Topic outline

  • General

  • Rencana Bisnis

    Menjelaskan tentang garis besar dari sebuah rencana bisnis, mulai dari definisi business plan, tahapan-tahapan penyusunan dan faktor-faktor penting yang harus dicantumkan dalam sebuah dokumen business plan


    Silahkan Anda pelajari materi overview business plan ini dan setelah itu buatlah tim beranggotakan 4-5 orang. Setiap tim mendiskusikan tentang:

    1. Ide bisnis (produk/jasa dan target pasar)

    2. Alasan pemilihan point 1


    • Kepemimpinan

      Kepemimpinan atau leadership merupakan salah satu karakteristik yang harus dimillki oleh seorang wirausaha. Beberapa tteori mengenai kepemimpinan sudah dicetuskan sejak era awal revolusi industri. Memasuki era baru yaitu revolusi industri 4.0 muncul teori kepemimpinan baru yaitu Kepemimpinan Wirausaha atau yang dikenal sebagai enterpreneurial leadership yang merupakan salah satu bentuk leadership yang lebih kompleks dari teori kepemimpinan awal. Salah satu ciri kuat dari Enterpreneur leadership adalah memiliki respon terhadap perubahan (inovatif). Pada kuliah ini akan kita pelajari teori kepemimpinan awal (teori kepemimpinan) dan kepemimpinan wirausaha melalui video dari youtube. Berikut adalah video dari Prof, Joel P dari Stanford yang akan mengulas bentuk kepemimpinan ini. Silahkan dipelajari dan jawablah beberapa pertanyaan untuk mereview pemahaman saudara.

      Berikut ppt berisi penjelasan teori kepemimpinan Silahkan dipelajari, jika ada pertanyaan dapat didiskusikan pada WAG

      Selamat Belajar


    • Analisis Bisnis

      Pada topik analisis bisnis, kita akan mempelajari beberapa tools atau alat yang digunakan dalam menganalisa bisnis kita. Analisis bisnis yang akan kita pelajari minggu ini adalah Porter's 5 Force analysis, Pestel Analysis dan Analisis SWOT

      Konsep Analisis Lima Kekuatan (Five Forces) ini pertama kali dikemukakan oleh Michael Porter dari Universitas Harvard pada tahun 1979.Porter's 5 force berfungsi untuk menganalisis faktor-faktor penyebab naik turunnya potensi profit (profitabilitas) suatu industri. Ada 5 faktor yang mempengaruhinya antara lain: tingkat persaingan dengan kompetitor, ancaman pendatang baru, kekuatan suplier, bargaining buyer, ada tidaknya substitusi produk. Analisis 5 force berguna bagi suatu industri untuk menentukan strategi agar industri tersebut dapat bertahan (mendapat profit tinggi)

      PESTEL Analysis merupakan analisis terhadap macro environment suatu industri. PESTEL (Political, Environmental, Social, Technology dan Law)



    • Ujian Akhir Semester

      Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Kewirausahaan pada semster ini dilaksanakan daring menggunakan spada. Sifat ujian bersifat terbuka, silahkan mencari refrensi dari berbagai sumber namun jawaban yang tertulis tidak boleh sama persis satu dengan yang lain atau pun copy paste dari referensi online, apabila ada kesamaan baik dengan teman ataupun sama persis dengan sumber online maka nilai akan saya kurangi.

      Waktu pengerjaan saya beri waktu hingga Jumat tanggal 1 Juli 2022 jam 16.00