Topic outline
1. Teori dan Filosofi Classroom Management
Silakan memasukkan file pdf summary chapter buku Levin
2. Paradigma Pengelolaan Kelas Abad 21
Silakan mensubmit file terkait summary persepsi Anda pada dua video yang diputarkan
3. Psikologi Peserta Didik dan Pengelolaan Kelas
Silakan mensubmit hasil diskusi kelp pada pertemuan ke-3
5. Mengelola Fasilitas dalam kelas dan seating arrangement
Tujuan perkuliahan:
Mahasiswa mampu menganalisis ragam-ragam pengelolaan kelas melalui video dan mempresentasikan hasilnya
Kegiatan:
1. Menyimak video berikut
https://www.youtube.com/watch?v=unSw_u7KEfQ
https://www.youtube.com/watch?v=uUisTKQFDho&t=43shttps://www.youtube.com/watch?v=6Sv7s77krxkhttps://www.youtube.com/watch?v=7xCe2m0kiSgYuka Cinemaki Classroomhttps://www.youtube.com/watch?v=WlYapx1kMqk2. Membuat analisis pengelolaan kelas pada video dan menilai kelayakan penerapannya di Indonesia6. Workshop Analisis Kelas Modern
Silakan mengupload slide hasil analisis video pengelolaan kelas di Finland dan Denmark
7. Prosedur dan aturan dalam kelas dan aktivitas kelas
Tujuan Perkuliahan
Mahasiswa mampu memetakan aturan-aturan yang ada di sekolahMahasiswa mampu menganalisis aturan tersebut berdasarkan teori dan konsep pengelolaan kelasMahasiswa mampu mengembangkan aturan sekolah/kelas8. Project: Aturan Kelas dan Class Activities
Mahasiswa mempresentasikan dan mendiskusikan prosedur dan aturan kelas yang sudah dibuatnya
Silakan mensubmit file terkait Usulan Prosedur dan Aturan Kelas yang Anda sudah susun
9. Mengelola aktivitas siswa dan strategi pengelompokkan siswa
Tujuan Perkuliahan
•Mahasiswa mampu menguraikan aktivitas-aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi•Mahasiswa mampu merencanakan aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi•Mahasiswa mampu menguraikan dan menganalisis strategi pengelompokan siswa berdasarkan studi literature•Mahasiswa mampu menyusun strategi pengelompokan siswaMahasiswa secara individu:
1. Menelusuri referensi tentang aktivitas siswa dan strategi pengelompokan siswa
2. Memilih 5 artikel yang relevan untuk dijadikan dasar dalam menyusun proposal Rancangan Aktivitas Siswa dan Strategi Pengelompokan Siswa pada Mapel Biologi
3. Mensubmit list 5 artikel dengan format:
a. Author, tahun, judul, nama jurnal, vol, no, hal
b. Topik masalah
c. Metode
d. Hasil dan Pembahasan
e. Sitasi (paragraf yang akan dimasukkan dalam sitasi)
10. Workshop Prosedur Aktivitas dan Pengelompokan Siswa
Mahasiswa menyusun draft usulan prosedur aktivitas dan strategi pengelompokan siswa
Mahasiswa secara individu menyusun strategi pengelompokan siswa pada aktivitas kegiatan belajar salah satu materi/topik Biologi SMA
Ketentuan proposal:
1. Diketik pada kertas ukuran A4
2. Format susunan: Cover, Pendahuluan (menyatakan latar belakang masalah, teori pendekatan masalah), Materi/Topik Pembelajaran, Aktivitas Pembelajaran, Strategi Pengelompokan, Referensi
3. Mensubmit proposal sesuai dengan batas waktu
11. Mengelola kelas sains
Silahkan dibaca artikel terlampir untuk bahan diskusi
Behaviour Management
Diskusikan Isi dari Artikel terlampir dengan google slide pada link berikut!
Tugas Akhir
Silahkan upload tugas pengelolaan kelas maya di sini!
Perbaikan makalah tugas akhir hanya dapat disubmit dalam format docx
01 Pemahaman tentang Inovasi dalam pengelolaan kelas
Inovasi bukan target dalam kuliah, namun wajib kalian melakukannya.
Target Inovasi adalah PENINGKATAN KUALITAS dengan menggunakan inovasi yang kalian lakukan.
Cermati modal dasar yang kita punya
Cermati yang memungkinkan untuk di inovasi sehingga ada dan terjadi peningkatan kualitas.
Cermati makna dalam paper ini
Aplikasikan dalambidang Sains
Berdasarkan identifikasi modal dan kemampuan yang dapat kalian lakukan.
Buatlah diagram tentang peningkata kualitas (yang menjadi fokus kalian dalam research) MELALUI inovasi yang dapat kalian lakukan.
Jelaskan logika kalian dibawah diagram yang kalian buat. Singkat dan jelas.
Minggu depan sebelum kuliah materi, stiap peserta wajib mempresentasikan hasil diagram ataupun bagan yang menunjukan logika berpikirnya
Berdasarkan diagram yang kalian buat.
Cobalah menentukan bidang dan materi untuk citasi yang kalian perlukan.
Cobalah untuk me-list dalam skala prioritas minimal 20 title.
Maksimal tahun yang diakses adalah adalah tahun 2015.
Berikanlah HIgh light untuk reasoning logika anda. Tidak perlu dikumpulkan filenya, hanya listnya saja.
Tentative jika ada kejanggalan dalam reasoning pastikan anda tahu posisinya.
03. Penentuan variabel dalam research pengembangan
Keterkaitan variabel dalam research adalah merupakan hipotesis yang perlu kalian uji kebenarannya.
Pengujian dapat dilakukan dengan menggunakan pengakajian teori maupun secara empiris.
Pengakjian secara teori dapat kalian coba dengan menemukan masalah dari paper yang kalian pelajari dengan detail.
Masalah yang coba kalian temukan adalah masalah yang sedang anda rencanakan dalam peneltian saudara.
Cobalah untuk menuliskan paper yang menjadi dukungan anda pada saat anda research nantinya.
Paper disesuaikan dengan tugas sebelumnya.
Citasi minimal 20 yang relevan
Alur berpikir menggunkan tugas yang sdh direvisi sebelumnya.
Minimal adalah 16 halaman
spasi 1,5
Kuarto
Berdasarkan paper yang kalian kumpulkan dan kuliah terakhir, cobalah untuk memeperbaiki