Topic outline

  • Penjelasan umum

    Pendahuluan merupakan wawasan awal tentang BOTANI, memaknai botani sebagai ilmu dasar bagi Ilmu Pertanian karena berisi karakter Tumbuhan pada umumnya. Penjelasan dimulai dengan keberadaan tanaman sebagai bagian dari makhluk hidup yang memiliki fungsi masing-masing.  BOTANI diberikan kepada mahasiswa semester ganjil (satu) secara deduktif yang dimulai dari morfologi tumbuhan, anatomi, serta proses metabolisme tumbuhan secara umum. Kontrak kuliah diberikan pula agar mahasiswa mempersiapkan diri secara mandiri disetiap pertemuan.  

  • Arah Dasar Pembelajaran Botani

  • Daun Tunggal

    Tahap awal pembelajaran BOTANI adalah MOrfologi..ilmu yang mempelajari bentuk tumbuhan. Terbagi menjadi daun, batang dan akar. Masing-masing disampaikan pada MAtkul Ini. Sebagai permulaan, Daun menjadi topik awal karena berkaitan langsung dengan produksi pertanian (sebelum bahasan batang dan akar). Bagian daun hingga tipe dan bentuk daun dibahas secara detail, namun fokus utama adalah peran daun sebagai pabrik fotosintat. 

  • Daun Majemuk

    Setelah mendalami daun tunggal, mahasiswa diajak untuk mempelajari daun majemuk sekaligus mencermati kekhasan dari daun majemuk, serta perbedaan antara monokotil dan dikotil. Seminggu sebelumnya telah disampaikan oleh dosen agar mahasiswa membawa contoh daun tunggal dan majemuk, agar secara mudah memahami perbedaan pokok keduanya. Bagaimanapun fungsi daun menjadi hal yang paling utama untuk dipelajari karena menentukan keberhasilan tumbuh dan berkembang suatu individu tanaman. 

  • Batang

    Batang tumbuhan merupakan penopang tubuh tanaman, dan berfungsi sebagai media translokasi air dan hara serta pendistribusian hasil asimilasi. Morfologi tumbuhan secara umum ditentukan oleh batang dan sistem percabangan, secara keseluruhan disebut arsitektur tajuk atau canopy tumbuhan. 

  • Akar, Modifikasi dan tunas/kuncup

    Mahasiswa mempelajari tipe akar, peran akar dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman, faktor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan akar, dan teknik budidaya bagi perwujudan sistem perakaran yang baik. Mahasiswa menganalisis modifikasi daun, batang dan akar sebagai bagian dari perkembangan tanaman.

  • Bunga, buah dan biji

    Didalam pokok Bahasan ini, mahasiswa diingatkan kembali morfologi dan sekaligus anatomi dari bunga, buah dan biji. Ketiganya merupakan organ reproduktif secara generatif. Karena itu, mahasiswa wajib mendalami proses perkembangbiakan tumbuhan melalui peristiwa polinasi dan fertilisasi dari beberapa jenis tanaman. Mampu pula menjelaskan keberadaan biji yang tidak sama antar buah. 

  • Buah dan biji

    Pembentukan buah dan biji merupakan satu kesatuan, namun demikian setiap buah akan menghasilkan jumlah biji yang tidak sama, dan bahkan terdapat pula buah tanya biji. Mahasiswa menganalisis kondisi tersebut dan dapat memberikan contoh.

  • Anatomi

    Didalam kehidupan terdapat organisasi makhluk hidup yang Bermula dari sub atomic hingga makhluk hidup di suatu ecosystem. MAtkul Botani sebagai ilmu tumbuhan merupakan organisasi kehidupan dalam tumbuhan. Seperti pada keterangan saat awal perkuliahan bahwa Pembelajaran BOTANI menggunakan metode deduktif yang bermula dari bagian tanaman dengan bentuk tertentu dan tampak secara jelas (morfologi), kemudian bergerak ke "ANATOMI" yang membahas tentang jaringan dan sel dengan seluruh komponen didalamnya. Berhubung tanaman terdiri atas daun, batang dan akar..maka bahasan jaringan dan sel mengikuti keliga bagian tanaman tsb.

  • Molekul Organisme

    Molekul organisme merupakan molekul yang terdapat didalam organisme, terbentuk melalui proses metabolisme dengan raaksi ensimatis tertentu. Mahasiswa pertanian mempelajari molekul organisme sebagai landasan memahami proses pertumbuhan tanaman sehingga manusia mengetahui kebutuhan dasar tanaman. Proses pembentukan molecule organisme dibahas secara detail dlm topic ini, dan mahasiswa memiliki kemampuan untuk menjelaskan perbedaan diantara molekul-molekul tersebut.

  • Fotosíntesis

    Tumbuhan merupakan organisme fotosintetik (autotrof) yaitu organisme yang dapat mensintesis bahan sederhana (CO2 dan H2O) menjadi molekul kompleks (karbohidrat), dengan bantuan cahaya dalam khloroplas. Pokok bahasan ini mengantarkan mahasiswa untuk mempertajam pemahaman tent.hal itu (telah diperoleh saat SMA) dan menemukan makna mendalam bahwa fotosintesis menentukan hasil tanaman. Organisme fotosintetik mampu menyediakan makanan bagi diri sendiri (autotrof) dan menjadi sumber pangan bagi organisme lain (herbivora) dan selanjutnya membentuk rantai makanan (carnivore, omnivora, dekomposer) yang secara detail dipelajari dalam Teori Ekologi. Mekanisme pembentukan makanan dalam organisme fotosintetik diulas secara umum dan secara detail dipelajari dalam Fisiologi Tumbuhan (semester III).  

  • Respirasi

    Respirasi merupakan pembongkaran senyawa kompleks (fotosintat) yang terjadi dalam khloroplas, melalui serangkaian metabolisme dan dihasilkan energi (ATP). Mahasiswa mempelajari macam respirasi, kemudian tahapan respirasi, tempat terjadi proses tahapan tersebut. Secara mendalam dipelajari tentang output energi dari setiap tahapan respirasi (Glikolisis, Siklus Crebs dan Rantai respirasi)

  • Taksonomi dan Schyzophyta

    Dalam pokok Bahasan ini dipelajari kekerabatan berbagai jenis tumbuhan berdasarkan morfologi. Selain itu, dipelajari pula tata cara penamaan sebagai cara untuk membedakan diantara tumbuhan tersebut. 

    Diawali dengan klas terendah dari tumbuhan hingga tertinggi, dengan kekhasan masing-masing

  • Schyzophyta dan Thallophyta

    Mahasiswa mempelajari perbedaan Schyzophyta dan thallophyta, serta manfaat dan gangguan bagi manusia, khususnya tumbuhan


  • Bryophyta-Pteridophyta-Spermatophyta

    Tumbuhan terlihat dengan sangat jelas, begitu pula manfaat dan gangguan yang berpengaruh pada manusia dan makhluk hidup lain. Sebagai contoh, bryophyta dapat berfungsi sebagai tanaman hias dan obat. Sedangkan Spermatophyta merupakan tumbuhan tingkat tinggi dan memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan tujuan budidaya yaitu produksi.