Enrolment options

Dewasa ini dunia bisnis menghadapi tiga tantangan dan peluang utama: globalisasi,kemajuan teknologi, dan deregulasi.2.
 
Pemasaran umumnya dilihat sebagai tugas menciptakan mempromosikan, sertamenyerahkan barang dan jasa ke konsumen dan perusahaan lain. Pemasaran angefektif dapat dilakukan melalui banyak bentuk. Bisa berbentuk entrepreneurial,terformulasi, atau intrepreneurial; dan pemasaran memasarkan banyak jenis entitas: barang, jasa, pengalaman, acara khusus (event), orang, tempat, kepemilikan,organisasi, informasi, gagasan.3.
 
Para pemasar merupakan orang-orang yang terampil dalam mengelola permintaan:Mereka berusaha untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan.Untuk melakukan itu, mereka menghadapi sekelompok keputusan, mulai dari yang besar seperti ciri apa yang seharusnya dimiliki sebuah produk sampai ke hal yangkecil seperti warna kemasan, Mereka juga beroperasi dalam empat pasar yang berbeda: pelanggan, perusahaan, global, dan nirlaba.4.
 
Bagi tiap-tiap pasar sasaran yang dipilih, perusahaan mengembangkan tawaran pasar yang diposisikan dalam pikiran pembeli sebagai memberikan beberapa manfaattertentu. Para pemasar harus memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pasar sasaran: Produk atau tawaran akan berhasil jika memberikan nilai dan kepuasankepada pembeli sasaran. Istilah pasar meliputi berbagai pengelompokkan pelanggan.Dewasa ini ada tempat pasar fisik dan ada ruang-pasar digital, serta ada pula pasar mega (
megamarket 
).5.
 
Pertukaran adalah mendapatkan produk yang diinginkan dari seseorang denganmenawarkan sesuatu sebagai imbalan. Transaksi adalah perdagangan nilai antara duaatau lebih pihak: Yang mencakup sekurang-kurangnya dua hal yang berharga, persyaratan yang disepakati satu kesepakatan, dan tempat kesepakatan. Dalam pengertian yang paling umum, pemasar harus berusaha keras mendapatkan tanggapan pihak lain yang berwujud perilaku: pembelian, pemberian suara, keanggotaan aktif keikutsertaan dalam aktivitas kepedulian.6.
 
Pemasaran relasional mempunyai sasaran membangun hubungan jangka panjang yangsaling memuaskan dengan pihak-pihak utama-pelanggan, pemasok, distributor 
 – 
supaya bisa memperoleh dan mempertahankan kelebih-sukaan (preferensi) dan bisnis jangka panjang mereka, Hasil terkhir dari pemasaran relasional adalah pembentukanaset perusahaan yang unik dan disebut jaringan pemasaran.7.
 
Para pemasar mencapai pasar melalui berbagai saluran komunikasi, distribusi, dan penjualan. Para pemasar beroperasi di lingkungan tugas dan di lingkungan luas.Mereka menghadapi persaingan tawaran dan barang pengganti dari pesaing yangaktual dan potensial. Perangkat alat yang digunakan oleh pemasar untuk mendapatkantanggapan yang diinginkan dari pasar sasaran mereka disebut bauran pemasaran.

Guests cannot access this course. Please log in.