Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendeskripsikan konsep kegawatdaruratan
maternal neonatal; penilaian kondisi klien dengan kegawat daruratan maternal neonatal; penanganan awal
kegawat daruratan pada kehamilan muda, dan lanjut; resusitasi neonatal; Basic life support; patient safety dan
pencegahan infeksi dalam asuhan kegawatdaruratan maternal neonatal; penanganan kegawat daruratan pada
persalinan, bayi baru lahir dan neonatus di berbagai tatanan pelayanan kebidanan; penanganganan
kegawatdaruratan pada ibu nifas dan menyusui; kolaborasi dan sistem rujukan; dan pendokumentasian dalam
kasus kegawatdaruratan maternal dan neonatal dengan metode SOAP dan termasuk dokumentasi rujukan.


Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendeskripsikan konsep dasar neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah; pertumbuhan dan perkembangan neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; stimulasi, deteksi dini, pertumbuhan dan perkembangan balita; pemberian imunisasi dan vaksinasi; KIPI dan cara mengatasinya; masalah- masalah atau penyakit yang lazim timbul pada neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; manajemen bayi dan balita sakit, manajemen bayi dan balita sehat, manajemen bayi dan balita muda; evidence based dan kajian jurnal dalam asuhan neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; upaya- upaya promotif dan preventif terkait dengan pemberian asuhan kebidanan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah; dan asuhan kebidanan pada neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah dengan pendekatan problem solving, crithical thinking dengan menerapkan metode manajemen kebidanan dan pendokumentasian dengan SOAP

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendeskripsikan konsep dasar neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah; pertumbuhan dan perkembangan neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; stimulasi, deteksi dini, pertumbuhan dan perkembangan balita; pemberian imunisasi dan vaksinasi; KIPI dan cara mengatasinya; masalah- masalah atau penyakit yang lazim timbul pada neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; manajemen bayi dan balita sakit, manajemen bayi dan balita sehat, manajemen bayi dan balita muda; evidence based dan kajian jurnal dalam asuhan neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; upayaupaya promotif dan preventif terkait dengan pemberian asuhan kebidanan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah; dan asuhan kebidanan pada neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah dengan pendekatan problem solving, crithical thinking dengan menerapkan metode manajemen kebidanan dan pendokumentasian dengan SOAP

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendeskripsikan konsep dasar neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah; pertumbuhan dan perkembangan neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; stimulasi, deteksi dini, pertumbuhan dan perkembangan balita; pemberian imunisasi dan vaksinasi; KIPI dan cara mengatasinya; masalah- masalah atau penyakit yang lazim timbul pada neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; manajemen bayi dan balita sakit, manajemen bayi dan balita sehat, manajemen bayi dan balita muda; evidence based dan kajian jurnal dalam asuhan neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; upaya- upaya promotif dan preventif terkait dengan pemberian asuhan kebidanan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah; dan asuhan kebidanan pada neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah dengan pendekatan problem solving, crithical thinking dengan menerapkan metode manajemen kebidanan dan pendokumentasian dengan SOAP

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendeskripsikan konsep kegawatdaruratan maternal neonatal; penilaian kondisi klien dengan kegawat daruratan maternal neonatal; penanganan awal kegawat daruratan pada kehamilan muda, dan lanjut; resusitasi neonatal; Basic life support; patient safety dan pencegahan infeksi dalam asuhan kegawatdaruratan maternal neonatal; penanganan kegawat daruratan pada persalinan, bayi baru lahir dan neonatus di berbagai tatanan pelayanan kebidanan; penanganganan kegawatdaruratan pada ibu nifas dan menyusui; kolaborasi dan sistem rujukan; dan pendokumentasian dalam kasus kegawatdaruratan maternal dan neonatal dengan metode SOAP dan termasuk dokumentasi rujukan

