Topic outline

  • Selamat Datang Siswa Kelas 5

    foto

    Nur Atikasari

    Email: nuratikasari0@student.uns.ac.id

    Halo anak-anakku semua. Semoga selalu dalam keadaan sehat.

    Pada pembelajaran online ini, kita akan bersama-sama belajar tentang topik "Berkenalan dengan Bumi Kita"

    Untuk itu, ikuti setiap pembelajaran dengan semangat, ya!

    Fase Capaian Pembelajaran: Fase C

    Capaian Pembelajaran Fase C

    Di akhir fase ini, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra dan dapat mencatat hasil pengamatannya. Dengan menggunakan panduan, peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Peserta didik juga membuat rencana dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan berdasarkan panduan tertentu. Peserta didik menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan serta menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat.

    Jumlah JP: 10JP/5x tatap muka (1 JP = 30 menit)

    Mode Belajar: PJJ Daring

    Tujuan Pembelajaran:

    1. Melalui pengamatan dan penyelidikan siswa dapat menjelaskan kondisi air di sekitarnya.

    2. Menggunakan bentang alam dan peta wilayah tempat tinggalnya murid dapat menjelaskan proses daur air yang terjadi di sekitarnya.

    3. Melalui pengamatan dan percobaan murid dapat menjelaskan aktivitas manusia yang memberikan pengaruh pada daur air.

    Dimensi Profil Pelajar Pancasila:

    ❖ Bernalar Kritis (melalui kegiatan-kegiatan yang melatih keterampilan proses siswa).

    ❖ Mandiri (melakukan berbagai macam kegiatan mandiri di rumah).

    ❖ Kreatif (merancang percobaan sendiri dan menyampaikan hasil pembelajarannya melalui berbagai media)

    Pengetahuan/Keterampilan Prasyarat: 

    ❖ Konsep wujud benda dan perubahannya 

    ❖ Ragam bentang alam 

    ❖ Pengetahuan peta dasar 

    ❖ Keterampilan proses

    Pemahaman Bermakna: 

    Dengan memahami konsep daur air dan penyelidikan di lingkungannya, siswa dapat memaknai bahwa manusia dapat memberikan pengaruh pada daur air, terutama pada ketersediaan air bersih.

    Rencana Asesmen

    Asesmen Formatif:

    ❖ Mengerjakan latihan soal yang sudah disediakan melalui Google Form. (Link: bit.ly/LS1-SiklusAir)

    Teknik Asesmen: Kuis konstruktif.

    Alat ukur: Kunci Jawaban

    ❖ Menceritakan perjalanan air di sekitarnya beserta kondisinya dengan menggunakan konsep daur air.

    Teknik Asesmen: Performa (Bentuk produk dibebaskan sesuai minat murid*)

    Alat ukur: Rubrik (Lampiran 1)

    ❖ Memiliki keterampilan proses saat merancang dan membuat alat penjernihan air.

    Teknik Asesmen: Observasi

    Alat ukur: Lembar Pengamatan (Lampiran 3)

    Asesmen Sumatif: 

    ❖ Merancang percobaan untuk menjernihkan air dan menjelaskan aktivitas manusia yang memberikan pengaruh pada daur air.

    Teknik Asesmen: Performa (Bentuk produk dibebaskan sesuai minat murid*)

    Alat ukur: Rubrik (Lampiran 5)

    (Hasil karya murid akan ditunjukkan dalam bentuk pameran karya secara daring. Setiap murid dapat memberikan umpan balik untuk karya temannya) 

    Metode Pengajaran

    - Observasi

    - Diskusi

    - Penyelidikan

    - Percobaan

    - Presentasi


    Lampiran 1: Rubrik Penilaian

    Aspek

    Mahir

    Cakap

    Layak

    Berkembang

    31-40

    21-30

    11-20

    0-10

    Pemahaman Konsep

    ·         Menceritakan pemahamannya mengenai konsep daur air dengan benar, runut dan menggunakan kosakata ilmiah yang tepat disertai bentang alam dan lokasi di wilayahnya

    ·         Menceritakan pemahamannya mengenai konsep daur air denganbenar dan runut disertai bentang alam dan

    lokasi di wilayahnya, namun ada kosakata

    ilmiah yang kurang tepat

    ·         Menceritakan pemahamannya mengenai konsep daur air denganrunut namun penjelasan konsep dan kosakata ilmiah yang

    digunakan kurang tepat dan tidak

    disertai bentang alam

    dan lokasi di wilayahnya

    ·         Menceritakan pemahamannya mengenai konsep daur air namun kurang tepat menggunakan kosakata ilmiah yang tidak tepat, dan tidak disertai bentang alam dan

    lokasi di wilayahnya

     

    31-40

    21-30

    11-20

    0-10

    Pengamatan dan Penyelidikan

    Dapat mengidentifikasi:

     

    1. Kondisi air dalam ceritanya.

    ·         Dapat menyebutkan point 1 dan 2, namun belum dikaitkan

    ·         Dapat menyebutkan point 1 dan 2,,namun penyebab yang disebutkanbelum logis

    ·         Dapat menyebutkan point 1


     

     

    2. Penyebab pencemaran yang dikaitkan dengan perilaku sehari-

    hari

    dengan perilaku sehari-hari

     

     

     

    16-20

    11-15

    6-10

    0-5

    Media

    1.      Menunjang penjelasan

    2.      Isi yang disajikan relevan

    3.      Memperhatikan tata letak/estetika

    4.      Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan

    mudah dipahami

    ·         Memenuhi 3 dari seluruh kriteriamedia

    ·         Memenuhi 2 dari seluruh kriteriamedia

    ·         Memenuhi 1 dari seluruhkriteria media

     


  • Pertemuan 1 - Air sebagai Sumber Kehidupan

    Air adalah sumber kehidupan. Semua makhluk hidup di dunia ini membutuhkan air untuk hidup, terutama manusia. Manusia membutuhkan air untuk minum, mencuci, membersihkan diri, maupun lebih jauh lagi sebagai sumber energi.

    Lalu, apa fungsi air untuk kehidupanmu? Ke mana air di Bumi mengalir? Dan apakah air di Bumi dapat habis?




    Untuk mengetahui jawabannya, tonton video pembelajaran di atas sampai akhir, ya!

    *klik kotak yang berada di kanan bawah untuk memperbesar video agar lebih jelas

  • Pertemuan 1 - Diskusi