Mahasiswa menjelaskan
tentang Konsep & Hakikat Pedagogi Olahraga; Pengajaran Gerak: Pengajaran
atau Penjelasan Verbal, Pengajaran Kinesiologis (Kinesiological instruction), Keterampilan Terbuka (Open skill) dan Keterampilan Tertutup (Close skill), Pengajaran Keseluruhan (Whole Instruction) dan Pengajaran Bagian
(Part Instruction), Massed practice
dan Distributed practice, Blocked Versus Random Practice, Keterampilan Continuous dan Descrite, Metode Drill dan Problem Solving, Metode Demonstrasi dan
Pemodelan, Keterampilan Kasar (Gross skill) dan Keterampilan Halus (Fine skill).
- Course creator: Sri Santoso Sabarini
Mata Kuliah Psikologi
Kepelatihan Olahraga ini membahas tentang faktor-faktor penentu kemenangan
dalam kompetsisi olahraga ditinjau dari faktor-faktor Psikologis.
- Course creator: Febriani Fajar Ekawati
Mata Kuliah ini ditujukan kepada Mahasiswa Penkepor angkatan 2018 kelas B
- Course creator: Abdul Aziz Purnomo Shidiq
- Course creator: BAMBANG WIJANARKO
Mata kuliah ini merupakan ilmu dasar yang harus dipahami
untuk menunjang pengetahuan mata kuliah lainnya seperti fisiologi dan anatomi. Mahasiswa
mampu memahami dan memiliki pengetahuan tentang zat gizi baik makro dan mikro,
metabolisme makanan , dan pengaturan gizi bagi atlet sehingga diperoleh
prestasi yang optimal.
- Course creator: Muhammad Mariyanto
Mata kuliah ini Untuk mencapai standar kompetensi Kepelatihan lanjut Strenght and Conditioning
- Course creator: SATRIA GONTARA
\
Mahasiswa diajarkan tentang berbagai teknik dasar, berbagai peraturan dasar, fungsi teknik dasar, mendemonstrasikan teknik dasar yang sesuai dengan peraturan, mendemonstrasikan rangkaian teknik dasar yang sesuai dengan peraturan, dan mendemonstrasikan penggunaan teknik dasar menggunakan peraturan sederhana dalam bentuk small game dan full court game.
- Course creator: HENDRIG PRASETYO
- Course creator: tri aprilijanto utomo
Masase Cedera Olahraga merupakan mata kuliah
yang mempelajari tentang upaya preventif, kuratif dan rehabilitative terhadap
berbagai cedera yang terjadi baik
sebelum, selama maupun setelah melakukan aktivitas olahraga. Tujuan penting masase cedera olahraga bagi mahasiswa adalah membantu membekali mahasiswa agar mampu
melakukan tindakan preventif, kuratif dan rehabilitative serta mengaplikasikan
dan menerapkan masase cedera olahraga
bagi siswa/anak didik, atlet maupun masyarakat yang memerlukan bantuan dalam menangani
cedera.
- Course creator: Slamet Riyadi
- Course creator: Ahmad Septiandika Adirahma
- Course creator: Febriani Fajar Ekawati
- Course creator: Abdul Aziz Purnomo Shidiq
Merupakan matakuliah
yang memberikan pengalaman mahasiswa mengembangkan dan menerapkan kemampuan teknik
dan taktik/strategi dalam permainan sepakbola/futsal, serta pengalaman menjalani profesi pelatih sepakbola/futsal.
- Course creator: rumi iqbal iqwes
- Course creator: Fadilah Umar
Standar kompetensi yang akan dicapai dalam mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat melaksanakan praktik penilaian (pengukuran, evaluasi, dan asesmen) serta penelitian (riset) dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Isi mata kuliah yaitu membahas dasar-dasar statistika untuk analisis data kuantitatif meliputi deskripsi data, tabel, grafik dan diagram serta dasar-dasar penghitungan data yang bersifat kuantitatif.
- Course creator: Fadilah Umar
- Course creator: Slamet Widodo
Standar kompetensi yang akan dicapai dalam mata
kuliah ini adalah mahasiswa mampu merencanakan dan menyusun program latihan
bagi berbagai cabang olahraga dengan memperhatikan
prinsip-prinsip latihan dan berbagai faktor pendukung tercapainya prestasi
maksimal.
- Course creator: Fadilah Umar
- Course creator: BAMBANG WIJANARKO
Mahasiswa yang mampu menjelaskan tentang Sejarah keolahragaan di Indonesia dan Azas keolahragaan, serta memahami dan tanggap terhadap proses perubahan perkembangan Olahraga di Indonesia.
- Course creator: Sarjoko lelono
Proses belajar mengajar (PBM) diawali dari pemahaman
tentang pengetahuan, ilmu, dan metode
ilmiah. Logika manusia berkembang dari dinamika alam semesta dan biosfer.
Bahasan ekologi mengembangkan logika hubungan antara kehidupan dan lingkungan. Manusia berperan besar dalam mengelola biosfer
sehubungan dengan kedudukan sebagai makhluk tertinggi. Kedudukan sebagai
makhluk tertinggi karena memiliki struktur dan pemahaman lebih tinggi daripada
organisme lain karena berakal. Struktur tubuh, kebutuhan, dan akal
menjadikan manusia mengembangkan ilmu dan teknologi yang sudah sampai taraf
revolusi industri ke 4 (G-4). Namun kemampuan manusia semakin tinggi sering
menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Pembangunan berwawasan
lingkungan diharapkan menjadi dasar pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.
- Course creator: Joko Ariyanto
- Course creator: Drs. Agustiyanta M.Pd
- Course creator: Ahmad Septiandika Adirahma