan norma
    11. Pengertian etika profesi guru
    12. Kode etik guru Indonesia

    Referensi:

    1. Earley, Peter & Bubb, Sara. 2004. Leading and Managing Continuing Professional Development: Developing People, Developing School. London: Paul Chapman Publishing Ltd.
    2. Hamzah B. Uno. 2007. Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksaran.
    3. Hersey, Paul, Blanchart, Kenneth H. 2000. Management of Organizational Behavior: Utilizing Human Resources. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
    4. Jacobsen, Michele. 2006. A Learning Technology in Continuing Professional Development: The Galileo Network. E. Mellen Press: University of Virginia.
    5. Murip Yahya. 2013. Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
    6. Scales, Peter. 2011. Continuing Professional Development in the Lifelong Learning Sector. New York: Open University Press.
    7. Sudarwan Danim & Khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
    8. Syaiful Sagala. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.