Selamat Datang Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Pendidikan
MATA KULIAH MEDIA PENDIDIKAN S2 TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Dosen Pengampu :
Dr. Deny Tri Ardianto, M.A
Email: denytherockies@gmail.com
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
||
Kode CPL |
|
Unsur CPL |
Sikap (S) |
||
CPL – 3 (S) |
: |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan pancasila. |
CPL – 8 (S) |
: |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
CPL – 9 (S) |
: |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
Pengetahuan (P) |
||
CPL – 3 (P) |
: |
Menguasai teori aplikasi dan konsep umum pengembangan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner/multidisipliner; |
Ketrampilan Khusus (KK) |
||
CPL – 3 (KK) |
: |
Mampu mengembangkan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner maupun multidisipliner; |
Keterampilan Umum (KU) |
||
CPL – 1 (KU) |
: |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah yang terakreditasi; |
CPL – 2 (KU) |
: |
Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya |
CPL – 3 (KU) |
: |
Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta menkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; |
CPL – 5 (KU) |
: |
Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data |
CPL – 7 (KU) |
: |
Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri |
CPL – 8 (KU) |
: |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
|
|
|
CP Mata kuliah (CPMK) |
: |
1. Mampu mengkaji, menyusun, merancang, menyajikan, menganalisis, mengkomunikasikan, mempublikasikan model pengembangan media pembelajaran; |
|
2. Menjunjung tinggi sikap ilmiah, apresiatif, etis, estetis, kebersamaan, dantoleransi |
|
|
|
|
Bahan Kajian |
: |
1. Dasar-dasar dan orientasi desain pembelajaran abad 21 |
|
2. Konsep media pembelajaran |
|
|
3. Konsep sumber belajar |
|
|
4. Prinsip pemilihan media pembelajaran |
|
|
5. Pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran |
|
|
6. Analisis model pengembangan media pembelajaran |
|
|
|
|
Deskripsi Mata Kuliah |
: |
Mata kuliah ini membahas tentang Pengembangan Media Pembelajaran, Apa yang dimaksud dengan Pengembangan Media Pembelajaran , Pemanfaatan Teknologi media belajar dalam pembelajaran, Beberapa Aspek dalam Pengembangan Media Pembelajaran Aspek Proses: meningkatkan efektifitas belajar, meningkatkan efesiensi pembelajaran, memperluas kesempatan belajar, serta menserasikan dengan kondisi dan kebutuhan; Aspek Sumber: sumber daya manusia, ajaran, sarana prasarana serta lingkungan, Aspek Sistem: komprehensif dan sistematik. model pembelajaran yang membahas Pendekatan, Strategi,Metode, Teknik dan Implementasi pengembangan media pembelajaran |
|
|
|
Basis Penilaian |
: |
1. Penilaian kognitif/ pengetahuan 2. Aktivitas pertisipatif (case method) 3. Hasil Project (project based learning) |
|
|
|
Silahkan download rencana pembelajaran semester (RPS)