Mahasiswa mampu melakukan analisis subyektif teknik cabang olahraga

Mata kuliah ini sebagai pengantar untuk melaksanakan praktik penilaian (pengukuran, evaluasi, dan asesmen) serta penelitian (riset) dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Statistika inferensial, membahas tentang; (a) hipotesis penelitian dan pengujiannya, (b) analisis t-test dan analisis varian, (c) analisis korelasi dan  regresi, serta analisis kovarian.

Mata kuliah Teori & Praktek  Pengajaran  Mikro  merupakan  mata kuliah  wajib yang  harus diambil sebagai  puncak dari  matakuliah  pendidikan  dan pengajaran yang  sudah didapatkan sebelumnya. Mata kuliah ini memberi kesempatan mahasiswa  latihan mengajar dengan jumlah yang kecil dalam lingkungan kampus. Murid yang diajar adalah temannya sendiri yang selalu dalam pengawasan dan bimbingan dosen pembimbing. Tujuan matakuliah ini adalah pembentukan mental dan pembentukan karakter seorang calon guru serta menerapkan keilmuannya berkaitan dengan proses belajar mengajar.

Identitas Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

:

BB2116602 

Nama Mata Kuliah

:

Teori dan Praktek Pengajaran Mikro

Bobot Mata Kuliah (sks)

:

2

Semester

:

6

Mata Kuliah Prasyarat

:

-

Mata kuliah ini memberi kesempatan mahasiswa  latihan mengajar dengan jumlah yang kecil dalam lingkungan kampus. Murid yang diajar adalah temannya sendiri yang selalu dalam pengawasan dan bimbingan dosen pembimbing. Tujuan matakuliah ini adalah pembentukan mental dan pembentukan karakter seorang calon guru serta menerapkan keilmuannya berkaitan dengan proses belajar mengajar.

Mahasiswa menentukan berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian mulai dari penelitian, menentukan, memeriksa kepustakaan, mengatasi masalah, menentukan variabel, menghilangkan dan metode, teknik pengumpulan data, analisis data, menggali dan mengumpulkan proposal penelitian. Kegiatan pembelajaran memuat perkuliahan dengan berbagai pembahasan dan metode yang banyak mengundang mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan serta praktik pengolahan dan interpretasi data.

Mata Kuliah Psikologi Kepelatihan Olahraga ini mengajarkan berbagai model dan teori perubahan perilaku dalam sport and exercise psychology serta pengaplikasiannya dalam sebuah penelitian, kemudian diajarkan pula aspek psikologis yang berkaitan dengan latihan untuk sebuah kompetisi baik dari aspek individu dan sosialnya, mahasiswa diajarkan bagaimana mengatasi tekanan dalam kompetisi dan cedera dan bagaimana cara mencapai peak performance dan excellence dalam kompetisi, dan selanjutnya mahasiswa diajarkan bagaimana menerapkan aspek psikologis dalam olahraga beserta cara mengukur aspek-aspek psikologis dalam sport and exercise. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan tatap muka dengan berbagai pendekatan yang lebih banyak melibatkan mahasiswa seperti diskusi, observasi, dan praktik dalam penerapan psikologi dalam olahraga serta pengukuran aspek psikologis.

Metode Kepelatihan Usia Dini dan Pemanduan Bakat Olahraga adalah merupakan mata kuliah kekhususan prodi Penkepor yang diberikan untuk membekali kepada mahasiswa dalam salah satu ilmu kepelatihan. Mata kuliah ini membahas metode kepelatihan yang khusus untuk menangani kepelatihan pada anak dan sekaligus mengajarkan suatu metode dalam melakukan pemanduan bakat olahraga.  Proses perkuliahan dilaksanakan  dengan materi teori dan sekaligus praktek  serta menganalisa hasil pemanduan bakat olahraga melalui metode pemanduan bakat sport search.

Mata Kuliah Pencak Silat Lanjut Untuk mencapai standar kompetensi yang dimaksud, mahasiswa harus mempelajari tahapan-tahapan pembelajaran jurus baku tunggal pencak silat, pentingnya/peran pencak silat sebagai olahraga prestasi dan kesehatan serta memahami peraturan dan perwasitan dalam pertandingan resmi pencak silat sesuai dengan peraturan IPSI hasil munas 2016.

Proses belajar mengajar dilaksanan secara tatap muka, praktik dan demonstrasi, tugas terstruktur, tugas mandiri serta daring  baik perorangan maupun kelompok dan  diskusi.


FOTOMata Kuliah ini mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Tenis Lapangan dasar

Mahasiswa mampu menjelaskan perlunya matakuliah pengajaran mikro dan mampu mempraktekkan latihan mengajar dalam jumlah kecil dilingkungan kampus dengan mengaplikasikan berbagai materi yang sudah pernah didapatkan sebelumnya..