Mata kuliah ini mengajarkan tentang prinsip dasar, proses dan prosedur modifikasi perilaku berdasar teori psikologi. Mahasiswa belajar untuk berlatih melakukan asesmen perilaku dan memahami berbagai teknik dalam modifikasi perilaku untuk mengubah perilaku individu. Sehingga diharapkan mahasuswa mampu menyusun
rancangan program modifikasi perilaku sesuai dengan problem yang dihadapi individu.

Mata kuliah ini mengajarkan tentang berbagai teknik psikoterapi, teori-teori dan paradigma yang mendasari, prosedur umum dan khusus, dan kelebihan–keterbatasan masing-masing teknik terapi.

Mata kuliah Kewirausahaan dan Proses Bisnis mempelajari mengenai konsep dasar kewirausahaan, mampu mengidentifikasi peluang bisnis dan praktek berbisnis serta pemahaman etika bisnis


Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia secara umum berisi empat kategorisasi, yaitu perencanaan dan penerimaan, pengembangan SDM, pemeliharaan SDM serta hubungan kepegawaian SDM yang efektif.

Mata kuliah ini mengajarkan tentang pemahaman konsep-konsep abnormal, jenis-jenis gangguan jiwa, diagnosis dan pandangan dari lima aliran besar psikologi terkait gangguan kesehatan mental

Mata kuliah Psikologi Forensik mempelajari pengetahuan komprehensif kegunaan dan manfaat mempelajari psikologi forensik dalam menjelaskan perilaku menyimpang dan perilaku melanggar hukum di masyarakat serta menganalisis kasus-kasus melalui pendekatan psikologi hukum.

Mata kuliah psikologi anak usia dini mempelajari perencanaan pembelajaran atau pengelolaan pendidikan anak usia dini sesuai dengan konsep perkembangan anak (Developmentally Appropriate Practice/DAP)

Mata kuliah ini menjelaskan secara mendalam karakteristik khas proses-proses perkembangan anak, secara fisik, kognitif dan sosioemosi, pembentukan pilar dasar kepribadian, ke arah kualitas mental, kesehatan atau bermasalah dalam sistem keluarga dan peranan orang-orang signifikan; masa kepekaan pembentukan aspek dasar kemampuan mental anak, berikut persoalan moral, nilai dan agama, isu-isu perkembangan anak terkait fungsi bermain, peergroup, gender, prestasi belajar dan sekolah, budaya. Penjelasan mendalam ini menjadi dasar rekomendasi program-program pendampingan preventif, kuratif dan developmental arah perkembangan anak.


Mata kuliah Psikologi Lingkungan ini mempelajari tentang kaitan antara ilmu psikologi dengan lingkungan yang terdapat pada sekitar mahasiswa, baik lingkungan alami maupun buatan.  Mata kuliah ini mengenai bagaimana seseorang hidup yang selalu berinteraksi dalam lingkungan dan dengan lingkungannya. Perbedaan lingkungan akan menghasilkan dinamika psikologis maupun relasi atau hubungan yang berbeda


Mata kuliah Psikologi Komunitas mempelajari mengenai fungsi-fungsi masyarakat dan kelompok- kelompok yang berada di dalamnya dalam program prevensi dan peningkatan kesejahteraan individu ataupun kelompok


Mata kuliah ini memberikan gambaran umum psikologi sebagai bidang keilmuan secara utuh melanjutkan Psikologi Umum I, menggambarkan mekanisme kerja Fungsi-sungsi Psikologi (motivasi, emosi dan kesadaran), Menggambarkan berfungsinya manusia secara utuh dalam kehidupan,  pendekatan kepribadian, perkembangan kepribadian, psikologi diferensial, asesmen psikologi, proses penyesuaian sehat dan tidak sehat hingga gangguan dan psikopatologi dan penanganan psikologi serta terapan psikologi dalam bidang-bidang perkembangan, klinis, sosial, pendidikan dan Industri Organisasi


Mata kuliah Psikodiagnostika I (Observasi) mempelajari tentang definisi, jenis, tujuan observasi, metode pencatatan observasi yaitu pencatatan naratif, interval, event, dan rating, serta validitas dan reliabilitas observasi.


Mata kuliah ini membahas pengertian, fungsi, karakteristik (jenis, tipe) wawancara, kelebihan, kekurangan, proses, dan struktur wawancara. Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan kegunaan wawancara di berbagai bidang. Selama perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menyusun dan mempresentasikan struktur wawancara yang telah disusun berdasarkan tema yang dipilih. Selain itu, di akhir pertemuan mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan wawancara dengan struktur yang telah dibuat ke kancah lapangan, melakukan analisis, dan mempresentasikan temuan

Mata kuliah ini membahas pengertian, fungsi, karakteristik (jenis, tipe) wawancara, kelebihan, kekurangan, proses, dan struktur wawancara. Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan kegunaan wawancara di berbagai bidang. Selama perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menyusun dan mempresentasikan struktur wawancara yang telah disusun berdasarkan tema yang dipilih. Selain itu, di akhir pertemuan mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan wawancara dengan struktur yang telah dibuat ke kancah lapangan, melakukan analisis, dan mempresentasikan temuan


Mata kuliah ini membahas pembuatan alat ukur psikologis yang bersifat coqnitive dan non coqnitive. Mata kuliah bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menilai alat ukur yang dijumpai, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan dan menyusun alat ukur psikologis. Terdapat dua macam respon psikologis yang akan dijadikan dasar pembuatan alat ukur, yaitu respon yang bersifat JUDGEMENT (benar/salah), dan respon yang bersifat EXPRESSION OF SENTIMENT (benar menurut alasan masing-masing). Dimana yang pertama merupakan respon coqnitive dan yang kedua non coqnitive.