Course Community Health Project – Interprofessional Education 2021 (CHP-IPE 2021) merupakan salah satu kegiatan pembelajaran mahasiswa FK UNS yang bertujuan untuk menginisiasi sebuah proyek kesehatan berbasis kolaborasi antar profesi untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Mahasiswa diharapkan belajar tentang edukasi kesehatan, kolaborasi, komunikasi tim, peran dan tanggung jawab antar profesi, manajemen konflik, manajemen tim, dan patient-centered care. Pembelajaran ini berfokus untuk mengidentifikasi faktor resiko kesehatan keluarga dan melakukan upaya edukasi kesehatan/ preventif dan promotif dengan pendekatan keluarga berbasis kolaborasi. Course ini mencakup kegiatan kuliah interaktif, simulasi dan role play, serta kegiatan di lapangan atau Field lab.  

Pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 ini, pembelajaran berbasis proyek pada course CHP- IPE akan berfokus pada edukasi Covid-19 kepada keluarga dengan pendekatan kolaboratif. Mahasiswa akan melakukan penilaian Kesehatan keluarga kaitannya dengan Covid-19, kemudian mahasiswa melakukan edukasi kepada keluarga tersebut berdasar hasil penilaian. Keluarga yang menjadi sasaran edukasi disebut keluarga mitra. Mahasiswa akan menyusun media  edukasi yang sesuai, kemudian melakukan edukasi kepada keluarga mitra secara daring melalui GrupWhatsapp. Dengan proyek edukasi Kesehatan keluarga ini, diharapkan mahasiswa dapat melakukan komunikasi, kerja sama tim dan kolaborasi yang baik demi tercapainya tujuan dari edukasi Kesehatan keluarga.

Untuk mendukung berhasilnya proyek edukasi Kesehatan keluarga, mahasiswa akan dibekali dengan kuliah-kuliah interaktif, studi kasus, dan learning circle communities agar mahasiswa memiliki bekal pengetahuan terkait covid-19, Kesehatan keluarga, dan juga dapat mengenal satu sama lain lebih mendalam. Penilaian course ini berbasis pada performa mahasiswa saat melakukan edukasi, terkait dengan sikap (attitude), bagaimana mahasiswa berkomunikasi dengan pembimbing, instruktur lapangan, dan juga sesama mahasiswa intra-inter profesi, serta bagaimana mahasiswa melakukan kolaborasi dan kerja sama tim. Selain itu, mahasiswa juga akan dinilai berdasar penilaian kognitif. 

Blok 5.3 Kesehatan Jiwa (Mental Health) adalah blok yang berlangsung pada semester lima program studi kedokteran yang bertujuan mahasiswa mempelajari berbagai macam gangguan jiwa, dan penyebabnya, psikodinamika, terapi dan prognosis gangguan jiwa, serta berbagai kondisi medis yang berhubungan dengan psikiatri, dasar tatalaksana yang komprehensif, komplikasi serta prognosis penyakit. Blok ini juga menunjang mahasiswa untuk dapat menjelaskan pemeriksaan penunjang yang diperlukan dalam pemeriksaan gangguan jiwa.

Course Community Health Project – Interprofessional Education merupakan course yang berlangsung di semester lima dengan tujuan memberikan pengalaman belajar berkolaborasi antar profesi kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan berbasis kolaboratif di masyarakat