Weekly outline
Pengantar Kuliah Teknologi Pembelajaran
Mata kuliah Teknologi Pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa FKIP UNS. Cakupan materi cukup luas karena teknologi pembelajaran merupakan teori dan praktik dalam desain, pengembangan, dan pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian proses dan sumber-sumber untuk belajar. Kawasan desain meliputi desain sistem pembelajaran yang dalam kuliah ini tertuang dalam penyusunan silabus dan RPP. Untuk merancang suatu silabus dan RPP perlu dikenali teori-teori belajar yang mendasari pembelajaran serta kurikulum yang berlaku.
- Kontrak dan Pengantar Kuliah
Teori Belajar Behavioristik dan Pemrosesan Informasi
Teori Belajar Behavioristik dan Pemrosesan Informasi
Tugas ini khusus untuk kelompok 1 + 2 (Behavioristik) dan 3 (Pemrosesan informasi)
Hal-hal yang perlu Saudara rumuskan dari tugas ini adalah sebagai berikut.
1. Definis/pengertian tentang belajar
2. Varians teori, jika ada
3. Tokoh-tokoh pencetus dan pendukung teori dan ide yang dikemukakan
4. Konsep-konsep penting dalam teori
5. Implikasinya dalam pembelajaran biologi
6. Visualisasi/animasi/bagan yang menjelaskan teori
Setiap individu mengunggah pekerjaan masing-masing sesuai hasil kesepakatan kelompok dengan memberikan informasi tentang kelompok dan anggotanya, khusus untuk bagian Saudara silakan ditebalkan pada Nama Anda. File yang diunggah adalah Word dan PPT sebagai bahan presentasi
Silakan melontarkan dan atau menanangapi masalah seputar teori belajar di sini! Apapun yang Anda pikirkan silakan dikemukakan dan tanggapi.
Gunakan bahasa yang santun dalam diskusi
Learning Theories
Teori Belajar Kognitisvisme, Konstruktivisme, dan Humanisme
Teori Belajar Kognitisvisme, Konstruktivisme, dan Humanisme
Tugas ini khusus untuk kelompok 4 (Kognitivisme), 5 (Konstruktivisme), dan 6 (Humanisme)
Hal-hal yang perlu Saudara rumuskan dari tugas ini adalah sebagai berikut.
1. Definis/pengertian tentang belajar
2. Varians teori, jika ada
3. Tokoh-tokoh pencetus dan pendukung teori dan ide yang dikemukakan
4. Konsep-konsep penting dalam teori
5. Implikasinya dalam pembelajaran biologi
6. Visualisasi/animasi/bagan yang menjelaskan teori
Setiap individu mengunggah pekerjaan masing-masing sesuai hasil kesepakatan kelompok dengan memberikan informasi tentang kelompok dan anggotanya, khusus untuk bagian Saudara silakan ditebalkan pada Nama Anda. File yang diunggah adalah Word dan PPT sebagai bahan presentasi
Pendekatan dalam Pembelajaran
Pendekatan dalam Pembelajaran
Silakan rencana project pembuatan media kelompok diunggah di sini sesuai dengan ketentuan.
1. Setiap kelompok menentukan satu jenis media pembelajaran sesuai level / kelas.
2. Rancangan pembuatan media meliputi tahap-tahap yang detil dan jadwal yang jelas dilengkapi dengan personil yang bertanggung jawab terhadap setiap tahapan.
3. Rancangan evaluasi juga memuat kriteria penilaian proses dan produk media yang mampu mengukur kualitas proses dan produk yang dimaksud.
4. Rancangan produk media diupload maksimal Senin 22 April 2019 pukul 23.55 dan sudah disetujui oleh semua anggota kelompok.
UTS
Petunjuk:
- Kerjakan secara mandiri, jujur, dan bertanggung jawab.
- Pilihlah salah satu jawaban yang Anda Anggap paling benar.
- Tidak diperbolehkan saling memberitahu jawaban kepada teman yang lain.
- Soal dapat dikerjakan mulai pukul 13.00 WIB.
- Waktu yang disediakan maksimal 40 menit untuk total soal 40 menit, setelah 40 menit terhitung dari Anda mengerjakan soal maka SOAL AKAN TERTUTUP.
- Anda hanya diberi kesempatan 1X menjawab pertanyaan.
PETUNJUK
- Semua mahasiswa boleh mengikuti remidi UTS tanpa kecuali, nilai akan diambil dari perolehan yang tertinggi.
- Soal merupakan soal objektif PILIHAN GANDA dan ISIAN SINGKAT yang kemunculannya akan diacak.
- Alokasi waktu untuk mengerjakan adalah 40 menit untuk 40 soal.
- Soal dapat dikerjakan mulai pukul 20.00 WIB dan akan ditutup setalah 40 menit waktu mengerjakan atau waktu sudah menunjukkan pukul 21.00 WIB.
- Kesempatan hanya diberikan 1x mengerjakan soal.
- Selamat mengerjakan!
Prinsip dan Peran Komunikasi dalam Pembelajaran
Prinsip dan Peran Komunikasi dalam Pembelajaran
Petunjuk:
- Buatlah makalah dengan mengenai prinsip dan peran komunikasi dalam pembelajaran dengan kertas ukuran A4 margin 3 cm untuk semua tepi, huruf Book Antiqua, ukuran 11, spasi 1,5 jumlah halaman minimal 8 halaman, maksimal 10 halaman termasuk daftar pustaka.
- Gunakan referensi yang valid, relevan, dan up to date dengan tetap mencantumkan sumber yang dikutip di daftar pustaka.
- Jangan copy paste, atau menulis seperti yang Anda baca, melainkan menulis seperti yang Anda pahami dengan melakukan parafrase. Tingkat index similaritas maksimal 30%.
- Kerjakan secara individu / bukan tugas kelompok.
- Dikumpulkan dalam bentuk file type doc atau docx maksimal tgl 12 Mei 2019 pukul 24.00 wib dengan toleransi keterlambatan 30 menit, selebihnya secara sistem akan tertutup.
Media Pembelajaran
Media Pembelajaran
Petunjuk:
- Buatlah makalah tentang MEDIA PEMBELAJARAN (PENGERTIAN, JENIS, MANFAAT, DSB ) dengan kertas ukuran A4 margin 3 cm untuk semua tepi, huruf Book Antiqua, ukuran 11, spasi 1,5 jumlah halaman minimal 8 halaman, maksimal 10 halaman termasuk daftar pustaka.
- Gunakan referensi yang valid, relevan, dan up to date dengan tetap mencantumkan sumber yang dikutip di daftar pustaka.
- Jangan copy paste, atau menulis seperti yang Anda baca, melainkan menulis seperti yang Anda pahami dengan melakukan parafrase. Tingkat index similaritas maksimal 30%.
- Kerjakan secara individu / bukan tugas kelompok.
- Dikumpulkan dalam bentuk file type doc atau docx maksimal tgl 19 Mei 2019 pukul 24.00 wib dengan toleransi keterlambatan 30 menit, selebihnya secara sistem akan tertutup.
- KETENTUAN NAMA FILE= nama lengkap + MEDIA , Contoh: DEWI WULAN ISWANTI MEDIA.DOCX atau DEWI WULAN ISWANTI MEDIA.DOC