Topic outline

  • Pendahuluan

    MATA KULIAH MASASE OLAHRAGA

    S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Keolahragaan 

    Universitas Sebelas Maret Surakarta

    Pictures

    Dosen Pengampu :  Dr. Slamet Riyadi, M.Or

    Telp :  081215050506

    e-mail  :  slametriyadi70@staff.uns.ac.id


    Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

    Kode CPL

     

    Unsur CPL

    S-3

    :

    berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

    S-8

    :

    menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

    S-9

    :

    Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian­nya secara mandiri

    KU-1

    :

    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pe­ngembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya

    P-1

    :

    Menguasai teori, konsep dan prinsip tentang karakteristik dan perkembang­an peserta didik serta pembimbingan dan pengembangan potensi peserta didik.

    KK-1

    :

    Mampu memecahkan masalah belajar dan pembelajaran olahraga dalam ling­kup se­derhana dengan menerapkan teori, pendekatan, konsep, atau prinsip yang berkaitan dengan desain dan model pembelajaran olahraga, belajar dan pembelajaran olahraga sebagai alat identifikasi dan analisis.

    CP Mata kuliah (CPMK)

    :

    Teori dan Praktek Masase Olahraga 1 (Sport Massage) merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang upaya preventif, kuratif dan rehabilitative terhadap berbagai keluhan kebugaran yang terjadi baik sebelum, selama maupun setelah melakukan aktivitas olahraga. Oleh karena itu mata kuliah ini  wajib diikuti dan ditempuh oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan kepelatihan olahraga.

    Tujuan penting masase olahraga bagi mahasiswa adalah  membantu membekali mahasiswa agar mampu melakukan tindakan preventif, kuratif dan rehabilitative serta mengaplikasikan dan menerapkan masase olahraga bagi atlet, pelaku olahraga maupun masyarakat  yang memerlukan bantuan dalam menjaga kebugaran tubuhnya.

    Bahan Kajian Keilmuan

    :

    a.        Batasan dan sejarah perkembangan massage

    b.       Prinsip-prinsip masase.

    c.        Syarat-syarat menjadi masseur.

    d.       Efek dan kontra indikasi masase.

    e.       Teknik manipulasi dan aplikasi masase olahraga

    Deskripsi Mata Kuliah

    :

    Teori dan Praktek Masase Olahraga merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang upaya preventif, kuratif dan rehabilitative terhadap berbagai keluhan kebugaran yang terjadi baik sebelum, selama maupun setelah melakukan aktivitas olahraga.
    Tujuan penting mata kuliah ini bagi mahasiswa adalah membantu membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan masase olahraga, sekaligus mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga memiliki komptensi tambahan sebagai bekal menghadapi persaingan kerja. Standar kompetensi yang akan dicapai dalam mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat mengaplikasikan dan menerapkan
    masase olahraga bagi atlet, pelaku olahraga maupun masyarakat  yang memerlukan bantuan dalam upaya menjaga kebugaran tubuhnya. Untuk mencapai kompetensi tersebut, maka materi yang harus dipelajari oleh mahasiswa diantaranya adalah batasan dan sejarah perkembangan massage, anatomi dan fisiologi tubuh, syarat-syarat dan komponen massage, efek dan kontra indikasi massage, teknik manipulasi dalam masase serta aplikasi masase untuk kebugaran tubuh. Proses belajar mengajar dilaksanakan secara tatap muka, tugas terstruktur, tugas mandiri baik perorangan maupun kelompok, diskusi, mempresentasikan hasil karya, tes performa dan praktik magang.


    Daftar Pustaka

    1. Anders Jelvéus, Kristjan Oddsson (2011). Integrated Sports Massage Therapy_ A Comprehensive Handbook. USA: Elsevier
    2. Patricia J. Benjamin, Scott P. Lamp (2004). Understanding Sports Massage - 2nd Edition. UK: Human Kinetics


    RPS dapat dilihat pada :https://ocw.uns.ac.id/dosen/detailmakul?id=S0IyMTE4NDAz&k=TzA2Mg==