Mata kuliah ini mencakup kajian tentang dasar-dasar teori desain web yang meliputi: pengantar teknologi internet dan dasar-dasar internet, konsep dasar pemrograman web, perangkat keras dan perangkat lunak, web statis dan dinamis, konsep dasar web browser url, konsep dasar bahasa HTML, strategi perencanaan situs web pendidikan, pengenalan PHP, pengenalan page design, penggunaan warna dan huruf dalam desain web, hyperlink, CSS, desain website untuk pendidikan.

Mata Kuliah Pemrograman Web diajarkan untuk mencapai kompetensi pembuatan dan pengembangan aplikasi berbasis web melalui pemahaman logika dasar, teknologi, bahasa pemrograman dan berbagai kolaborasi teknologi sehingga mahasiswa akan mampu menciptakan/membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis web yang bermanfaat di berbagai bidang dengan teknologi terkini.

Mata Kuliah Pemrograman Web diajarkan untuk mencapai kompetensi pembuatan dan pengembangan aplikasi berbasis web melalui pemahaman logika dasar, teknologi, bahasa pemrograman dan berbagai kolaborasi teknologi sehingga mahasiswa akan mampu menciptakan/membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis web yang bermanfaat di berbagai bidang dengan teknologi terkini.


Belajar membuat animasi 2D

Belajar teknik animasi 2 Dimensi

Belajar mengenal dan menciptakan karya menggunakan software desain grafis.

Selain memiliki banyak manfaat, desain grafis tentu memiliki tujuan. Adapun tujuan desain grafis adalah sebagai sarana visual yang digunakan untuk memberikan maksud dari pembuat kepada pembaca atau audiens.

Mata kuliah ini adalah ekstensi dari Desain Web. Bentuk pembelajaran dari mata kuliah ini adalah praktikum daring.

Online course ini merupakan pendukung perkuliahan "Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)" yang ada di Program Studi Pendidikan TIK - FKIP Universitas Sebelas Maret.

Materi pokok dalam perkuliahan ini adalah menjelaskan konsep PBO, serta fitur-fitur apa saja dalam PBO yang meliputi pewarisan (inheritance), polymorphisme, encapsulation, abstraction, interface. Bahasa pemrograman yang dipilih untuk implementasi PBO di sini adalah Java.

Mata kuliah ini mempelajari tentang pengelolaan terhadap jaringan komputer dan layanan-layanan jaringan berbasis server dengan sistem operasi linux

Kuliah Merancang dan mendesain tampilan Web sesuai kebutuhan dan tema web

q

Pembelajaran adalah proses perubahan tingkah laku atau dengan kata lain penambahan informasi dan kemampuan baru. Ketika seorang guru berfikir informasi dan kemampuan apa yang harus dimiliki oleh peserta didik, maka pada saat itu juga guru semestinya berfikir strategi apa yang harus dilakukan agar semua itu dapat tercapai secara efektif dan efisien. Ini sangat penting untuk difahami, sebab apa yang harus dicapai akan menentukan bagaimana cara mencapainya. Maka melalui mata kuliah Strategi Belajar Mengajar ini mahasiswa mampu merefleksi konsep SBM secara lisan maupun tulisan dan dapat mengimplementasikannya kedalam proses pembelajaran sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Materi mata kuliah ini antara lain mencakup: (1) Makna Belajar dan Faktor Pendukung Belajar (2) Konsep Mengajar dan Teori-teori Mengajar (3) Makna dan Jenis Strategi Belajar Mengajar (4) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Strategi Belajar Mengajar (5) Macam-macam Metode dalam Transaksi Instruksional (6) Skenario Pembelajaran (7) Pengelolaan kelas (8) Penelitian berbasis strategi pembelajaran