Topic outline

  • Selamat Datang Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Pendidikan

    MATA KULIAH MEDIA PENDIDIKAN S2 TEKNOLOGI PENDIDIKAN

    Dosen Pengampu : 


    azs

    Dr. Deny Tri Ardianto, M.A

    Email: denytherockies@gmail.com


    Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

    Kode CPL

     

    Unsur CPL

    Sikap (S)

    CPL – 3 (S)

    :

    Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan pancasila.

    CPL – 8 (S)

    :

    Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

    CPL – 9 (S)

    :

    Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

    Pengetahuan (P)

    CPL – 3 (P)

    :

    Menguasai teori aplikasi dan konsep umum pengembangan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui

    pendekatan interdisipliner/multidisipliner;

    Ketrampilan Khusus (KK)

    CPL – 3 (KK)

    :

    Mampu mengembangkan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner

    maupun multidisipliner;

    Keterampilan Umum (KU)

    CPL – 1 (KU)

    :

    Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan

    desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan

    nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya

    berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan tulisan dalam jurnal

    ilmiah yang terakreditasi;

    CPL – 2 (KU)

    :

    Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah

    di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya

    CPL – 3 (KU)

    :

    Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan

    etika akademik, serta menkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

    CPL – 5 (KU)

    :

    Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan

    teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau

    eksperimental terhadap informasi dan data

    CPL – 7 (KU)

    :

    Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri

    CPL – 8 (KU)

    :

    Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian

    dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

     

     

     

    CP Mata kuliah (CPMK)

    :

    1.   Mampu mengkaji, menyusun, merancang, menyajikan, menganalisis, mengkomunikasikan, mempublikasikan model pengembangan media pembelajaran;

     

    2.   Menjunjung tinggi sikap ilmiah, apresiatif, etis, estetis, kebersamaan, dantoleransi

     

     

     

    Bahan Kajian

    :

    1.     Dasar-dasar dan orientasi desain pembelajaran abad 21

     

    2.     Konsep media pembelajaran

     

    3.     Konsep sumber belajar

     

    4.     Prinsip pemilihan media pembelajaran

     

    5.     Pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran

     

    6.     Analisis model pengembangan media pembelajaran

     

     

     

    Deskripsi Mata Kuliah

    :

    Mata kuliah ini membahas tentang Pengembangan Media Pembelajaran, Apa yang dimaksud dengan Pengembangan Media Pembelajaran , Pemanfaatan Teknologi media belajar dalam pembelajaran, Beberapa Aspek dalam Pengembangan Media Pembelajaran Aspek Proses: meningkatkan efektifitas belajar, meningkatkan efesiensi pembelajaran, memperluas kesempatan belajar, serta menserasikan dengan kondisi dan kebutuhan; Aspek Sumber: sumber daya manusia, ajaran, sarana prasarana serta lingkungan, Aspek Sistem: komprehensif dan sistematik. model pembelajaran yang membahas Pendekatan, Strategi,Metode, Teknik dan Implementasi pengembangan media pembelajaran

     

     

     

    Basis Penilaian

    :

    1. Penilaian kognitif/ pengetahuan

    2. Aktivitas pertisipatif (case method)

    3. Hasil Project (project based learning)

     

     

     


  • Pertemuan Ke-2

  • Pertemuan Ke-3

  • Pertemuan Ke-4

  • Pertemuan Ke-5

  • Pertemuan Ke-6

  • Pertemuan Ke-7

  • Pertemuan Ke-10

  • Pertemuan Ke-11

  • Pertemuan Ke-12

  • Pertemuan Ke-13

  • Pertemuan Ke-14

  • Pertemuan Ke-15

  • Ujian Akhir Semester