Topic outline

  • Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

    Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

    Guru: Jonanda Fattah Anugerah


    Fase Pertumbuhan


    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Bagaimanakah kabarnya hari ini? Semoga selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan, aamiin


    Selamat datang di kelas XI atau Fase E. Pada pertemuan pertama ini, kita akan membahas tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Sebelum itu, silakan kalian memperkenalkan diri terlebih dahulu. Untuk mengetahui pengetahuan awal kalian, silakan juga kalian jawab pertanyaan-pertanyaan awal terlebih dahulu di bawah ini. Terima kasih


    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


  • Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

    Setelah kalian memperkenalkan diri dan menjawab beberapa pertanyaan awal, sekarang kita akan masuk ke materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Sebagaimana makhluk hidup yang lain, maka tumbuhan juga memiliki satu ciri makhluk hidup yaitu tumbuh dan berkembang. Seringkali kedua kata tersebut dinyatakan secara bersamaan, namun masalahnya apakah kedua kata tersebut memiliki arti yang sama? Apabila berbeda, apakah perbedaannya? 

    Nah, untuk menjawab rasa ingin tahu tersebut, kita akan bersama-sama mempelajari materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Saya akan membagikan power point yang bisa dibaca untuk memberikan pemahaman dengan gaya belajar visual kepada teman-teman. Tenang saja, untuk teman-teman yang memiliki gaya belajar auditori, saya sudah menyiapkan video juga. Apabila kalian mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut, silakan mengikuti diskusi yang saya sediakan.

  • Praktikum Mandiri Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

    Setelah kalian mempelajari materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan melalui power point dan video, tentu kalian sudah memiliki pengetahuan yang baik mengenai materi tersebut. Sekarang kalian bisa mengamati tumbuhan yang ada di sekitar kalian. Kalian bisa menganalisis perubahan-perubahan yang terjadi pada tumbuhan tersebut. Apakah perubahan tersebut termasuk ke dalam peristiwa pertumbuhan ataukah perkembangan. Sehingga kalian bisa mendapatkan contoh yang lebih kontekstual untuk menambah pengetahuan kalian. 

    Selain memiliki pengetahuan yang baik sebaiknya kita juga memiliki keterampilan yang baik mengenai materi tersebut. Untuk itu kita akan melakukan praktikum mandiri untuk mengamati pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Panduan praktikum dapat dibaca di modul praktikum di bawah ini. Pembuatan laporan praktikum dilakukan selama satu minggu setelah penyelesaian praktikum dan pengumpulan laporan praktikum diunggah di bawah ini.

  • Asesmen Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

    Kita sudah menyelesaikan materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Mari kita lakukan refleksi secara bersama-sama. Pertumbuhan adalah pertambahan jumlah, massa, dan ukuran tubuh. Perkembangan adalah pematangan atau pendewasaan fungsi-fungsi dari organ tubuh. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dapat dibedakan menjadi faktor internal dan eksternal.

    Di akhir materi ini, saya memiliki asesmen atau tes yang dapat kalian kerjakan. Hasil asesmen ini dapat saya gunakan untuk memetakan kemampuan kalian dalam menguasai materi ini. Hasil asesmen ini juga dapat kalian jadikan sebagai evaluasi diri kalian sendiri. Selamat mengerjakan!