Mata kuliah ini membangun kemampuan mahasiswa untuk menerapkan asuhan
secara komprehensif dengan pendekatan problem solving, crithical thinking
mengenai kesehatan reproduksi melingkupi masalah gangguan haid, remaja, tumor
pada payudara dan reproduksi wanita, serta keluarga berencana melingkupi
metode kontrasepsi sederhana, hormonal, jangka panjang, kontrasepsi mantap
secara mandiri maupun berkolaborasi dengan tim serta menerapkan dalam
berkomunikasi dalam asuhan keluarga berencana (KB); upaya-upaya promotif dan
preventif serta pendokumentasian dengan SOAP


Mata kuliah ini membangun kemampuan mahasiswa untuk menerapkan asuhan
secara komprehensif dengan pendekatan problem solving, crithical thinking
mengenai kesehatan reproduksi melingkupi masalah gangguan haid, remaja, tumor
pada payudara dan reproduksi wanita, serta keluarga berencana melingkupi
metode kontrasepsi sederhana, hormonal, jangka panjang, kontrasepsi mantap
secara mandiri maupun berkolaborasi dengan tim serta menerapkan dalam
berkomunikasi dalam asuhan keluarga berencana (KB); upaya-upaya promotif dan
preventif serta pendokumentasian dengan SOAP

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendeskripsikan konsep kegawatdaruratan maternal neonatal; penilaian kondisi klien dengan kegawat daruratan maternal neonatal; penanganan awal kegawat daruratan pada kehamilan muda, dan lanjut; resusitasi neonatal; Basic life support; patient safety dan pencegahan infeksi dalam asuhan kegawatdaruratan maternal neonatal; penanganan kegawat daruratan pada persalinan, bayi baru lahir dan neonatus di berbagai tatanan pelayanan kebidanan; penanganganan kegawatdaruratan pada ibu nifas dan menyusui; kolaborasi dan sistem rujukan; dan pendokumentasian dalam kasus kegawatdaruratan maternal dan neonatal dengan metode SOAP dan termasuk dokumentasi rujukan


Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendeskripsikan konsep kegawatdaruratan maternal neonatal; penilaian kondisi klien dengan kegawat daruratan maternal neonatal; penanganan awal kegawat daruratan pada kehamilan muda, dan lanjut; resusitasi neonatal; Basic life support; patient safety dan pencegahan infeksi dalam asuhan kegawatdaruratan maternal neonatal; penanganan kegawat daruratan pada persalinan, bayi baru lahir dan neonatus di berbagai tatanan pelayanan kebidanan; penanganganan kegawatdaruratan pada ibu nifas dan menyusui; kolaborasi dan sistem rujukan; dan pendokumentasian dalam kasus kegawatdaruratan maternal dan neonatal dengan metode SOAP dan termasuk dokumentasi rujukan

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendeskripsikan konsep kegawatdaruratan maternal neonatal; penilaian kondisi klien dengan kegawat daruratan maternal neonatal; penanganan awal kegawat daruratan pada kehamilan muda, dan lanjut; resusitasi neonatal; Basic life support; patient safety dan pencegahan infeksi dalam asuhan kegawatdaruratan maternal neonatal; penanganan kegawat daruratan pada persalinan, bayi baru lahir dan neonatus di berbagai tatanan pelayanan kebidanan; penanganganan kegawatdaruratan pada ibu nifas dan menyusui; kolaborasi dan sistem rujukan; dan pendokumentasian dalam kasus kegawatdaruratan maternal dan neonatal dengan metode SOAP dan termasuk dokumentasi rujukan

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mendeskripsikan konsep dasar dan praktik pemberian asuhan kebidanan pada neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah; pertumbuhan dan perkembangan neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; stimulasi, deteksi dini, pertumbuhan dan perkembangan balita; pemberian imunisasi dan vaksinasi; KIPI dan cara mengatasinya; masalah-masalah atau penyakit yang lazim timbul pada neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; manajemen bayi dan balita sakit, manajemen bayi dan balita sehat, manajemen bayi dan balita muda; evidence based dan kajian jurnal dalam asuhan neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah; upaya-upaya promotif dan preventif terkait dengan pemberian asuhan kebidanan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah; dan asuhan kebidanan pada neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah dengan pendekatan problem solving, crithical thinking dengan menerapkan metode manajemen kebidanan dan pendokumentasian dengan SOAP