Mata kuliah ini mempelajari mengenai laporan keuangan, konsep dasar persamaan akuntansi, prinsip-prinsip akuntansi, proses pencatatan akuntansi, proses penyesuaian, penyelesaian siklus akuntasi, akuntansi perusahaan jasa maupun dagang dan analisis laporan keuangan untuk tujuan pemasaran.



Mata kuliah literasi data dan teknologi informasi adalah mata kuliah yang bertujuan agar tiap lini mahasiswa di berbagai bidang dapat lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi, dan bisa melakukan pemanfaatan data disekitar dalam sebuah informasi yang akurat dan ilmiah.

Pendidikan Agama Islam adalah salah satu subyek pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa muslim dalam menyelesaikan pendidikannya pada tingkat tertentu. Ia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kurikulum suatu lembaga pendidikan sehingga merupakan alat untuk mencapai salah satu tujuan sekolah yang bersangkutan

Pendidikan agama termasuk Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Perguruan Tinggi merupakan salah satu dari tiga Mata Kuliah Pengembangan
Kepribadian (dua yang lain Pancasila dan Kewarganegaraan).
Mahasiswa Kristen yang hidup di masa kini diperhadapkan dengan berbagai tawaran nilai-nilai kehidupan yang bersifat positif dan negatif. Oleh
karena itu, mereka membutuhkan nilai-nilai kristiani yang dapat dipakai sebagai acuan dalam berpikir, bersikap dan bertindak. Dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara, bangsa Indonesia telah mengalami krisis multidimensional sejak beberap waktu lalu. Krisis yang berkepanjangan
cenderung melahirkan frustrasi dalam masyarakat dan dalam situasi seperti ini konflik dan kekerasan dapat dengan mudah merebak di berbagai
tempat. Mahasiswa Kristen terpanggil untuk menjadi pewarta dan pembawa damai sejahtera di manapun mereka berada. Perkuliahan Pendidikan
Agama Kristen di Perguruan Tinggi diharapkan memberi manfaat yaitu memperlengkapi mahasiswa Kristen dalam proses penemuan diri dan
pembentukan karakter sebagai intelektual Kristen yang mampu mewujudkan nilai-nilai agama dan imannya dalam seluruh aspek kehidupan.

Mata Kuliah pengantar Manajemen

 Ilmu Kealaman Dasar (IKD) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 1  D3-Manajemen Pemasaran Sekolah Vokasi UNS.  Materi yang dibahas dalam proses pembelajaran  meliputi 1) Hakekat ilmu pengetahuan alam termasuk di dalamnya tahap-tahap lahirnya ilmu pengetahuan melalui metode ilmiah khususnya. 2) alam semesta, biosfer dan ekosistem. 3)Perkembangbiakan makhluk hidup. 4) struktur dan Fungsi organisme, 5) perkembangan organisme, 6)perkembangan IPA dan Teknologi serta dampaknya bagi kehidupan. 5) Sumberdaya alam dan upaya pelestariannya.

Dewasa ini dunia bisnis menghadapi tiga tantangan dan peluang utama: globalisasi,kemajuan teknologi, dan deregulasi.2.
 
Pemasaran umumnya dilihat sebagai tugas menciptakan mempromosikan, sertamenyerahkan barang dan jasa ke konsumen dan perusahaan lain. Pemasaran angefektif dapat dilakukan melalui banyak bentuk. Bisa berbentuk entrepreneurial,terformulasi, atau intrepreneurial; dan pemasaran memasarkan banyak jenis entitas: barang, jasa, pengalaman, acara khusus (event), orang, tempat, kepemilikan,organisasi, informasi, gagasan.3.
 
Para pemasar merupakan orang-orang yang terampil dalam mengelola permintaan:Mereka berusaha untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan.Untuk melakukan itu, mereka menghadapi sekelompok keputusan, mulai dari yang besar seperti ciri apa yang seharusnya dimiliki sebuah produk sampai ke hal yangkecil seperti warna kemasan, Mereka juga beroperasi dalam empat pasar yang berbeda: pelanggan, perusahaan, global, dan nirlaba.4.
 
Bagi tiap-tiap pasar sasaran yang dipilih, perusahaan mengembangkan tawaran pasar yang diposisikan dalam pikiran pembeli sebagai memberikan beberapa manfaattertentu. Para pemasar harus memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pasar sasaran: Produk atau tawaran akan berhasil jika memberikan nilai dan kepuasankepada pembeli sasaran. Istilah pasar meliputi berbagai pengelompokkan pelanggan.Dewasa ini ada tempat pasar fisik dan ada ruang-pasar digital, serta ada pula pasar mega (
megamarket 
).5.
 
Pertukaran adalah mendapatkan produk yang diinginkan dari seseorang denganmenawarkan sesuatu sebagai imbalan. Transaksi adalah perdagangan nilai antara duaatau lebih pihak: Yang mencakup sekurang-kurangnya dua hal yang berharga, persyaratan yang disepakati satu kesepakatan, dan tempat kesepakatan. Dalam pengertian yang paling umum, pemasar harus berusaha keras mendapatkan tanggapan pihak lain yang berwujud perilaku: pembelian, pemberian suara, keanggotaan aktif keikutsertaan dalam aktivitas kepedulian.6.
 
Pemasaran relasional mempunyai sasaran membangun hubungan jangka panjang yangsaling memuaskan dengan pihak-pihak utama-pelanggan, pemasok, distributor 
 – 
supaya bisa memperoleh dan mempertahankan kelebih-sukaan (preferensi) dan bisnis jangka panjang mereka, Hasil terkhir dari pemasaran relasional adalah pembentukanaset perusahaan yang unik dan disebut jaringan pemasaran.7.
 
Para pemasar mencapai pasar melalui berbagai saluran komunikasi, distribusi, dan penjualan. Para pemasar beroperasi di lingkungan tugas dan di lingkungan luas.Mereka menghadapi persaingan tawaran dan barang pengganti dari pesaing yangaktual dan potensial. Perangkat alat yang digunakan oleh pemasar untuk mendapatkantanggapan yang diinginkan dari pasar sasaran mereka disebut bauran pemasaran.